Perawatan Tubuh

Cara Ampuh Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Ampuh Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Setiap orang memiliki bulu ketiak, namun terkadang ada beberapa orang yang merasa terganggu dengan adanya bulu ketiak yang lebat apalagi jika sampai menimbulkan bau yang tidak sedap terutama ketika berkeringat. Oleh karena itu, mereka melakukan beragam cara untuk menghilangkan bulu ketiak, baik secara alami maupun dengan perawatan di salon kecantikan.

Padahal bulu ketiak memiliki manfaat, di antaranya melindungi kulit ketiak dari gesekan, bahaya racun yang berasal dari luar tubuh, zat kimia yang digunakan dalam produk seperti bedak, deodorant, hingga melindungi kulit dari bakteri

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Tetapi Anda tidak disarankan untuk mencabut bulu ketiak atau sering melakukan waxing karena justru dapat merusak kulit ketiak. Selain itu, langkah menghilangkan bulu ketiak tersebut juga hanya bersifat sementara waktu karena bulu ketiak akan tumbuh kembali.

Baca juga: Pentingnya Bulu Ketiak

Cara Ampuh Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

Jika ingin menghilangkan bulu ketiak secara permanen, mungkin Anda dapat menggunakan bahan alami berikut, yaitu:

Pasta kunyit

Para wanita kerap menggunakan pasta kunyit untuk mengendurkan folikel rambut sehingga proses perontokan bulu ketiak bisa berjalan dengan mudah. Tak hanya bebas dari rasa sakit, hasilnya pun cukup dapat mengangkat bulu ketiak secara permanen.

Anda bisa mencampurkan ½ cangkir bubuk kunyit dengan air mawar atau susu tawar, air hangat, dan siapkan sehelai handuk. Aduk adonan sehingga tercampur rata kemudian aplikasikan di area ketiak yang ditumbuhi bulu halus, diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bersihkan masker dengan handuk yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Keringkan dan ulangi hingga bulu ketiak mulai rontok.

Pasta madu lemon

Selain kunyit, untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen juga bisa menggunakan campuran antara 3 sdm madu dan 3 tetes perasan lemon. Aplikasikan pasta dan diamkan selama 15 menit. Bilas atau seka dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat dan keringkan. Lalu ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu selama sebulan penuh agar bulu ketiak hilang secara permanen.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Sugar wax

Metode menghilangkan bulu ketiak yang berikut ini bisa memberikan hasil yang lebih permanen. Bila melakukan waxing di salon membutuhkan biaya yang tak sedikit, maka resep berikut pasti bisa membantu Anda untuk lebih berhemat.

Campurkan 3 cangkir gula, ½ cangkir air, dan ½ cangkir perasan lemon. Setelah itu, masukkan gula dalam panci beserta dengan air, masak hingga seluruh gula larut dan terbentuk adonan karamel berwarna coklat.

Tambahkan perasan lemon sambil tetap mengaduk adonan hingga tercipta adonan yang mirip lilin (wax). Biasanya proses memasak ini membutuhkan waktu lebih kurang 20 menit. Tuang adonan ke wadah tahan panas dan biarkan dingin.

Sebelum melakukan waxing alami berikut, ada baiknya cuci atau basahi lebih dulu area ketiak dengan air hangat, lalu keringkan. Setelah itu, oleskan adonan lilin tadi ke area yang ingin dihilangkan bulunya. Letakkan kain katun atau waxing strip di atasnya, lalu tekan perlahan.

Cabut kain atau waxing strip dengan arah yang berlawanan dari arah tumbuh rambut. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara cepat sehingga tidak timbul rasa sakit. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya ke area tersebut untuk mendinginkannya.

Masker gelatin

Metodenya hampir sama dengan sugar wax, hanya saja proses perontokan bulu ketiak menggunakan gelatin tidaklah sesakit seperti ketika memakai sugar wax.

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Untuk membuat adonan gelatin wax, Anda perlu memblender ½ buah timun sehingga menjadi jus. Pada wadah lain, seduh 1 kantong green tea. Setelah itu, masukkan 1 cangkir air, 3 sdm perasan lemon, gelatin tawar, jus timun, dan ¼ gel aloe vera ke dalam teh hijau, aduk hingga gelatin larut.

Tunggu sampai adonan dingin, lalu aplikasikan ke area ketiak yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu kelupas masker dan aplikasikan pelembab.

Pasta gula

Untuk membuat pasta ini, Anda dapat mencampurkan 2 cangkir gula, ¼ cangkir perasan lemon, dan ¼ cangkir air ke dalam panci bergagang yang diletakkan di atas api kecil. Didihkan selama lebih kurang 25 menit dan pastikan konsistensi adonan cukup bagus (tidak terlalu lengket). Setelah adonan berubah warna menjadi kuning gelap, angkat dari kompor, dan biarkan dingin.

Taburkan sedikit butiran gula ke atas kulit ketiak yang sudah dibersihkan untuk memastikan pasta bisa mengikat bulu dan tidak terlalu menempel di kulit. Setelah itu, ambil pasta gula dengan tangan dan bentuk menjadi sebuah bola lalu letakkan di atas kulit ketiak dengan arah berlawanan dari arah tumbuhnya rambut.

Biarkan adonan melebar dan menyebar. Setelah itu, kelupas pasta gula searah dengan tumbuhnya rambut agar folikel tidak rusak dan membuat rambut bisa hilang sementara. Jika ada bulu rambut yang tertinggal, pasta gula boleh diaplikasikan ulang di area yang sama namun tak boleh lebih dari 2 kali. Bola pasta gula yang sudah dipakai tadi tak perlu langsung dibuang karena dapat digulirkan dan dipakai ulang beberapa kali.

Cara Mempersiapkan Bahan Alami dalam Menghilangkan Bulu Ketiak

Guna menguji sensitivitas kulit terhadap setiap resep di atas, ada baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu ke area kecil pada kulit yang mudah terlihat. Untuk setiap adonan yang dimasak, selalu diamkan hingga dingin sebelum diaplikasikan agar kulit tidak terbakar.

Beberapa resep menghilangkan bulu ketiak di atas mungkin akan langsung memperlihatkan hasil yang diinginkan, sementara lainnya perlu diaplikasikan ulang. Yang penting adalah lakukan perawatan alami di atas secara teratur hingga mendapatkan hasil yang didambakan.

Ketika memasak adonan, pakailah panci tebal agar adonan matang dengan benar dan selalu gunakan api kecil untuk mencegah gosong. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah selalu aplikasikan pelembab (gel aloe vera lebih baik) setelah Anda selesai menghilangkan bulu ketiak untuk menyejukkan dan menghindarkan kulit dari iritasi.

Selain dengan bahan alami di atas yang diperkirakan dapat membuat bulu ketiak menjadi rontok, beberapa orang juga mencukur untuk menghilangkan bulu ketiak. Tetapi perlu diperhatikan cara yang benar dan aman dalam mencukur bulu ketiak.

Baca juga: Cara Benar Mencukur Bulu Ketiak Dengan Aman

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Laser hair removal side effects: What you need to know. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322042.php)
Laser Hair Removal: Benefits, Side Effects, and Cost. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/laser-hair-removal#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app