Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Anak

Anak Susah Gemuk? Ini 5 Cara Membuat Anak Gemuk

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.400.295 orang

Anak Susah Gemuk? Ini 5 Cara Membuat Anak Gemuk

Mengapa anak malas makan atau bahkan tidak mau makan? Bagaimana cara agar anak cepat gemuk? Mungkin beberapa pertanyaan ini muncul di kepala Anda ketika merasa khawatir dengan keadaan si kecil yang terlihat lebih kurus dari anak-anak seusianya. Padahal salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak adalah melalui makanan.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter anak mengenai cara menaikkan berat badan anak, karena dokter mungkin akan memeriksa lebih mendalam apakah anak memiliki alergi terhadap makanan tertentu, memiliki gangguan pada saluran pencernaan atau beragam kondisi kesehatan lainnya yang mungkin menjadi penyebab anak susah gemuk.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Anak juga perlu mengetahui bahwa makan itu merupakan kebutuhan, bukan kewajiban, sehingga mereka tidak melakukannya karena terpaksa, tetapi karena memang sudah merasa lapar.

Penyebab anak susah gemuk

Metabolisme tubuh yang tinggi

Jika sudah banyak makan tetapi anak susah gemuk, bisa jadi anak memiliki metabolisme yang tinggi sehingga menyebabkan tubuh membakar kalori dengan sangat cepat. Ini dapat diatasi dengan menambahkan menu yang kaya serat sehingga baik juga untuk pencernaan. Tetapi pemberian makanan berserat tidak boleh berlebihan karena dapat mengurangi nafsu makan anak. Selain itu, faktor keturunan juga dapat mempengaruhi kecepatan metabolisme anak sehingga menyebabkan anak susah gemuk.

Kurang memiliki nafsu makan

Terkadang anak-anak cenderung memilih-milih makanan sehingga anak susah gemuk, tetapi tugas orang tua adalah untuk memantau asupan makanan pada anak. Jangan sampai kebutuhan nutrisi anak menjadi tidak terpenuhi. Ketika nafsu makan anak menurun, Anda dapat menyiasatinya dengan mengurangi porsi makan dalam bentuk yang lebih kecil tetapi dalam frekuensi yang lebih sering. Berikan juga menu makanan yang bervariasi sehingga membuat anak mau mencobanya.

Mengalami gangguan pencernaan

Jika asupan makanan si kecil sudah benar dan anak susah gemuk, maka perlu diperhatikan kemungkinan adanya masalah pada proses penyerapan makanan yang kurang optimal. Tetapi hal ini cenderung tidak disadari karena tanda dan gejala yang muncul umumnya ringan sehingga dianggap normal. Perlu diwaspadai jika anak sering rewel, menangis tanpa henti, cengukan, perut kembung, atau sering buang air besar.

Memiliki alergi terhadap makanan tertentu (intoleransi)

Terjadinya alergi merupakan reaksi imun terhadap kandungan senyawa yang berasal dari luar tubuh. Jika anak memiliki alergi terhadap makanan tertentu misalnya alergi protein gluten dan masuk ke dalam tubuh maka dapat menyebabkan rusaknya lapisan usus sehingga kandungan nutrisi yang masuk tidak dapat terserap dengan baik dapat menyebabkan anak susah gemuk.

Tidak mendapat ASI secara penuh

Kekurangan ASI saat bayi dapat menjadi salah satu penyebab anak susah gemuk. Maka pemberian ASI sangat penting dan menjadi makanan utama anak terutama pada usia 0-6 bulan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

5 Cara membuat anak gemuk

1. Membiasakan anak makan dengan teratur

Penyebab anak susah gemuk dikarenakan jadwal makan yang tidak teratur, sehingga anak perlu dibiasakan makan dengan jadwal yang teratur, baik itu sarapan, makan siang, dan juga makan malam. Jadwal makan yang teratur dapat menaikkan berat badan anak secara sehat serta membuat anak mendapat asupan kalori yang cukup untuk beraktivitas.

