GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Cepat Hilangkan Bekas Ciuman (Cupang) di Leher

Dipublish tanggal: Jan 20, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 20, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Cepat Hilangkan Bekas Ciuman (Cupang) di Leher

Memiliki waktu kebersamaan termasuk momen bermesraan dengan pasangan tentu sangat menggembirakan, mulai dari berpelukan, berciuman, hingga mungkin melakukan hubungan seksual. Tetapi terkadang karena terlalu asik bercinta bahkan mungkin secara tidak sadar Anda tidak mengetahui adanya bekas ciuman yang masih menempel di leher hingga beberapa saat.

Meski tak hanya terjadi pada leher, tetapi tentunya ciuman mesra juga bisa dilakukan di berbagai bagian tubuh lainnya, mulai dari wajah, bibir, hingga di seluruh tubuh. Tetapi bekas cupang tersebut tentunya sangat memalukan jika diketahui oleh orang lain. Maka dari itu, ada beberapa cara alami dan mudah untuk menghilangkan bekas ciuman dari pasangan yang biasa menempel pada leher sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara Cepat Hilangkan Bekas Ciuman (Cupang) di Leher

Bekas ciuman yang terlalu intens atau dikenal dengan istilah cupang dapat meninggalkan bekas warna merah, hitam, hingga kebiruan seperti memar. Hal tersebut bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di bawah permukaan kulit dan akan menghilangkan secara perlahan.

Tetapi seiring bertambahnya usia, bekas ciuman atau cupang juga akan lebih mudah terlihat karena penipisan kulit yang terjadi dan hilangnya lapisan lemak pelindung pada kulit.

Untuk mengatasi bekas ciuman tersebut, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan alami dan segera tempelkan ke bekas cupang secara perlahan. Berikut ini cara cepat hilangkan bekas ciuman (cupang) di leher:

1. Kompres dengan es batu atau air dingin

Setelah bermesraan dan menyadari adanya 'patukan' atau bekas ciuman dari kekasih, segera kompres dengan es batu atau air dingin sisa ciuman mesra tersebut. Caranya dengan memiijat dan lakukan gerak memutar di sekitar daerah yang merah tadi secara lembut. Jangan terlalu keras dan terburu-buru karena justru akan membuat leher atau bibir terlihat semakin memerah.

2. Gunakan gel lidah buaya

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, tetapi gel lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan memar termasuk bekas ciuman atau cupang pada leher. Caranya dengan menempelkan gel lidah buaya pada area kulit yang memar, diamkan sekitar 10 menit.

3. Manfaatkan peppermint oil

Peppermint oil diklaim dapat memberikan sensasi dingin secara alami pada kulit. Tak hanya peppermint oil, tetapi pasta gigi yang mengandung bahan peppermint juga dapat digunakan untuk memudarkan bekas ciuman di kulit. Caranya dengan mengoleskan peppermint oil pada bagian memar sehingga akan memperlancar aliran darah di bagian tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Kompres dengan kantung teh

Kantung teh celup juga dapat digunakan dalam mengurangi bekas cupang yang menempel di kulit. Caranya dengan merendam kantung teh ke air mendidih, lalu diamkan selama 2-3 menit dan angkat kantung teh tersebut. Setelahnya, tempelkan di bagian memar akibat ciuman tersebut hingga dingin.

5. Kompres dengan handuk hangat

Selain air dingin, untuk mengatasi memar bekas ciuman juga bisa menggunakan handuk hangat yang telah direndam terlebih dahulu ke air hangat kemudian ditempelkan ke area cupang. Hasilnya, bekas warna merah di kulit bisa menghilang sesaat setelahnya. Kompres dengan handuk hangat ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Memar dengan Cepat

6. Lakukan pijatan lembut

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas ciuman di leher adalah dengan melakukan pijatan secara lembut. Tetapi cara ini baru boleh dilakukan jika selama beberapa hari memar akibat ciuman tersebut belum juga hilang. Pijatan akan membantu memperlancar sirkulasi darah di sekitar area cupang.

7. Tutupi bekas ciuman

Cara cepat dan praktis dalam menutupi bekas ciuman adalah dengan menutupinya, entah dengan make up atau pakaian. Tempelkan bedak tipis yang disesuaikan dengan warna kulit untuk membantu menyamarkan bekas cupang. Selain itu, Anda juga bisa kenakan turtleneck atau syal untuk menutupi bekas ciuman di bagian leher.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Waghmare JS, et al. (2014). GC-MS analysis of bioactive components from banana peel (Musa sapientum peel). (http://www.imedpub.com/articles/gcms-analysis-of-bioactive-components-from-banana-peelmusa-sapientum-peel.pdf)
Ud-Din S, et al. (2016). Topical management of striae distensae (stretch marks): prevention and therapy of striae rubrae and albae. DOI: (https://dx.doi.org/10.1111%2Fjdv.13223)
Turner RE, et al. (2016). Facts about vitamin K. (http://edis.ifas.ufl.edu/pdffiles/FY/FY20900.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app