Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA

Clubfoot: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 766.192 orang

Apakah Clubfoot itu?

Clubfoot atau kaki pengkor merupakan kelainan kaki yang biasanya muncul pada saat lahir karena faktor bawaan di mana kaki melengkung ke samping dengan jari kaki yang tertekuk pada sudut tertentu sehingga menyebabkan kaki bengkok atau bahkan terlihat terbalik.

Kaki pengkor (Clubfoot) memang tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi jika dibiarkan dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat membuat anak mengalami kesulitan berjalan. Dalam beberapa kasus, Clubfoot dapat diobati sehingga tidak memiliki dampak jangka panjang.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Mengenai Clubfoot

Penyebab Clubfoot

Belum ada penyebab pasti kaki pengkor (clubfoot), tetapi beberapa hal berikut mungkin dapat meningkatkan risiko terjadinya clubfoot:

  • Jenis kelamin. Hampir sebagian besar kelainan clubfoot terjadi pada pria daripada wanita
  • Riwayat keluarga. Bayi dengan orang tua atau saudara kandung yang menderita clubfoot memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami kaki pengkor (clubfoot)
  • Pilihan gaya hidup. Kebiasaan merokok ataupun penggunaan obat terlarang saat hamil dapat meningkatkan peluang terjadinya clubfoot pada bayi
  • Cacat lahir lainnya. Dalam beberapa kasus, clubfoot sering dikaitkan dengan kondisi lain yang terjadi pada bayi baru lahir, seperti spina bifida
  • Jumlah cairan ketuban. Ketika hamil, cairan ketuban yang terlalu sedikit dapat menyebabkan risiko bayi lahir dengan kaki pengkor karena cairan ketuban berfungsi mengelilingi bayi ketika di dalam rahim

Gejala Clubfoot

Tanda atau gejala clubfoot mudah terlihat ketika bayi lahir, di antaranya:

  • Kaki menunjuk ke bawah dan jari kaki dapat melengkung ke dalam
  • Kaki tampak miring atau bahkan terbalik
  • Ukuran kaki lebih kecil daripada ukuran normal
  • Otot betis pada tungkai mungkin tidak sepenuhnya berkembang
  • Kaki memiliki jarak gerakan yang terbatas

Pencegahan Clubfoot

Kaki pengkor atau clubfoot terjadi karena tendon dan otot di sekitar kaki lebih pendek dari ukuran normal. Mungkin kondisi clubfoot tidak dapat dicegah, tetapi dapat diketahui lebih awal melalui pemeriksaan dengan USG di akhir masa kehamilan. 

Jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya untuk membatasi risiko cacat lahir yang mungkin terjadi, seperti tidak merokok, tidak minum alkohol, serta menghindari obat-obatan terlarang.

Pengobatan Clubfoot

Segera setelah mengetahui jika anak Anda mengalami kaki pengkor atau clubfoot pada saat lahir, bayi tidak akan menggunakan kaki hingga mereka berdiri dan berjalan, sehingga melakukan pengobatan lebih awal dapat membuat kaki anak kembali normal lebih cepat. Pengobatan dapat menggunakan gips atau operasi.

Perawatan non-bedah

Perawatan non bedah yang mungkin dilakukan untuk mengobati clubfoot adalah dengan casting dan bracing. Tendon bayi yang mudah ditekuk dan diregangkan membuat kaki pengkor mudah dikembalikan ke arah yang benar. Perubahan posisi dilakukan dengan lembut lalu menggunakan gips untuk menahannnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Setelah seminggu kemudian, dokter akan mencabut gips, merentangkan kaki bayi dan meletakkan kaki di posisi baru, serta mengenakan gips baru. Dalam fase pengobatan, dokter juga akan memeriksa menggunakan sinar X untuk memastikan kondisi tulang bayi bergerak perlahan ke posisi yang benar.

Selain menggunakan gips, untuk membantu mengembalikan bentuk kaki, bayi atau anak Anda juga memerlukan bantuan brace atau sepatu khsusus untuk menjaga bentuk kakinya pada sudut yang benar hingga anak mulai belajar berjalan.

Operasi

Jika tendon dan jaringan kaki lainnya terlalu pendek, tidak perlu melakukan casting, tetapi dengan operasi mungkin bisa membantu. Bayi yang membutuhkan operasi kaki seringkali menjalaninya di usia 6 bulan hingga 1 tahun. Berbeda dengan proses casting yang bertahap, dokter akan memperbaiki kondisi kaki dalam sekali waktu.

Dengan operasi, dokter dapat memperpanjang tendon atau memutar dan membentuk kaki kembali ke posisi semula di waktu yang bersamaan. Setelah operasi, anak mungkin perlu menggunakan gips untuk menjaga kakinya pada sudut yang benar dan membutuhkan brace atau sepatu khusus setidaknya selama setahun untuk mempertahankan bentuk kaki pasca operasi.


Referensi

Mayo Clinic. Clubfoot

WebMD. What Is Clubfoot?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit