Cuma 1 Menit! Ini 6 Cara Mengeringkan Kuteks Dengan Cepat

Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Cuma 1 Menit! Ini 6 Cara Mengeringkan Kuteks Dengan Cepat

Tidak ada yang lebih menyebalkan ketika Anda harus menunggu kuteks kering, padahal sebentar lagi Anda harus berangkat ke kantor atau pesta. Saking tidak sabarnya, Anda mungkin malah banyak bergerak dan tidak sengaja menyenggol kuku. Bukannya jadi cantik, cat kuku malah jadi rusak dan mau tak mau Anda harus mengulangnya lagi dari awal.

Tenang, sebetulnya ada cara mengeringkan kutek dengan cepat tanpa membuang banyak waktu. Bahkan tidak sampai lebih dari 1 menit! 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara mengeringkan kuteks dengan cepat

Mengeringkan kuku memang butuh banyak kesabaran. Biasanya, kebanyakan orang melakukannya dengan cara meniup kuku berkali-kali supaya kuteks cepat kering.

Daripada buang-buang waktu dan tenaga, yuk, coba berbagai cara mengeringkan kuteks yang lebih cepat berikut ini:

1. Pakai hair dryer

Mungkin terdengar klise, tapi pakai hair dryer memang bisa membantu mengeringkan kuteks dengan cepat. Namun, bukan dengan udara hangat seperti yang bisanya Anda gunakan untuk mengeringkan rambut, ya!

Atur hair dryer agar mengelurkan udara dingin, sehingga cairan cat kuku lambat laun akan mengering.

2. Pakai kuteks tipis-tipis

Selain bikin kuteks cepat kering, mengoleskan kuteks tipis-tipis juga bisa menghemat banyak waktu Anda. Lain halnya jika Anda memakai 2-3 lapis kutes agar tampak tebal, sehingga waktu pengeringannya juga akan lebih lama.

Kalau ingin pakai berlapis-lapis, oleskan kuteks sekali dan tunggu sampai kering. Setelah itu, barulah Anda boleh mengoleskannya lagi. Cara ini dapat mengeringkan kuteks dengan cepat sekaligus membuatnya terlihat rata sempurna.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Pakai top coat yang cepat kering

Top coat adalah cairan penutup atau pelindung kuteks agar kuku tampak berklilau dan tahan lama. Biasanya, ada beberapa toap coat yang memang dirancang khusus bisa cepat kering. Nah, pilihlah top coat jenis itu supaya kuteks cepat kering dalam waktu 1 menit.

4. Pakai drying drops

Selain pakai top coat, Anda juga bisa memanfaatkan drying drops. Drying drops adalah cairan berbasis minyak yang dapat mempercepat proses pengeringan pada cat kuku.

Karena berbahan dasar minyak, drying drops akan membaur dengan kutikula kuku dan menyerap lebih cepat. Perlu diingat bahwa drying drops ini hanya mampu mengeringkan kuteks bagian atas saja.

5. Celupkan jari ke air dingin

Tak perlu repot-repot, Anda bisa mengeringkan kuteks dengan cepat hanya dengan menyelupkan jari ke air dingin. Sebelum mulai pakai kuteks, siapkan dulu mangkok berisi air dingin (boleh juga ditambah 1-2 es batu) dan letakkan di dekat Anda.

Setelah selesai pakai kuteks, tunggu sekitar 2 menit lalu masukkan jari-jari Anda ke dalam mangkok tadi. Sensasi dinginnya akan membuat cat kuku jadi padat, kering, dan berkilau.

6. Oleskan baby oil

Beberapa jenis minyak seperti baby oil dan minyak zaitun dapat membantu mempercepat pengeringan cat kuku Anda. Anda hanya butuh meneteskan 1-2 tetes baby oil pada setiap kuku, lalu tunggu 1 menit sampai kuteks mengering.

Jika Anda sudah bisa melihat manik-manik pada kuku, segera bersihkan minyak tersebut dengan tisu. Nah, sekarang kuteks sudah kering dan Anda bisa langsung pergi ke kantor atau pesta sekarang juga.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2018). Fingernails: Do’s and don’ts for healthy nails. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/nails/art-20044954?pg=2)
Darok M, et al. (2001). Burn injuries caused by a hair-dryer - an unusual case of child abuse [Abstract]. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11056285)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app