Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Du Zhong: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.442.960 orang

Du Zhong merupakan ramuan yang berasal dari kulit batang kering Eucommia ulmoides Oliv., yang biasanya tumbuh di sekitar wilayah Cina. Du Zhong dipercaya mampu mengobati diabetes, peradangan, dan obesitas. Ada pula penelitian yang mengatakan bahwa Du Zhong dapat mengobati hipertensi.

Mengenai Du Zhong

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Tablet, kapsul, bubuk ekstrak, teh, tincture

Kandungan

-

Efek samping Du Zhong

Efek samping penggunaan Du Zhong dapat menyebabkan timbulnya:

  • sakit kepala yang cukup parah
  • pusing
  • edema (pembengkakan bagian tubuh)
  • pilek

Manfaat Du Zhong

Memperkuat tulang dan sendi

Du Zhong telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengatasi berbagai jenis radang sendi dan cedera tulang, menyembuhkan jaringan yang terluka, memperkuat tulang, meningkatkan kelenturan dan elastisitas sendi, ligamen, dan jaringan otot. Sehingga Du Zhong juga digunakan di kalangan para atlet yoga dan seni bela diri.

Mengatasi hipertensi

Dalam pengobatan tradisional Cina, Du Zhong seringkali digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi karena memiliki sifat penurun tekanan darah dengan aktivitas penghambat beta-adrenergik yang secara alami dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Du Zhong juga dapat diberikan kepada wanita hamil untuk menenangkan janin dan mencegah keguguran.

Mengatasi osteoarthritis dan osteoporosis

Du Zhong juga biasa digunakan oleh orang tua sebagai tonik gizi untuk menjaga dan melindungi tulang rawan tetap sehat dan untuk memperlambat degenerasi sendi. Osteoartritis adalah salah satu bentuk artritis yang paling umum terjadi dan menyebabkan nyeri, kaku, gangguan fungsi sendi, tangan, lutut, dan tulang belakang. Hal ini dapat terjadi karena faktor usia, kebiasaan diet, serta gaya hidup

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Osteoporosis juga rawan terjadi pada wanita pasca menopause, sehingga penggunaan Du Zhong dapat membantu menyehatkan tulang yang lemah atau rapuh. Karena wanita yang telah menopause lebih rentan terjadi pengeroposan tulang akibat penurunan jumlah estrogen dalam tubuh.

Bermanfaat untuk ginjal hati

Teh dan ekstrak Du Zhong juga baik untuk ginjal dan hati. Dalam beberapa hasil penelitian, Du Zhong menunjukkan efektivitas untuk mengatasi penyakit hati yang berlemak terutama yang disebabkan oleh obesitas atau diabetes tipe 2.

Dosis Du Zhong

Dosis Du Zhong yang dianjurkan adalah 3-5 tablet (100mg) 3 x sehari, dicampur dengan air hangat setelah makan. Ada pula yang menganjurkan penggunaan Du Zhong dengan ekstrak standar 500mg 3 x sehari selama 8 minggu. Tetapi dosis untuk setiap orang dapat berbeda-beda, maka perlu dipastikan terlebih dahulu dengan membaca label kemasan dan berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan dosis Du Zhong yang tepat.

Interaksi Du Zhong

Hingga saat ini, belum ditemukan adanya interaksi Du Zhong dengan obat lainnya tetapi karena Du Zhong memiliki efek terhadap tekanan darah, maka orang yang mengonsumsi obat tekanan darah harus memperhatikan penggunaannya dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi Du Zhong.

Perhatian

  • Hindari penggunaan Du Zhong pada pasien dengan hipersensitif terhadap komponen yang ada pada Du Zhong seperti estrogen karena dapat dikontraindikasikan pada pasien yang didiagnosis kanker
  • Sebaiknya hindari penggunaan Du Zhong pada masa hamil dan menyusui karena belum ada informasi mengenai keamanannya
  • Seseorang yang memiliki alergi terhadap lateks sebaiknya menghindari penggunaan Du Zhong

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp