Cara Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi Bagi yang Sering Naik Transportasi Umum

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi Bagi yang Sering Naik Transportasi Umum

Naik transportasi umum adalah cara yang bagus untuk menghemat sedikit uang dan mengurangi stres akibat mengemudi yang sangat melelahkan. 

Tapi tidak berarti menggunakan transportasi umum tidak memiliki masalah apapun. Dari kesulitan mendapat tempat duduk hingga waktu menunggu yang terlalu lama, bepergian dengan naik transportasi umum dapat menimbulkan nyeri pada kaki dan punggung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengatasi nyeri pada otot dan sendi akibat sering naik transportasi umum

Apa Itu Kaki Lelah ?

Kaki yang lelah adalah gejala yang cukup umum muncul saat Anda berdiri atau berjalan terlalu lama. Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami kaki lelah jika Anda wanita, kelebihan berat badan, atau berusia lebih dari 65 tahun. Cara Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi Bagi yang Sering Naik Transportasi Umum.

7 Cara Untuk Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi akibat Naik Transportasi Umum

Metode R.I.C.E,

  • Rest / Istirahat: Istirahatkan area yang nyeri dan hentikan aktivitas yang memicu timbulnya nyeri.
  • Ice / Es: Gunakan kompres es untuk membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Letakan kompres es pada area tersebut selama 15-20 menit tiga kali sehari.
  • Compress / Kompresi: Gunakan perban kompresi untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • Elevated / Elevasi: Jika memungkinkan. posisikan kaki lebih tinggi dari jantung untuk meminimalkan peradangan.

Mandi Air Hangat

Mandi lah dengan air hangat, untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Jika Anda mengalami rasa sakit di bagian bawah kaki Anda, coba luruskan jari kaki saat duduk atau berdiri. 

Jika Anda merasakan nyeri di bagian atas kaki Anda, cobalah untuk membungkuk dan menyentuh jari-jari kaki Anda.

Melakukan Peregangan

Anda dapat melakukan peregangan saat sedang duduk atau berdiri di dalam bus. Anda dapat melakukan peregangan dan menahan posisi selama lima hingga 10 detik. Berhentilah melakukan peregangan jika rasa sakit Anda memburuk.

Kenakan sepatu yang nyaman dan Suportif: 

Banyak sepatu yang dibuat saat ini yang tidak hanya tampak trendi saat digunakan, tetapi juga memiliki fitur-fitur pendukung untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gunakan sepatu yang nyaman terutama saat bepergian jarak jauh saat menggunakan transportasi umum.

Kenakan Kaus Kaki Kompresi 

Terlalu sering berdiri saat naik transportasi umum dapat meningkatkan kemungkinan mengalami varises yang dapat menimbulkan nyeri. Penggunaan kaus kaki kompresi sangat sesuai digunakan untuk mengatasi nyeri akibat kondisi ini.

Pijat

Pijatan dapat membantu meringankan nyeri pada kaki. Jika memungkinkan, lakukan sesi pijat dengan terapis pijat bersertifikat. Anda juga bisa berlatih memijat sendiri dengan mengoleskan minyak pada tungkai atau kaki Anda.

Latihan Sederhana

Ada beberapa latihan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala nyeri akibat naik kendaraan umum. 

Melakukan latihan tertentu bertujuan untuk melancarkan aliran darah.. Anda dapat melakukan beberapa teknik latihan sederhana dengan :

  • Menggulingkan bola tenis di bawah kaki Anda saat Anda duduk.
  • Putar pergelangan kaki Anda dalam gerakan searah jarum jam, satu per satu. Bayangkan Anda menggambar lingkaran di lantai. Anda dapat melakukan ini sambil duduk atau berdiri.
  • Lakukan jumping jacks, squat, atau jogging di tempat.

Cara mencegah munculnya Nyeri akibat sering naik transportasi umum

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko mengalami nyeri karena terlalu sering naik transportasi umum :

  • Mengkonsumsi makanan bergizi yang sehat dan seimbang untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah nutrisi harian yang disarankan. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, dapat membantu memberi Anda energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Mencukupi asupan vitamin D dari paparan sinar matahari langsung atau dari diet Anda.
  • Berusahalah untuk berolahraga setiap hari selama setidaknya 15 menit. Bergeraklah atau lakukan peregangan setidaknya selama lima menit.
  • Upayakan agar kaki Anda tidak menyilang saat Anda duduk.
  • Duduk atau berdiri tegak, dan pertahankan postur tubuh yang baik.
  • Minum banyak air.
  • Pertahankan berat badan optimal.
  • Tidur dengan bantal di bawah kaki Anda.
  • Mendapatkan waktu tidur yang cukup
  • Batasi atau hindari alkohol, gula, dan kafein.
  • Berhenti merokok

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app