GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Cara Menghilangkan Lemak di Perut dengan Teknologi CoolSculpting Fat Freezing

Dipublish tanggal: Jan 18, 2021 Update terakhir: Okt 26, 2021 Waktu baca: 2 menit
Cara Menghilangkan Lemak di Perut dengan Teknologi CoolSculpting Fat Freezing

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fat freezing adalah metode pelangsingan tubuh dengan membekukan lemak
  • Fat freezing bekerja dengan menggunakan teknologi pembekuan lemak yang biasa disebut cryolipolysis atau coolsculpting
  • Fat freezing dapat mengurangi sel lemak tubuh 20-30 persen
  • Hasil fat freezing umumnya dapat terlihat setelah 3 bulan pasca-perawatan dan dapat dilanjutkan berulang hingga 4 kali perawatan
  • Metode fat freezing telah tersedia di beberapa klinik kecantikan di Jakarta, seperti Youth & Beauty Clinic, Genese Clinic, Arsy Beauty Sanctuary, dan Klinik Catra
  • Dapatkan paket fat freezing dan perawatan slimming lainnya dengan harga terbaik di klinik kecantikan terdekat dari rumah Anda hanya melalui HDmall

Ada banyak cara untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Selain diet dan olahraga dengan benar, Anda dapat mencoba perawatan pelangsingan tubuh. Salah satu di antaranya adalah fat freezing.

Fat freezing adalah metode terapi pembekuan lemak yang biasa dilakukan di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti pada perut, paha, maupun lengan. Fat freezing bekerja dengan menggunakan teknologi pembekuan lemak yang biasa disebut dengan cryolipolysis atau coolsculpting. Tanpa pembedahan, operasi, maupun injeksi, teknik freezing diklaim aman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Perlu dipahami bahwa metode slimming dengan cara fat freezing tidak dapat menurunkan berat badan secara keseluruhan (lose weight). Metode ini dilakukan untuk mengurangi timbunan lemak tubuh berlebih di bagian tubuh tertentu.

Oleh karena itu, selain melakukan fat freezing sebagai cara menghilangkan lemak berlebih, Anda disarankan untuk terus menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, mencukupi waktu tidur, rajin minum air putih, serta berolahraga secara teratur.

Baca juga: Cara Sehat Menghilangkan Lemak Perut Bagian Atas

Cara kerja fat freezing

Fat freezing bekerja dengan menggunakan teknologi coolsculpting atau cryolipolysis yang bersuhu dingin -9 derajat celcius. Memanfaatkan gelombang suara, metode fat freezing dapat membekukan tumpukan lemak tubuh yang menempel di sel-sel kulit pada area yang membutuhkan pengurangan lemak tubuh tanpa merusak jaringan kulit di sekitarnya. 

Prosedur fat freezing juga cepat, yakni sekitar 30-40 menit, dengan efek pengurangan sel lemak tubuh sebesar 20-30 persen. Sisa sel lemak tubuh yang telah mati akibat proses pembekuan lemak akan keluar bersamaan dengan proses metabolisme tubuh, baik melalui keringat, urine, ataupun feses.

Hasil fat freezing diklaim dapat terlihat setelah 3 bulan pasca-perawatan. Selain itu, demi mendapatkan tubuh langsing dan hasil optimal, fat freezing dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali hingga 4 kali perawatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Beberapa orang dengan kondisi berikut tidak diperbolehkan menjalani perawatan fat freezing, yaitu:

  • Penderita protein cryoglobulin yang berlebihan dalam darah (cryoglobulinemia)
  • Penderita penyakit aglutinin dingin (cold agglutinin disease)
  • Penderita hemoglobinuria dingin paroksismal (paroxysmal cold hemoglobinuria)

Baca juga: Tips Aman Lakukan Slimming Treatment untuk Hasil Maksimal

Adakah efek samping fat freezing?

Metode fat freezing treatment tergolong aman dan akan memberikan hasil optimal jika dilakukan oleh dokter kecantikan profesional. 

Meskipun begitu, sejumlah efek samping perawatan fat freezing yang mungkin saja terjadi adalah:

  • Ruam kemerahan
  • Memar dan bengkak
  • Kesemutan
  • Mati rasa
  • Kulit menggelap
  • Sensitivitas pada kulit

Efek samping ringan yang tertera di atas umumnya bersifat sementara dan hanya terjadi di area perawatan dan akan mereda dengan sendirinya.

Efek samping lain yang sangat jarang terjadi (kurang dari 1% kasus), tetapi termasuk komplikasi serius adalah hiperplasia adiposa paradoks (Paradoxical Adipose Hyperplasia/PAH). Kondisi yang cenderung terjadi pada pria ini ditandai dengan membesarnya sel lemak yang seharusnya mengecil. Hingga saat ini, belum ada penjelasan mengenai penyebab efek samping tersebut.

Selain itu, tidak ada bukti efek samping lain dan risiko yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga fat freezing dapat menjadi pilihan menghilangkan lemak berlebih dengan praktis. 

Baca juga:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Sun. What is fat freezing, does it work, is it safe and does the procedure make you lose weight? (https://www.thesun.co.uk/fabulous/5794016/fat-freezing-work-safe-weight-loss/)​

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app