2. Menyiapkan makanan berkalori tinggi

Anda juga dapat menyiapkan beberapa makanan berikut yang dapat membuat anak cepat gemuk karena memiliki kandungan kalori tinggi, di antaranya:

  • Alpukat memiliki nutrisi, kalori, dan lemak sehat dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori si kecil. Penyajiannya pun mudah, yaitu dengan menghaluskannya menjadi bubur dan mencampurkan susu atau ASI ke dalamnya.
  • Keju memiliki kalori tinggi yang dapat dicampurkan ke dalam telur orak-arik atau pasta. Bisa juga tambahkan parutan keju ke dalam sayuran matang.
  • Pisang yang memiliki kandungan energi dan karbohidrat dapat menjadi makanan wajib si kecil setiap hari. Pisang dapat disajikan dengan menghaluskan dan mencampurkannya dengan susu atau ASI.
  • Ubi atau kentang merupakan makanan berkalori tinggi dan menjadi salah satu makanan yang dapat menaikkan berat badan anak. Ubi mengadung gula dan beta karoten yang tinggi, sementara kentang kaya akan kandungan karbohidrat yang dapat membantu menambah berat badan. Anda dapat mencampurkan ubi atau kentang yang telah dihaluskan ke dalam sup ayam atau bubur.
  • Telur memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat mencukupi kebutuhan kalori si kecil sehingga dapat membuat anak cepat gemuk serta membantu perkembangan otak anak.

3. Lengkapi asupan nutrisi dalam makanan

Agar anak cepat gemuk, Anda perlu melengkapi nutrisi anak dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Menambah asupan lemak dalam menu makan si kecil dapat meningkatkan kalori pada tubuh. Ganti bahan makanan Anda dengan yang memiliki lemak tinggi, contohnya sereal oatmeal dapat ditambahkan susu segar sebagai pengganti air putih. Anda pun dapat menggunakan minyak zaitun dan kanola, mentega, atau mayonnaise sebagai bahan masakan, serta menambahkan saus krim atau keju pada nasi atau pasta.

Selain lemak, karbohidrat juga merupakan sumber gizi yang kaya kalori. Anda dapat menjadikan kismis, buah-buahan kering, ataupun granola sebagai cemilan dengan menambahkannya ke pudding, yoghurt, madu, ataupun sereal. Selain makanan, asupan kalori yang kaya akan vitamin dan mineral juga terdapat pada beberapa jenis minuman, seperti jus buah, susu, yoghurt, dan smoothies.

4. Menambah porsi makan

Anda dapat menambah porsi makan anak menjadi lebih besar dibandingkan biasanya sehingga dapat membantu menaikkan berat badan anak, tetapi tetap perhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Anda bisa menambahkan susu, jus, ataupun potongan buah dalam menu makanan anak. Tetapi susu hanyalah pelangkap, tidak dapat menggantikan gizi yang ada pada makanan lain.

5. Ciptakan tampilan makanan yang menarik

Ada kalanya anak bosan dengan menu makanan yang sama setiap hari, maka cara membuat anak gemuk yang dapat diterapkan adalah dengan menciptakan tampilan makanan yang menarik serta mengajak anak membantu menyiapkan makanannya sendiri.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Cara membuat anak gemuk lainnya

Selain hal di atas, Anda juga dapat memberikan tambahan vitamin, madu, hingga ramuan herbal yang dipercaya dapat menaikkan berat badan anak. Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang dapat menambah nafsu makan anak:

1. Ramuan kunyit

Ramuan kunyit (kandungan kurkominoid) karena senyawa curcumin dapat mengosongkan lambung dengan cepat dan membuat anak cepat merasa lapar. Selain itu, ramuan herbal ini juga dapat meningkatkan enzim pencernaan, menghindarkan radang pada anak, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa.

2. Jeruk atau lemon

Jeruk atau lemon (kaya akan vitamin C) sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah nafsu makan pada anak. Selain itu, ramuan segar ini dapat membunuh kuman dan membantu mengeluarkan racun pada tubuh. Anda hanya perlu memeras air lemon atau jeruk tersebut dan campurkan dengan air hangat.

3. Air jahe, temulawak, dan beras kencur

Air jahe (kandungan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin) memiliki banyak manfaat meliputi meredakan rasa kembung pada perut, meredakan racun yang menyerang pencernaan, serta dapat meningkatkan nafsu makan. Temulawak (zat curcuma) dan beras kencur juga dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Baca juga: Suplemen Vitamin untuk Anak Susah Makan

Karena yang tidak kalah penting dari pemenuhan nutrisi yang seimbang bukanlah hanya sebatas bagaimana cara membuat anak gemuk, tetapi membuat anak menjadi sehat dan pertumbuhan anak berjalan baik sehingga anak dapat bermain dan belajar secara aktif.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit