HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Cara Membersihkan Mata Bayi Yang Lengket

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Cara Membersihkan Mata Bayi Yang Lengket

Mata bayi seringkali lengket, antara kelopak atas dan bawah rapat karena  kotoran berwarna kekuningan dan lengket. Biasanya, kotoran kekuningan menjadi lengket  karena dibiarkan terlalu lama. Ini biasa terjadi pada bayi saat bangun tidur.

Kotoran kekuningan itu berasal dari kelenjar air mata di sudut-sudut mata bayi yang menuju ke hidung, biasanya memang ukurannya lebih sempit pada bayi baru lahir. Karena ukurannya yang kecil, kelenjar air mata ini mudah tersumbat, menimbulkan akumulasi air mata di sudut-sudut mata dan membuat mata berair. Saat air mata bayi mengering, mata pun menjadi lengket, terutama jika jumlah air matanya banyak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kondisi mata lengket sebenarnya bukanlah masalah kesehatan yang harus dikhawatirkan, namun sebaiknya segera dibersihkan agar mata bayi terhindar dari infeksi, serta bayi merasa lebih nyaman. Untuk membersihkan mata bayi yang lengket, bersihkan secara perlahan menggunakan kapas, cotton buds atau kain katun halus dan air yang steril, yang sudah direbus dan didinginkan.

Pertama, cuci terlebih dahulu tangan Anda dan siapkan kapas atau cotton buds bersih dan air steril. Celupkan kapas atau cotton buds ke dalam air lalu secara perlahan usapkan ke mata bayi, dari arah sudut luar mata mendekati sudut mata bagian dalam yang berdekatan dengan hidung. 

Untuk masing-masing mata, gunakan cotton buds atau kapas baru yang bersih. Ulangi  sehingga mata benar-benar bersih. Saat membersihkan mata bayi, pastikan Anda menopang kepala bayi  mengikuti arah Anda membersihkan matanya. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan air tidak menetes dari mata yang sedang dibersihkan ke mata yang lainnya sehingga terjadi kontaminasi pada mata yang satunya. 

Jika kulit di sekitar mata, kelopak mata, atau bagian dalam mata  mulai tampak kemerahan seperti sakit mata, sebaiknya periksakan kondisi mata bayi ke dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Jika cairan yang keluar dari mata  berwarna kekuningan atau kehijauan dan tidak kunjung berhenti, atau bayi mulai rewel serta matanya tampak merah dan iritasi dan bengkak, segera bawa bayi memeriksakan diri ke dokter. Mata bayi mungkin tengah mengalami infeksi dan perlu segera diobati.

Pada umumnya, bayi akan berhenti mengalami kondisi mata lengket  begitu mencapai usia sekitar enam bulan. Jika kondisi mata lengket tetap terjadi setelahnya, segeralah minta dokter anak merujuk Anda ke dokter spesialis mata anak.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eye Boogers: In Babies and How to Get Rid Of. Healthline. (https://www.healthline.com/health/eye-boogers)
Conjunctivitis. The Royal Children's Hospital. (https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/conjunctivitis/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app