Elecampane: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 577.265 orang

Elecampane merupakan ramuan yang berasal dari akar tanaman yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit paru-paru termasuk asma, bronkitis, dan batuk rejan. Umumnya elecampane dapat ditemukan di seluruh wilayah Inggris, Eropa tengah dan selatan, wilayah timur dan tengah Amerika Utara, serta zona beriklim Asia barat Himalaya.

Elecampane juga dapat digunakan untuk mencegah batuk, terutama batuk yang disebabkan oleh TBC dan bertindak sebagai ekspektoran yang membantu melonggarkan dahak sehingga memudahkan batuk untuk keluar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia minimal belanja Rp50.000!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Mengenai Elecampane

Golongan

Obat herbal 

Kemasan

Akar kering, ekstrak cair, tincture

Kandungan

-

Efek samping Elecampane

Penggunaan elecampane dalam jumlah besar dapat menyebabkan muntah, diare, sesak hingga kelumpuhan.

Manfaat Elecampane

Elecampane juga dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi lambung, mengobati mual dan diare, mengeluarkan keringat, serta membunuh cacing yang hidup di usus, seperti cacing tambang, cacing gelang, dan cacing tambang. Kegunaan lain dari elecampane adalah untuk memberikan rasa pada makanan dan minuman dan sebagai pewangi dalam kosmetik maupun sabun.

Dosis Elecampane

Berikut ini adalah dosis elecampane yang direkomendasikan:

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

L-Bio merupakan obat yang digunakan untuk melindungi sistem pencernaan dan memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan ketika mengalami kondisi diare, konstipasi dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

  • Akar kering: 1,5 - 3 g atau dengan rebusan, 3 kali sehari.
  • Ekstrak cair: 1: 1 dalam alkohol 25%, 1-2 ml, 3 kali sehari.
  • Tincture: 1: 5 dalam alkohol 25%, 3-5 ml, 3 kali sehari. Sirup untuk batuk: 10-20 ml.

Dosis penggunaan elecampane sebenarnya akan sangat bergantung pada beberapa faktor, seperti usia, riawayat kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Hingga saat ini, belum ada informasi ilmiah yang cukup dalam menentukan takaran dosis yang tepat untuk elecampane.

Tetapi perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penyesuaian dosis menjadi penting untuk dilakukan. Maka sebaiknya ikuti petunjuk yang relevan pada label kemasan dan berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan elecampane.

Interaksi Elecampane

Elecampane dapat berinteraksi dengan obat penenang (depresan SSP) karena elecampane dapat menyebabkan kantuk, sama seperti obat penenang. Sehingga jika digunakan bersamaan, akan menyebabkan rasa kantuk terlalu berat. Beberapa obat penenang termasuk clonazepam (Klonopin), lorazepam (Ativan), phenobarbital (Donnatal), zolpidem (Ambien).

Perhatian

  • Bagi ibu hamil dan menyusui tidak boleh mengonsumsi elecampane karena sangat tidak aman.
  • Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap ragweed dan tanaman terkait lainnya, elecampane dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika ingin menggunakan elecampane sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  • Bagi penderita diabetes perlu memperhatikan penggunaan elecampane karena dikhawatirkan elecampane dapat mengganggu kadar gula darah. Lakukan pemantauan terhadap kadar gula darah Anda secara berkala.
  • Bagi penderita tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, perlu memperhatikan penggunaan elecampane karena dikhawatirkan elecampane dapat mengganggu tekanan darah. Lakukan pemantauan terhadap tekanan darah Anda secara berkala.
  • Bagi Anda yang akan menjalani tindakan operasi atau pembedahan, sebaiknya menghentikan penggunaan elecampane setidaknya 2 minggu sebelum operasi dilakukan. Karena elecampane dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan dapat menyebabkan kantuk.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp