False Unicorn: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 932.750 orang

False unicorn atau yang dikenal juga dengan Chamaelirium luteum merupakan ramuan tradisional di mana batang dan akarnya dapat digunakan sebagai obat. Awalnya false unicorn merupakan tanaman yang berasal dari daerah sekitar Amerika Utara.

Umumnya false unicorn digunakan oleh wanita untuk mengobati kista, ovarium, masalah menstruasi, gejala menopause, muntah pada masa kehamilan, dan infertilitas sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Dapat juga digunakan untuk menormalkan hormon pada wanita setelah berhenti menggunakan pil KB.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

False unicorn mungkin memiliki kandungan bahan kimia yang merangsang rahim dan membunuh cacing usus. Selain itu, false unicorn juga dapat meningkatkan produksi urin.

Mengenai False Unicorn

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Teh, tincture, ekstrak

Kandungan

Steroid saponin

Efek samping False Unicorn

False unicorn mungkin aman bagi sebagian besar orang, tetapi penggunaan dosis false unicorn dalam jumlah besar dapat menyebabkan mual dan muntah, mungkin karena kandungan saponin di dalamnya.

Selain itu, ketika false unicorn diberikan bersamaan dengan estrogen dan progesterone dapat mengubah aksi hormon yang mempengaruhi rahim.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Manfaat False Unicorn

False unicorn dapat membantu mengatasi masalah sistem reproduksi, mengobati kram dan menstruasi yang tidak teratur, meningkatkan gairah seks yang rendah, serta komplikasi lain yang timbul akibat ketidakseimbangan hormon pada wanita. Tidak hanya dikhususkan untuk wanita, tetapi false unicorn juga bermanfaat bagi pria dan diyakini dapat membantu mengobati impotensi.

False unicorn juga digunakan untuk mengobati masalah pencernaan dan untuk meredakan retensi air dengan meningkatkan aliran urin. Beberapa orang juga menggunakannya untuk membersihkan usus cacing terutama mengeluarkan cacing pita.

False unicorn telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai tonik uterus untuk pengobatan amenore dan mual di pagi hari, serta telah digunakan sebagai stimulan nafsu makan, diuretik, vermifuge, emetik, dan insektisida. Bahkan dipercaya efektif dalam pengobatan sakit kepala dan depresi.

Dosis False Unicorn

Dosis false unicorn secara tradisional adalah:

  • Dalam bentuk teh sebanyak 1-2 gr akar false unicorn diminum 3 x sehari
  • Dalam bentuk ekstrak sebanyak 200 mg false unicorn sehari
  • Dalam bentuk tincture sebanyak 2-5 ml diminum 3 x sehari

Penggunaan dosis false unicorn akan bergantung pada beberapa faktor, seperti usia pengguna, riwayat kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini belum ada infromasi ilmiah yang cukup dalam menentukan kisaran dosis yang tepat untuk false unicorn.

Perlu diperhatikan bahwa produk alami tidak selalu aman dan penyesuaian dosis menjadi penting dilakukan. Pastikan juga mengikuti petunjuk aturan pakai yang berada pada label kemasan dan diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan false unicorn.

Interaksi False Unicorn

False unicorn dapat berinteraksi dengan Lithium. Karena false unicorn memiliki efek seperti pil air atau diuretik, sehingga false unicorn dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menghilangkan lithium. Ini menyebabkan jumlah lithium dalam tubuh meningkat dan dapat menghasilkan efek samping yang serius.

Perhatian

Dilarang menggunakan false unicorn selama masa kehamilan dan menyusui karena dapat menyebabkan kontraksi Rahim dan mengancam kehamilan.

Jika Anda memiliki masalah dengan perut atau usus, sebaikanya jangan menggunakan false unicorn karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus (gangguan pencernaan).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp