Kesehatan Mental

4 Ciri-Ciri Introvert yang Paling Mudah Terlihat

Dipublish tanggal: Apr 24, 2020 Update terakhir: Mei 14, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Ciri-Ciri Introvert yang Paling Mudah Terlihat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ciri-ciri introvert adalah suka menghabiskan waktu sendiri demi mengembalikan dan mengisi ulang energi dibandingkan menghabiskan banyak waktu di keramaian dengan orang lain
  • Orang introvert akan lebih suka menikmati waktu sendirian dengan membaca buku, menulis, bermain game, menonton film atau kegiatan lainnya di rumah atau di tempat sepi
  • interaksi dengan orang lain yang umumnya akan meningkatkan kadar dopamin justru akan memberikan efek negatif pada orang introvert sehingga membuat orang introvert cenderung merasa tidak nyaman dan kehilangan banyak energi
  • Tak hanya ciri ciri introvert yang dimiliki, tetapi ada 4 tipe introvert adalah tipe sosial, pemikir, cemas, dan tipe introvert terkendali yang masing-masing memiliki sifat dan karakterisitik tersendiri

Seseorang yang dikenal memiliki ciri-ciri introvert umumnya dikenal sebagai orang yang pendiam, pemalu, dan tidak menyukai keramaian. Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Meski sifat kepribadian seseorang yang tergolong introvert lebih berpaku pada kondisi yang sepi dan sendiri, tetapi bukan berarti orang introvert tidak suka berbicara atau tampil di depan orang lain.

Hanya saja, secara umum sifat orang introvert memang tidak terlalu menyukai kondisi yang ramai dengan banyak sorotan dan interaksi sosial karena hal tersebut cenderung membuat mereka merasa lelah dan kehilangan energi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika orang ekstrovert senang dengan keramaian dan interaksi dengan orang lain, orang introvert cenderung berkebalikan. Karena orang introvert akan membutuhkan waktu sendirian yang lebih banyak untuk mengembalikan dan mengisi ulang energi terutama setelah dihabiskan bersama orang lain dalam waktu yang lama.

Baca juga: Mengenal Kepribadian Orang Introvert, Anda Salah Satunya?

4 Ciri-Ciri Introvert yang Paling Mudah Terlihat

Berikut ini ciri ciri introvert yang paling umum dan mudah terlihat, antara lain:

1. Lebih suka sendirian

Salah satu ciri-ciri introvert adalah lebih suka sendiri. Menghabiskan waktu sendiri untuk beristirahat menjadi hal yang penting dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebahagiaannya. Orang introvert cenderung lebih suka membaca buku, menulis, bermain game, berkebun, memasak, hingga menonton film sendirian di rumah atau di tempat sepi.

2. Merasa lelah jika harus berlama-lama melakukan interaksi sosial

Seseorang yang memiliki sifat ekstrovert cenderung tidak akan melewatkan acara kumpul-kumpul di tempat keramaian bahkan hingga larut malam dan itu tidak akan menjadi masalah. Sementara orang introvert cenderung akan membatasi diri dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang ‘baterai’.

Baca juga: Bagaimana Cara Orang Introvert Menjalin Koneksi dengan Orang Lain?

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Memiliki lingkaran pertemanan yang kecil tapi dekat

Memiliki beberapa teman dekat yang berkualitas cukup menjadi kunci kebahagiaan bagi kaum introvert. Selain tidak mudah terbuka dengan kehidupan personal, orang introvert juga lebih suka interaksi mendalam dengan masing-masing individu dan tidak dalam kelompok besar. Tetapi hal tersebut bukan berarti mereka tidak bisa bersosialisasi atau berteman, tetapi mereka hanya lebih berhati-hati dan tidak ingin membuang waktu serta energi untuk obrolan yang tidak perlu sehingga mereka lebih menyukai pembicaraan dengan orang dekat saja.

4. Membutuhkan ketenangan supaya lebih fokus

Ciri ciri introvert lainnya adalah lebih menyukai suasana tenang dan tidak ramai. Hal tersebut akan membuat seorang introvert untuk bekerja lebih fokus dan menghasilkan sesuatu dengan kualitas tinggi. Ditambah lagi, fokus orang introvert lebih mudah teralihkan karena mereka cenderung lebih banyak berpikir sebelum bertindak. Hal ini juga berlaku ketika orang introvert ingin mengembalikan energinya atau sekedar untuk berpikir maupun merefleksikan diri.

Mengenal Kepribadian Orang Introvert 

Perbedaan orang ekstrovert dengan orang introvert juga terletak dari kadar dopamin yang ada dalam tubuh. Orang ekstrovert yang senang berinteraksi dengan orang lain cenderung memiliki kadar dopamin yang tinggi ketika bersama orang lain sehingga menimbulkan rasa bahagia.

Sementara itu, interaksi dengan orang lain yang akan meningkatkan kadar dopamin justru akan memberikan efek negatif pada orang introvert. Maka dari itu, akan membuat orang introvert merasa tidak nyaman dan kehilangan banyak energi.

Tetapi selain ciri-ciri introvert di atas, seseorang dengan kepribadian introvert juga terbagi menjadi beberapa tipe spesifikasi khusus, yaitu:

  • Tipe introvert sosial (social introversion). Tipe ini sering disebut juga tipe introvert klasik di mana tipe ini akan lebih aktif ketika berada di kelompok kecil yang sudah lama kenal dan dekat serta sangat pemilih siapa saja yang bisa dekat dengannya
  • Tipe introvert pemikir (thinking introversion). Tipe introvert yang satu ini akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melamun atau berpikir dan cenderung memiliki daya imajinasi kreatif yang tinggi 
  • Tipe introvert cemas (anxious introversion). Introvert tipe ini bukan hanya menyukai waktu sendiri untuk mengembalikan energi, tetapi mereka lebih mudah merasa cemas, takut, tidak percaya diri, dan malu ketika berada dengan orang lain
  • Tipe introvert terkendali (restrained introversion). Tipe terakhir dari introvert adalah kebiasaan berpikir sebelum bertindak. Apalagi introvert tipe ini cenderung akan membuat keputusan dalam waktu yang lebih lama

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Verywellmind. How You Can Tell That You're an Introvert. (https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-introvert-2795427)
Healthline. Are You an Introvert? Here’s How to Tell. (https://www.healthline.com/health/what-is-an-introvert#1)
WebMD. What Is an Introvert Personality? (https://www.webmd.com/balance/introvert-personality-overview#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app