Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Forskolin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 970.814 orang

Forskolin berasal dari akar tanaman Coleus forskohlii yang masih berada dalam keluarga mint yang tumbuh di wilayah Nepal, India, dan Thailand. Forskolin merupakan senyawa aktif yang telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional karena berbagai alasan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Forskolin dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot, tetapi hal ini masih harus diteliti lebih jauh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Forskolin juga dianggap ampuh dalam mengatasi beberapa penyakit, seperti asma karena dapat membantu mengendurkan otot yang berada di sekitaran saluran bronkial yang dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Forskolin telah dicoba dalam mengobati glaukoma karena forskolin diperkirakan dapat membantu meringankan tekanan pada mata. Forskolin juga dapat dijadikan alternatif yang aman untuk beta blocker pada pasien glaukoma yang juga memiliki asma secara bersamaan.

Forskolin juga dapat digunakan untuk mengatasi kardiomipati kongestif idiopatik yang dapat menyebabkan gagal jantung sehingga penggunaan forskolin dapat meningkatkan kembali fungsi jantung.

Mengenai Forskolin

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Cairan infus, kapsul

Kandungan

-

Iklan dari HonestDocs
Beli Akrinor Tab 100s via HonestDocs

AKRINOR TAB 100S dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jantung, hipotensi primer & sekunder, gangguan sirkulasi ortostatik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 12 at 10.45.23

Efek samping Forskolin

Hingga saat ini belum diketahui risiko yang dapat timbul dari penggunaan forskolin, tetapi ada beberapa reaksi negatif terhadap penggunaan forskolin, di antaranya:

  • Menyebabkan detak jantung menjadi cepat dan tekanan darah rendah
  • Iritasi saluran pernapasan atas, batuk, tremor, dan gelisah
  • Memperbesar pembuluh darah di mata
  • Sakit kepala

Manfaat Forskolin

Ada beberapa penelitian yang menganggap forskolin mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan forskolin dapat menciptakan enzim lipase dan adenilat siklase yang merangsang pelepasan lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak. Walaupun begitu, hasil penelitian menunjukkan bahwa forskolin tidak dapat menurunkan berat badan.

Yang terpenting jika ingin menurunkan berat badan adalah pengeluaran energi (kalori yang keluar) harus melebihi asupan energi (kalori yang masuk) sehingga tetap perlu dilakukan olahraga yang tepat dan forskolin hanya bertugas untuk meningkatkan kemampuan pembakaran lemak.

Forskolin juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti penyakit jantung, asma, bronkitis, dan sembelit. Selain itu, forskolin dapat digunakan untuk:

  • Membantu meredakan asma dengan memperluas saluran udara di paru-paru
  • Menurunkan risiko osteoporosis dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang
  • Memelihara massa otot dengan merangsang pembentukan testosteron

Dosis Forskolin

Dosis penggunaan forskolin adalah sebanyak 100-250 mg Coleus forskohlii (10% forskolin) 2 x sehari

Interaksi Forskolin

Forskolin dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah (obat anti-platelet), termasuk obat darah tinggi dan obat darah rendah, beta-blocker, pemblokir saluran kalsium, klonidin, dan hydralazine.

Perhatian

  • Orang yang menggunakan obat pengencer darah (obat anti-platelet) tidak boleh menggunakan forskolin
  • Hindari penggunaan forskolin jika Anda memiliki penyakit ginjal polikistik
  • Hindari penggunaan forskolin jika Anda memiliki tekanan darah rendah
  • Bagi ibu hamil dan menyusui harus menghindari penggunaan forskolin

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp