Eyebright: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 879.407 orang

Eyebright adalah tanaman liar asli Eropa yang memiliki bunga putih kecil dengan garis ungu dan kuning. Eyebright atau Euphrasia officinalis dapat digunakan sebagai bahan penyedap dalam makanan, terutama bagian batang, daun, dan bunganya dapat digunakan sebagai obat.

Eyebright juga telah lama digunakan dalam pengobatan herbal tradisional sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pada mata, termasuk sebagai bahan pembersih mata, tetes mata, atau kompres yang diterapkan pada mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Namun terkadang penggunaan Eyebright menimbulkan beberapa kekhawatiran seperti dapat menyebabkan kemerahan, infeksi, iritasi, atau masalah mata lainnya. Eyebright sendiri juga mengandung senyawa yang disebut tanin, yang tampaknya memiliki sifat anti-inflamasi.

Mengenai Eyebright

Golongan

Obat herbal

Kemasan

Teh herbal, ekstrak cair, kapsul, pelet homeopati, obat tetes mata

Kandungan

Flavonoid (luteolin dan quercetin)

Efek samping Eyebright

Penggunaan Eyebright dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti sembelit, sakit kepala, insomnia, mual, hingga masalah pencernaan. Luteolin dan quercetin dapat menghambat sel-sel imun yang disebut sel mast, yang melepaskan senyawa histamin yang memicu gejala alergi seperti pilek dan mata berair.

Eyebright dengan kandungan flavonoid, termasuk luteolin dan quercetin, yang memiliki sifat antihistamin. Ada pula senyawa aucubin yang dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif dan mendukung kesehatan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Manfaat Eyebright

Eyebright umumnya juga digunakan untuk mengobati kondisi mata seperti konjungtivitis dan kelelahan mata. Tetapi, Eyebright diperkirakan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya, termasuk alergi, masuk angina, batuk, sakit kepala, sakit telinga, sinusitis, serta sakit tenggorokan.

Dosis Eyebright

Berikut ini adalah dosis penggunaan Eyebright secara umum:

  • Teh: 1-2 sendok teh (2-3 gram) dari eyebright kering
  • Ekstrak cair: 1-2 ml, diminum hingga 3 x sehari
  • Kapsul: 400–470 mg per kapsul, diminum 2-3 x sehari
  • Pelet homeopati: Dosis harian umum adalah 3-5 pelet dilarutkan di bawah lidah
  • Tetes mata: 1 tetes atau lebih per mata sesuai kebutuhan, 3-5 x sehari

Dosis penggunaan Eyebright yang tepat mungkin akan tergantung pada beberapa faktor lain, seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan Anda. Bicaralah dengan dokter sebelum menggunakan Eyebright. Perhatikan juga label kemasan yang berisi informasi penggunaan Eyebright dan sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Eyebright.

Selain menggunakan Eyebright, ada beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan mata Anda, yaitu dengan pengobatan alami, terapi alternatif, serta melakukan teknik perawatan diri.

Interaksi Eyebright

Eyebright dapat berinteraksi dengan obat diabetes, obat atau suplemen penurun gula darah, termasuk alpha-lipoic acid (APA), devil's claw, fenugreek, dan ginseng sehingga penggunaannya perlu dihindari. Selain obat-obat tersebut, Eyebright mungkin saja berinteraksi dengan obat lainnya, sehingga sebelum penggunaan Eyebright sebaiknya dibicarakan dulu dengan dokter.

Perhatian

Jika Anda menggunakan lensa kontak atau pernah melakukan operasi katarak, transplantasi kornea, operasi laser mata, atau prosedur mata lainnya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan Eyebright. Karena penggunaan obat tetes mata mungkin dapat membahayakan Anda akibat beberapa produk mungkin tidak steril atau tidak cocok digunakan pada mata.

Jika Anda wanita hamil, ibu menyusui, serta anak-anak, sebaiknya hindari penggunaan Eyebright karena belum diketahui tingkat keamanan penggunaannya atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp