Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kesehatan Fisik

Cara Mengatasi Sulit Tidur

Update terakhir: Jan 19, 2020 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 613.901 orang

Cara Mengatasi Sulit Tidur

Apakah Anda pernah mengalami sulit tidur di malam hari? Apabila iya, terdapat beberapa makanan yang mungkin dapat membantu Anda dapat tidur lebih mudah. Menurut seorang ahli gizi klinis, walaupun makan berat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih sulit namun ada makanan tertentu yang dapat dikonsumsi untuk membuat Anda lebih mudah tidur.

Senyawa yang dapat membuat tubuh rileks dan membuat lebih mudah tidur adalah triptofan dan serotonin. Senyawa tersebut dapat diperoleh dari karbohidrat, terutama gandum murni, beras merah, jagung, dan quinoa. Kalsium juga menjadi salah satu nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk dapat membantu tidur lebih mudah karena kalsium dapat membantu sel-sel di otak menggunakan triptofan untuk memproduksi hormon melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Selain kalsium, triptofan, dan serotonin, terdapat mineral lain yang dapat membantu Anda tidur lebih mudah, yaitu magnesium. Penelitian menyatakan bahwa apabila kadar magnesium dalam tubuh tinggi, maka akan dapat membantu tidur lebih cepat. Magnesium banyak terkandung pada kacang almond dan pisang.

Cara Mengatasi Sulit Tidur

Berikut beberapa tips untuk membantu agar tidur lebih mudah dan cepat, antara lain: 

Mandi dengan air hangat sebelum tidur

Menurut seorang ahli tidur, mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu membuat tidur jadi lebih mudah dan nyenyak. Mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi stres setelah seharian penuh beraktivitas serta merilekskan otot dan pikiran.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Minum susu hangat sebelum tidur

Cara mengatasi insomnia atau kesulitan tidur selanjutnya adalah dengan minum susu hangat sebelum tidur. Rasa hangat dari susu yang masuk ke perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Hal ini dapat mempermudah proses untuk tidur dan terlelap. Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain sebelum tidur, seperti keju, kedelai, maupun tuna. Makanan-makanan tersebut mengandung triptofan sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan lebih mudah tidur.

Hindari dan jauhkan gadget sebelum tidur

Pada zaman sekarang mungkin beberapa orang termasuk Anda tidak dapat hidup tanpa gadget. Mulai dari pagi bangun tidur hingga malam ingin tidur mungkin gadget tidak pernah terlepas dari tangan. Namun bermain gadget sebelum tidur dapat menyebabkan Anda lebih sulit tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak tetap aktif sehingga dapat menjadi alasan sulit tidur.

Ketika Anda sudah berada di tempat tidur sebaiknya letakkan gadget di luar jangkauan. Hal ini disebabkan karena apabila gadget berada dekat dengan Anda ketika tidur dapat menyebabkan gangguan tidur karena efek radiasi dari gadget itu sendiri. Apabila gadget memang harus berada dekat dengan Anda ketika tidur, Anda bisa membuat gadget Anda dalam airplane mode yang akan membuat gadget tidak dapat menangkap sinyal sehingga efek radiasi gadget tidak akan dialami meskipun gadget tetap menyala.

Matikan lampu kamar

Suasana lampu kamar yang gelap dan temaram terbukti dapat membuat tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak bila dibandingkan dengan tidur menggunakan lampu menyala dan terang. Lampu terang dan menyala dalam kamar akan membuat mata tetap aktif ketika tidur. Hal ini juga menyebabkan otak jadi salah mengartikan kondisi dan mengira bahwa hari masih siang. 

Kondisi tersebut menyebabkan Anda akan mengalami gangguan dan kesulitan tidur. Maka dari itu, pastikan Anda tidur dengan kondisi lampu dimatikan dan gelap untuk tidur yang lebih berkualitas. Apabila Anda memang tidak menyukai suasana gelap saat tidur, Anda bisa mencoba memasang lampu tidur yang temaram atau memasang alat pengurang cahaya.

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
  • Thehealthy. 10 Natural Sleep Remedies That Actually Work
  • WebMD. 10 Tips to Beat Insomnia
  • Healthline. Having Trouble Sleeping? Try a Hot Bath Before Bed

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit