GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Decolgen Dikenal Ampuh Redakan Gejala Flu

Dipublish tanggal: Jul 22, 2020 Update terakhir: Nov 27, 2020 Waktu baca: 2 menit
Decolgen Dikenal Ampuh Redakan Gejala Flu

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Manfaat obat Decolgen adalah untuk meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat
  • Decolgen mengandung paracetamol 400 mg, phenylpropanolamine HCl 12,5 mg, dan chlorpheniramine maleate 1 mg dalam setiap tabletnya
  • Decolgen bisa dibeli tanpa resep dokter dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak di atas 6 tahun maupun orang dewasa (sesuaikan dosis penggunaan)
  • Ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang hipersensitivitas dengan kandungan obat Decolgen dilarang mengonsumsi Decolgen
  • Klik untuk mendapatkan decolgen atau obat flu lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Manfaat obat Decolgen adalah untuk meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Sebagai obat batuk pilek, Decolgen memiliki kandungan paracetamol 400 mg, phenylpropanolamine HCl 12,5 mg, dan chlorpheniramine maleate 1 mg dalam setiap tabletnya. 

Decolgen obat apa?

Decolgen adalah obat batuk pilek yang digunakan untuk meredakan gejala flu dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak di atas 6 tahun maupun orang dewasa. Decolgen obat ini termasuk obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep dokter dan umumnya banyak dijual di apotek ataupun HDmall.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gejala flu yang disebabkan oleh virus influenza ini biasanya mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Meski bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi penderita flu disarankan untuk beristirahat, minum air putih yang cukup dan mengonsumsi obat yang dapat membantu meringankan gejala flu, seperti Decolgen.

Baca juga: Ingin Terhindar Dari Flu? Ketahui Penyebab Influenza Berikut

Cara mengatasi gejala flu

Gejala flu yang seringkali dialami oleh anak-anak ini sebenarnya termasuk penyakit ringan dan sering terjadi saat pergantian musim. Umumnya penderita flu akan merasakan sejumlah gejala seperti:

  • demam
  • sakit kepala
  • bersin-bersin
  • hidung tersumbat
  • batuk dan pilek

Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami gejala flu ada baiknya untuk beristirahat yang cukup sehingga sistem imun dapat kembali meningkat dan bekerja melawan virus. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih lebih banyak dan menjaga asupan pola makan dengan gizi seimbang seperti mengonsumsi sayur dan buah.

Untuk mencegah flu, Anda juga dapat menjalani vaksinasi flu yang bisa membantu menghindarkan Anda dari virus influenza. Vaksin flu tersebut bisa dilakukan pada anak-anak maupun orang dewasa dan terbilang cukup aman sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Baca juga: Jenis Vaksinasi untuk Orang Dewasa

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Informasi seputar penggunaan Decolgen 

Penggunaan Decolgen obat dalam mengatasi gejala flu sebaiknya disesuaikan dengan kondisi, usia, dan petunjuk pada kemasan. Obat Decolgen bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Dosis Decolgen untuk meredakan gejala flu adalah:

  • Dosis orang dewasa sebanyak 1 tablet, 3-4 kali sehari 
  • Dosis anak-anak sebanyak ½ tablet, 3-4 kali sehari

Penderita gangguan jantung, penderita diabetes, penderita hipertensi, serta penderita gangguan fungsi hati dan ginjal tidak disarankan mengonsumsi Decolgen. Begitupun dengan ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang hipersensitivitas dengan kandungan obat Decolgen. 

Sejumlah efek samping Decolgen yang bisa terjadi umumnya terjadi pada saluran pencernaan seperti sakit perut, mual dan muntah. Tetapi juga bisa menyebabkan efek samping sakit kepala, mudah mengantuk, sembelit, mulut kering, vertigo, aritmia, takikardia, hingga retensi urine.

Jika terjadi reaksi alergi seperti ruam pada kulit, gatal, sakit tenggorokan, demam, arthralgia, pucat, sesak nafas, atau tanda lainnya muncul, penggunaan Decolgen harus dihentikan karena bisa berakibat fatal. Maka itu, gunakan obat Decolgen sesuai aturan pakai, jangan melebihi dosis penggunaan ataupun jangka waktu yang telah dianjurkan.

Baca juga: Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan 

Hindari pula penggunaan obat lain seperti warfarin, kolestiramin, fenitoin, metoclopramide, carbamazepine, phenobarbital, dan lixisenatide karena dapat menimbulkan interaksi obat dengan kandungan paracetamol yang terdapat pada Decolgen.

Apabila gejala flu belum juga membaik setelah beberapa hari, coba periksakan diri ke dokter karena bisa saja Anda membutuhkan penanganan perawatan lebih lanjut sehingga tubuh dapat kembali segar dan beraktivitas seperti biasa.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MIMS. Decolgen Forte/Decolgen No Drowse Dosage & Drug Information. (https://www.mims.com/philippines/drug/info/decolgen%20forte-decolgen%20no-drowse)
WebMD. Phenylephrine Hcl Tablet, Chewable. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-21821/phenylephrine-oral/details)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app