​Decolgen: Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 993.075 orang

Pada saat musim pancaroba, musim di mana terjadi peralihan cuaca dari musim panas ke musim hujan ataupun sebaliknya. Pada saat tersebut biasanya pertahanan tubuh seseorang sering menurun sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit bermunculan seperti, batuk, pilek, demam, hidung tersumbat, dll.

Apabila gejala-gejala tersebut muncul diperlukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi atau meringankan penyakit tersebut. Salah satu pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan obat Decolgen. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Mungkin obat ini sering Anda dengar sebelumnya. Untuk itu pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Decolgen. Berikut penjelasannya. Selamat membaca.

Apa saja sih kegunaan obat Decolgen itu?

Obat Decolgen biasa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat/beringus, sakit kepala, nyeri, demam, pilek, sinusitis, flu & infeksi saluran pernapasan minor lainnya. Obat ini mengandung komposisi Paracetamol 500mg, Phenylpropanolamine HCl 25 mg, Chlorphenamine 2 mg.

Ketiga komposisi obat ini bekerja dengan cara meredakan sakit kepala, nyeri otot dan persendian, dan demam yang sering menyertai pilek, influenza dan infeksi saluran pernapasan lainnya serta membersihkan saluran pernapasan dan sinus hidung yang tersumbat karena kongesti sehingga memudahkan drainase dan pernapasan lebih mudah.

Berapa dosis obat Decolgen yang biasa digunakan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai komposisi dari obat Decolgen. Obat ini tersedia dalam bentuk, tablet, kapsul dan syrup. Obat ini merupakann obat yang dijual bebas dan dapat Anda dapatkan tanpa resep dari dokter. 

Berikut dosis obat yang biasa digunakan pada obat Decolgen:

  • Dosis tablet untuk dewasa: 1 tablet sekali minum selama 3-4 kali dalam sehari/sesuai kebutuhan.
  • Dosis tablet untuk anak-anak: usia 6-12 tahun berikan sebanyak setengah tablet sekali minum selama 3-4kali dalam sehari/sesuai kebutuhan.

Sebelum menggunakan obat ini bacalah selalu petunjuk penggunaan pada kemasan obat. Jika masih terdapat hal-hal yang Anda tidak paham mengenai penggunaan obat ini, konsultasikan kembali ke dokter atau apoteker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengonsumsi obat.

Apa saja efek samping obat Decolgen?

Seiring dengan efek obat yang dikonsumsi, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Sama seperti halnya dalam penggunaan obat Decolgen yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Sakit kepala, pusing
  • Gelisah, gangguan tidur
  • Jantung berdeba-denar
  • Sesak napas
  • Mulut kering
  • Penurunan nafsu makan
  • Gangguan pencernaan
  • Tremor, gangguan psikomotor
  • Mudah tersinggung
  • Mual, muntah
  • Penglihatan kabur
  • Rasa mengantuk

Jika setelah mengonsumsi obat Decolgen terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Perhatian dan peringatan penggunaan obat Decolgen

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan obat Decolgen:

  • Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Decolgen.
  • Hindari penggunaan obat untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Decolgen atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.
  • Penggunaan obat ini dapat menyebabkan pusing, sakit kepala dan rasa mengantuk pada beberapa pasien. Disarankan agar Anda tidak melakukan aktivitas apa pun seperti mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat jika Anda mengalami gejala-gejala ini selama perawatan dengan obat Decolgen.
  • Jangan menggunakan obat ini pada penderita tekanan darah tinggi atau penyakit jantung yang berat, kecuali telah ada resep atau dianjurkan oleh dokter.
  • Obat ini tidak disarankan digunakan pada ibu hamil dan menyusui kecuali jika benar-benar dibutuhkan. Dokter akan menentukan tindakan pengobatan terbaik setelah mengevaluasi potensi manfaat dan risiko yang terkait dengan penggunaan obat ini.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal. Penggunaan obat ini pada jangka panjang dapat menyebabkan gangguan ginjal dan hati.
  • Hindari mengonsumsi alkohol saat menggunakna obat ini karena dapat memperburuk efek samping dari obat tersebut.
  • Jangan menambah atau mengurangi dosis obat tanpa ada saran dan anjuran dari dokter. 

Jika setelah menggunakan obat Decolgen tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan pada kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp