Ethyl EPA: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 440.695 orang

Ethyl EPA atau Ethyl eicosapentaenoic acid merupakan kandungan yang terdapat dalam suplemen minyak ikan. Ethyl EPA terjadi secara alami dari EPA asam lemak omega-3 dalam bentuk trigliserida. Minyak ikan dengan kandungan Ethyl EPA memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, di antaranya dalam mengobati gejala depresi, iskemia fokal serebral, dan disleksia.

Karena tubuh tidak dapat menghasilkan asam lemak omega 3, maka Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan alami seperti ikan berlemak (salmon, makarel, sarden, tuna, dan hati ikan kod), biji ramin, dan kacang-kacangan terutama kacang kenari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Jika Anda tidak ingin makan dari sumber alami, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi minyak ikan dengan kandungan Ethyl EPA secara lebih praktis dalam bentuk kapsul yang sudah banyak dijual di pasaran.

Mengenai Ethyl EPA

Golongan

Suplemen minyak ikan

Kemasan

Kapsul

Kandungan

Asam eikosapentaenoat (EPA)

Efek samping Ethyl EPA

Efek samping utama yang terkait dengan penggunaan Ethyl EPA adalah karakteristik trigliserida omega-3 dan kaitannya dengan GI seperti refluks, eruktasi, mual, muntah, sakit perut, distensi, dan sembelit

Sementara efek samping penggunaan Ethyl EPA yang paling umum adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01
  • diare atau buang air besar
  • nyeri sendi
  • rasa sakit di mulut atau tenggorokan

Manfaat Ethyl EPA

Minyak ikan dengan kandungan omega-3 Ethyl EPA dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Menurunkan trigliserida yang sangat tinggi juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh seperti risiko peradangan pankreas yang disebut pankreatitis.

Dosis Ethyl EPA

Dalam menangani gejala depresi: Gunakan Ethyl EPA (1 g/hari) ditambah dengan fluoxetine (20 mg/hari) selama 8 minggu dan akan lebih efektif bila digunakan secara tambahan dengan antidepresan.

Minyak ikan dengan kandungan omega-3 Ethyl EPA sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut kosong atau dengan makanan rendah lemak karena terdapat perbedaan efek yang menyebabkan Ethyl EPA bekerja kurang baik.

Interaksi Ethyl EPA

Saat ini belum ditemukan adanya interaksi minyak ikan yang mengandung omega-3 Ethyl EPA dengan obat lain.

Perhatian

  • Hati-hati dalam penggunaan minyak ikan dengan kandungan omega-3 Ethyl EPA bagi ibu hamil dan menyusui. Diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum penggunaan.
  • Jika Anda menderita alergi ikan dan kerang, sebaiknya menghindari penggunaan Ethyl EPA atau penggunaannya harus sangat diperhatikan.
  • Penggunaan minyak ikan yang mengandung omega-3 Ethyl EPA bersamaan dengan obat antikoagulan seperti Coumadin (warfarin) atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen dapat berisiko untuk waktu pendarahan yang lama.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp