Emblica: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 12, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 287.297 orang

Emblica yang memiliki nama lain Phyllanthus emblica L., merupakan pohon kecil asli dari Asia tropis dan subtropis. Emblica menjadi salah satu tanaman yang paling penting dalam pengobatan medis tradisional. Emblica sendiri menunjukkan sifat antioksidan yang kuat, bertindak sebagai imunomodulator, anti-inflamasi, antiulcer, hepatoprotektif, dan antikanker.

Bagian emblica yang digunakan adalah bagian daun, kulit kayu, bunga, buah, dan biji, yang memiliki berbagai kegunaan, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Daun emblica bisa langsung dioleskan atau diolah menjadi jus untuk diminum dan berguna untuk mencegah muntah (antiemetik)
  • Buah emblica dapat djadikan rebusan atau dimakan secara langsung dan diambil sebagai pembersih darah, zat pencahar, dan tonik
  • Kulit emblica dapat direbus dan dijadikan sebagai teh untuk disentri
  • Biji, akar, dan daun emblica diambil untuk mengatasi tekanan darah tinggi, batuk, dan kelainan darah

Mengenai Emblica

Golongan

-

Kemasan

Bubuk, ekstrak

Kandungan

Ascorbic acid (vitamin C), ellagitannins 

Efek samping Emblica

Emblica tampaknya aman bagi kebanyakan orang jika dikonsumsi sesuai jumlah yang ditentukan. Emblica juga disebut memiliki kaitan dengan kerusakan hati, tetapi masih dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Manfaat Emblica

Penelitian terhadap emblica telah menunjukkan bahwa emblica dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, glutathione, dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau yang biasa disebut dengan kolesterol baik. Selain itu, emblica dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, kolesterol total, trigliserida, dan protein C-reaktif sensitivitas tinggi (hsCRP) - penanda terhadap adanya peradangan.

Emblica bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada orang dengan osteoartritis lutut dan mengatasi gangguan kulit yang menyebabkan kulit tidak berpigmen (vitiligo). Manfaat lain dari emblica adalah untuk mengatasi disentri, kanker, diabetes, masalah mata, pengerasan arteri, gangguan pencernaan, nyeri sendi, kegemukan, serta pembengkakan pankreas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Dosis Emblica

Penggunaan dosis emblica yang dianjurkan adalah:

  • Diabetes/hiperlipidemia: 1-3 gr bubuk buah kering emblica dikonsumsi setiap hari dalam 30 mL air selama 21 hari.
  • Hiperkolesterolemia/hiperlipidemia: ekstrak standar emblica 500 mg 2 x sehari.

Tetapi dosis di atas harus disesuaikan dan didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda karena dosis yang tepat akan sangat bervariasi pada tiap-tiap orang. Dosis yang tepat bergantung pada faktor usia, riwayat kesehatan, dan kondisi lainnya. Selain itu, pastikan membaca aturan pakai yang tertera pada label kemasan produk.

Interaksi Emblica

Hingga saat ini, emblica masih terbilang aman untuk digunakan karena belum ada laporan dan informasi mengenai interaksi emblica terhadap obat-obatan lain.

Perhatian

  • Hindari penggunaan emblica bagi ibu hamil dan menyusui karena belum ada informasi mengenai keamanannya.
  • Bagi penderita kelainan darah, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan emblica karena dapat meningkatkan risiko pendarahan atau memar.
  • Bagi penderita diabetes, emblica dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga Anda perlu memberitahukan terlebih dulu dengan dokter Anda.
  • Bagi penderita penyakit hati, penggunaan emblica dengan jahe, Tinospora cordifolia, dan kemenyan dapat membuat fungsi hati semakin buruk pada orang dengan penyakit hati.
  • Hentikan penggunaan emblica setidaknya 2 minggu sebelum operasi atau pembedahan yang dijadwalkan karena emblica dapat meningkatkan risiko pendarahan selama ataupun setelah operasi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp