Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Elderberry: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.786.615 orang

Elderberry merupakan salah satu tanaman obat yang paling banyak digunakan di dunia. Secara tradisional, penduduk asli Amerika menggunakan elderberry untuk memperbaiki kulit dan menyembuhkan luka bakar. Elderberry pun banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional di banyak bagian di Eropa. 

Elderberry paling sering digunakan sebagai suplemen dalam mengobati gejala pilek dan flu. Tetapi beberapa bagian pohon elderberry juga digunakan untuk tujuan pengobatan dan kuliner.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Secara historis, bunga dan daun elderberry digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, pembengkakan, peradangan, untuk merangsang produksi urin dan untuk menghasilkan keringat. Bagian kulit elderberry digunakan sebagai diuretik, pencahar dan untuk menginduksi muntah.

Dalam pengobatan tradisional, buah kering atau jus elderberry digunakan untuk mengobati influenza, infeksi, linu panggul, sakit kepala, sakit gigi, sakit jantung dan sakit saraf, serta pencahar dan diuretik.

Selain itu, buah elderberry bisa dimasak dan digunakan untuk membuat jus, selai, chutney, pai, dan anggur elderberry. Bunganya sering direbus dengan gula untuk membuat sirup manis atau dimasukkan ke dalam teh, dan bisa juga dimakan dalam salad. Tetapi perlu diingat, sirup elderberry dapat mengandung kadar gula yang tinggi.

Mengenai Elderberry

Golongan

Suplemen

Kemasan

Sirup, teh

Kandungan

-

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek samping Elderberry

Jangan mengonsumsi elderberry atau bagian dari tanaman lainnya secara mentah atau tidak dimasak karena umumnya mengandung zat beracun yang berbahaya bagi tubuh sehingga dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Manfaat Elderberry

Ada banyak manfaat dari elderberry, tidak hanya bergizi tetapi juga memiliki manfaat dalam melawan gejala flu, membantu mendukung kesehatan jantung, dan melawan peradangan dan infeksi. Elderberry sendiri merupakan makanan yang rendah kalori dan memiliki antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Elderberry memiliki kandungan serat tingkat tinggi. Mengonsumsi elderberry sebagai bagian dari diet sehat memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk perlindungan dari penyakit kardiovaskular dan kanker kolorektal.

Dosis Elderberry

Untuk dewasa: mencampurkan the elderberry dengan air mendidih sebanyak 3 x sehari selama 5 hari (untuk sembelit) dan 15ml sirup (1 sendok makan) elderberry yang diminum 4 x sehari selama 3-5 hari (untuk flu).

Untuk anak-anak: 15ml sirup (1 sendok makan) elderberry dan diminum 2 x sehari selama 3 hari.

Elderberry mungkin aman digunakan dalam jangka waktu yang singkat, tetapi belum diketahui keamanannya dalam penggunaan jangka waktu yang lama.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Interaksi Elderberry

Obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan (Immunosupresan) berinteraksi dengan elderberry karena elderberry dapat menurunkan efektivitas obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa obat yang mengurangi sistem kekebalan tubuh termasuk azathioprine (Imuran), basiliximab (Simulect), cyclosporine (Neoral, Sandimmune), daclizumab (Zenapax), muromonab-CD3 (OKT3, Orthoclone OKT3), mycophenolate (CellCept), tacrolimus (FK506, Prograf), sirolimus (Rapamune), prednison (Deltasone, Oracromortoids).

Perhatian

  • Jangan menggunakan elderberry lebih dari 10 hari untuk anak-anak karena belum diketahui keamanannya apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  • Penggunaan elderberry pada ibu hamil dan menyusui tidak disarankan dan sebaiknya dihindari.
  • Hindari penggunaan elderberry jika Anda memiliki penyakit autoimun seperti multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA) karena elderberry dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dan meningkatkan gejala autoimun suatu penyakit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini