Dexpanthenol​: Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 507.361 orang

Kulit kering merupakan masalah yang sering dijumpai pada setiap orang. Tidak ada seorang pun yang nyaman dengan kondisi kulit yang kering. Kulit kering selain mengganggu penampilan kadang juga dapat menimbulkan rasa gatal, kulit terkelupas dan iritasi pada kulit. Kulit kering biasanya disebabkan oleh hilangnya air di lapisan terluar kulit. Pada kondisi ini dibutuhkan penanganan yang tepat agar terhindar dari iritasi kulit yang bekelanjutan.

Terdapat banyak cara untuk mengatasi kulit kering dan gatal, dari cara yang alami hingga menggunakan obat-obatan. Seperti pada artikel ini yang akan membahas salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering dan gatal yaitu dengan menggunakan obat Dexpanthenol. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan obat Dexpanthenol dalam mengatasi masalah kulit kering. Selamat membaca.

Apa sih kegunaan obat Dexpanthenol?

Obat Dexpanthenol biasanya digunakan sebagai pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal, dan iritasi kulit ringan (misalnya ruam popok, kulit terbakar akibat terapi radiasi). Obat ini juga dapat digunakan sebagai profilaksis segera setelah operasi besar abdominal untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya ileus paralitik dan mencegah terjadinya atoni pada saluran pencernaan.

Obat Dexpanthenol digunakan dalam banyak produk topikal, seperti salep dan lotion untuk perawatan kondisi kulit untuk menghilangkan rasa gatal atau meningkatkan penyembuhan. Efek pengobatan dari penggunaan topikal Dexpanthenol termasuk peningkatan proliferasi fibroblast dan mempercepat terjadinya epitelisasi dalam penyembuhan luka. Selain itu, obat ini juga bertindak sebagai pelindung topikal, pelembab, dan menunjukkan sifat anti-inflamasi.

Berapa dosis yang digunakan pada obat Dexpanthenol?

Pemberian dosis obat Dexpanthenol tergantung pada kondisi penderita. Obat ini dapat diberikan secara intramuskular dan secara topikal. Sedangkan dosis yang biasa diberikan yaitu:

  • Pemberian dosis intramuskular untuk mencegah atau mengendalikan atonia gastrointestinal. Dewasa: 250-500 mg melalui admin IM.
  • Pemberian dosis topikal/kulit untuk kondisi peradangan pada kulit. Dewasa: Sebagai salep 2 atau 5%, krim, atau larutan: Oleskan ke bagian yang kering/ gatal/ meradang.

Gunakan obat Dexpanthenol sesuai yang diresepkan oleh dokter atau sesuai yang tertera pada kemasan obat. Jika Anda masih bingung mengenai penggunaan obat Dexpanthenol, konsultasikan kembali ke dokter mengenai cara penggunaan obat tersebut secara baik dan benar.

Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengonsumsi obat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa efek samping dari penggunaan obat Dexpanthenol?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Sama seperti halnya dalam penggunaan obat Dexpanthenol yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Gatal-gatal
  • Iritasi atau kemerahan pada kulit
  • Rasa seperti terbakar
  • Urtikaria
  • Reaksi alergi

Jika setelah menggunakan obat Dexpanthenol terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Perhatian dan peringatan penggunaan obat Dexpanthenol

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan obat Dexpanthenol:

  • Hindari penggunaan obat untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Dexpanthenol atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.
  • Obat ini hanya dapat digunakan pada daerah luar (kulit), hindari penggunaan obat ini pada daerah mata dan mulut.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada ibu hamil. Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanan  dan resiko penggunaan obat ini saat hamil.
  • Masih tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanan obat ini terutama jika Anda menerapkan produk ini ke daerah payudara.
  • Beberapa bahan dalam obat ini mungkin dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Periksa label kemasan sebelum menggunakan obat ini atau tanyakan kepada dokter atau apoteker jika Anda perlu mengambil tindakan pencegahan khusus saat berada di bawah sinar matahari.

Jika setelah penggunaan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kulit Anda segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp