Cara Berhenti Merokok dengan Metode Akupuntur

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Berhenti Merokok dengan Metode Akupuntur

Kebiasaan merokok sulit dihilangkan karena membuat orang ketagihan akan sensasinya. Oleh karena itu banyak orang merasa kesulitan untuk dapat berhenti merokok. Mereka pun akhirnya mencari beragam cara untuk berhenti, salah satu caranya adalah dengan metode akupuntur. 

Namun, bagaimana metode akupuntur dapat membuat seseorang mau berhenti merokok, berikut lima faktanya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Akupuntur menekan titik pada tubuh untuk berhenti merokok

Ahli akupuntur mengetahui bahwa terdapat titik pada tubuh yang sangat menentukan kebiasaan merokok. Titik ini disebut sebagai titik “Tim Mee” dan secara spesifik digunakan untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Titik-titik ini terdapat pada satu jari di atas lipatan pergelangan tangan, tepatnya pada bagian dalam lengan. Dengan menekan titik ini dapat membuat perokok merasakan rasa yang berbeda dari rokok dan mendorongnya berhenti merokok.

Namun, harus diketahui bahwa titik Tim Mee ini tidaklah cukup untuk mendorong seseorang berhenti merokok. Meski Tim Mee merupakan titik yang ampuh, namun merokok adalah kebiasaan yang cukup rumit. Oleh karena itu harus diseimbangkan dengan menekan titik yang lain

Teknik akupuntur berguna untuk mengurangi keinginan merokok, hanya saja tidak dapat mengubah kebiasaan

Meski akupuntur sangat efektif untuk memberikan sensasi berbeda dari merokok bagi para perokok, namun hal ini saja tidaklah cukup. Pemberian sensasi yang berbeda dari merokok merupakan aspek fisik yang dicoba untuk diubah oleh akupuntur. 

Sayangnya masalah kebiasaan merokok tidak hanya berhubungan dengan ketergantungan secara fisik, namun juga faktor lainnya.

Beberapa orang ketagihan merokok karena memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari sehingga meninggalkannya akan terasa janggal untuk mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Sebagian yang lain merasa berhenti dari rokok bahkan dapat membuatnya sengsara karena rokok mereka konsumsi ketika sedang dalam kondisi sulit. Untuk itu mendapatkan lingkungan yang mendukung sangat dibutuhkan selain dengan teknik akupuntur, seperti:

  • Aktivitas berolahraga
  • Meminta dukungan dari keluarga dan rekan
  • Mencari aktivitas yang menyibukkan dan bebas rokok
  • Bergabung dengan komunitas yang dapat mendukung

Untuk dapat menghentikan kebiasaan merokok tidak cukup hanya dengan mengubah ketergantungan fisik dengan cara akupuntur. Namun juga dukungan secara emosional dan mental dari keluarga dan lingkungan.

Tanaman herbal untuk mengatasi keinginan merokok

Rempah-rempah dari tanaman herbal dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Ada banyak jenis tanaman herbal yang dapat membantu Anda mengatasi ketergantungan merokok, detoksifikasi, maupun perbaikan jaringan tubuh.

Menggunakan teknik akupuntur sederhana untuk menekan keinginan merokok

Pijat telinga merupakan salah satu metode akupuntur yang efektif untuk menekan keinginan merokok. Anda dapat melakukan pijat telinga mandiri di rumah yang dapat melepas hormon endorphin yang merupakan penghilang rasa sakit alami. Metode ini juga dapat menyeimbangkan Qi tubuh.

Cara pijat telinga yang umum digunakan adalah meletakkan ibu jari pada bagian atas telinga yang paling lebar dan memijatnya memutar. Tidak hanya bagian luar, Anda juga bisa memijat celah di bagian dalam maupun pangkal luar telinga. 

Pijat pula bagian cuping telinga dengan menariknya ringan maupun bergerak memutar.

Jika perlu, biasanya ahli akupuntur akan menempelkan manik kecil dengan plester pada beberapa titik yang dirasa perlu. Ketika Anda merasa ingin merokok, Anda hanya perlu menekan titik tersebut untuk menghilangkan kecenderungan merokok.

Teknik akupuntur baik untuk membantu anda berhenti merokok

Teknik akupuntur telah dibuktikan efektif membantu banyak orang menghilangkan kebiasaan merokok berdasarkan laporan yang dikumpulkan dari 823 orang. 

Penelitian ini melihat bahwa metode hipnoterapi dan akupuntur adalah metode yang tepat untuk membatasi keinginan merokok dalam waktu lama.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kang, H. C., Shin, K. K., Kim, K. K., & Youn, B. B. (2005). The effects of the acupuncture treatment for smoking cessation in high school student smokers. Yonsei medical journal, 46(2), 206–212. https://doi.org/10.3349/ymj.2005.46.2.206. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2823015/)
Wang, Y. Y., Liu, Z., Wu, Y., Zhang, O., Chen, M., Huang, L. L., He, X. Q., Wu, G. Y., & Yang, J. S. (2016). Acupuncture for Smoking Cessation in Hong Kong: A Prospective Multicenter Observational Study. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2016, 2865831. https://doi.org/10.1155/2016/2865831. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149689/)
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app