Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Tubuh

Cara Menambah Berat Badan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 873.727 orang

Cara Menambah Berat Badan

Beberapa orang memiliki postur badan yang kurus. Badan yang kurus juga mengurangi kepercayaan diri seseorang. Badan kurus membuat orang beranggapan bahwa seseorang  kekurangan gizi atau mengidap suatu penyakit. 

Seorang dengan badan kurus merasa bahwa berat badannya tidak bertambah meskipun sudah makan banyak atau berolahraga. Namun banyak orang melakukan program untuk menambah berat badan dengan  cara yang salah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sesuai indeks massa tubuh atau Body Mass Index, angka dibawah 18,5 Kg/m2 menandakan bahwa seseorang memiliki berat badan kurang dari normal. Tetapi memiliki badan kurus bukanlah titik akhir, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan dan meningkatkan massa tubuh agar badan terlihat ideal dan lebih percaya diri.

Berikut beberapa cara menambah berat badan yang benar

1. Menambah asupan kalori

Kalori didapat dari makanan yang dikonsumsi. Masing-masing makanan memiliki kadar kalori yang berbeda-beda. Asupan kalori yang dibutuhkan adalah 2500kkal/hari untuk laki-laki, dan 2000kkal/hari untuk perempuan. 

Asupan kalori tambahan diperlukan sehingga berat badan akan bertambah. Asupan kalori tidak sembarangan, perlu makanan sehat agar vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh akan dimetabolisme baik sehingga berguna untuk kesehatan. 

Vitamin dan mineral yang dapat ditambahkan untuk menambah berat badan dengan sehat yaitu

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Protein                   1 gram protein mengandung 4 kalori. Protein tinggi terdapat pada daging ayam, ikan,  tahu, telur, dan bayam. Protein adalah zat yang berguna bagi otot-otot pada tubuh, membentuk antibodi, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak,  serta menjaga metabolisme tubuh.
  • Lemak                    Kita memerlukan paling tidak 35% lemak dari asupan kalori harian. Tidak ada salahnya untuk menambah asupan lemak, dengan catatan harus menyeimbangkan asupan antara lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan seperti pada minyak kelapa, alpukat, dan  kacang kedelai. Lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, ikan salmon, dan susu kambing. Beberapa makanan tersebut merupakan sumber lemak baik  berfungsi sebagai sumber energi, mengangkut vitamin, menjaga suhu tubuh, dan menambah berat badan.
  • Karbohidrat         Sumber karbohidrat seperti pada nasi dibutuhkan untuk menambah berat badan yang sehat. Satu piring nasi putih mengandung 190 kalori dan 43 gram karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi pada jaringan otot dan hati, menjaga metabolisme lemak, dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sumber karbohidrat baik yaitu nasi, pisang, jagung, gandum, dan sayur-sayuran hijau.

2. Olahraga Dengan Beban (Anaerob exercise /Lifting)

Menambah berat badan tidak hanya dari makanan, olahraga perlu agar keseimbangan lemak dan perkembangan otot di tubuh kita akan seimbang. Makan tanpa berolahraga akan meningkatkan timbunan lemak sehingga menyebabkan bentuk badan kurang ideal. 

Olahraga dengan mengangkat beban adalah pilihan tepat untuk membakar kalori dan membentuk otot. Mulailah dengan beban yang ringan. Posisi dan gerakan saat mengangkat beban juga harus diperhatikan agar tidak menyebabkan cedera. 

Selain beban, cara lain untuk meningkatkan masa otot adalah dengan push-up, pull up, squats, dan sit up. Perlu tekad yang kuat dan rutin agar badan yang semula terlihat kurus menjadi lebih berisi dan kekar.

3. Konsumsi Suplemen 

Suplemen bukanlah obat. Suplemen berisi mineral dan nutrisi untuk membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Suplemen mengandung vitamin, mineral, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi penting untuk melengkapi kebutuhan makanan harian. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Setiap merek suplemen memiliki keunggulan dari komposisinya masing-masing. Suplemen yang tepat untuk menambah berat badan adalah suplemen yang mengandung vitamin D, omega-3 dari minyak ikan, protein, kalsium, dan vitamin C. 

Suplemen penambah berat badan dijual dalam bentuk tablet, susu bubuk, susu cair, dan makanan ringan (snack bar). Satu saji susu bubuk dan snack bar biasa mengandung ekstra 300 hingga 450 kalori untuk menambah berat badan. Ini dapat diimbangi dengan olahraga yang teratur sehingga pembakaran kalori lebih sempurna.

Suplementasi curcuma dapat meningkatkan nafsu makan guna menjaga berat tubuh ideal.

4. Hindari Junk food

Jika anda hanya mengharapkan waktu yang cepat untuk menambah berat badan, selalu ingat bahwa semua proses tidak ada yang instan. Menambah berat badan dengan mengonsumsi junk food sangat tidak disarankan. 

Makanan cepat saji adalah seperti pizza, mie instan, burger, ayam goreng, dan kentang goreng adalah pemicu obesitas. Kita menambah berat badan untuk sehat, bukan untuk sakit. Makanan junk food adalah pemicu penyakit jantung, diabetes, dan mengakibatkan gangguan pencernaan. 

Junk food yang berlebihan tidak akan berguna bagi tubuh karena sangat miskin akan nutrisi.

Tidak hanya menurunkan berat badan, menambah berat badan juga perlu konsistensi dan tekad yang kuat mengingat tubuh perlu nutrsi untuk membangun sel-sel baru dan menjaga metabolisme yang sempurna sehingg berat badan akan bertambah dari  sumber nutrisi yang sehat dan olahraga yang rutin.

 

Referensi

Collins, S. & Ratini, M. WebMD (2015). Healthy Ways to Gain Weight.

Collins, S. WebMD (2015). Healthy Ways to Gain Weight.

Dietitians of Canada (2016). Vitamins and Minerals FAQs

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit