Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Penampilan sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi kaum wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang sempurna dari ujung kaki hingga ke ujung rambut. Namun ada saja masalah yang dapat mengganggu penampilan, seperti munculnya jerawat atau kantung mata yang mulai menghitam bahkan bergelambir.

Kulit di bawah area mata sendiri umumnya memiliki tekstur yang lebih tipis dan sensitif dibandingkan area kulit lainnya. Oleh karena itu, kulit di area mata cenderung mudah menimbulkan kerutan dan tanda penuaan lainnya sehingga dibutuhkan perawatan yang tepat. Secara mudah, Anda bisa menggunakan krim mata untuk membantu menghilangkan kerutan dan lingkar hitam di area mata tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Baca juga: Langkah Tepat Memilih Krim Mata

Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata yang menghitam merupakan masalah yang sering dialami, terutama bagi orang yang suka begadang hingga larut malam dan sering menatap layar handphone dalam waktu yang lama. Biasanya para wanita menutupi kondisi ini dengan menggunakan makeup. Tetapi sebenarnya ada beberapa cara alami yang efektif untuk menghilangkan kantung mata secara cepat, seperti:

Mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Mentimun mengandung vitamin A, B, dan C, serta memiliki kandungan air yang tinggi. Tak hanya itu, mentimun juga mengandung mineral seperti magnesium dan silikon yang efektif untuk membuat mata tampak lebih segar. Untuk menghilangkan kantung mata, taruhlah irisan mentimun segar pada area mata selama 30 menit.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Tetapi ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun mampu mencerahkan bagian bawah mata yang menghitam serta dapat menghidrasi dan melembabkan kulit di area mata. 

Untuk menggunakannya, oleskan minyak zaitun di area kantung mata dan pijat secara perlahan. Lakukan setiap hari sebelum tidur hingga kantung mata memudar.

Kantung teh

Kantung teh yang biasanya dibuang ternyata juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kantung mata. Kandungan tanin pada kantung teh dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna di area sekitar mata. Cara penggunaannya juga mudah yaitu dengan menyimpan kantung teh ke dalam kulkas selama semalam lalu letakkan di atas mata dan diamkan selama 10-15 menit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Baca juga: Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kentang

Kandungan asam fosfat dan asam sitrat pada kentang bermanfaat untuk mengurangi radang dan mencegah kulit yang mulai kendur. Cara penggunaannya adalah dengan mengupas dan memblender kentang sampai halus, kemudian taruh pada kain yang bersih. Setelah itu, kompres kain pada masing-masing mata selama 15 menit.

Es batu

Menggunakan es batu untuk menghilangkan kantung mata mungkin sudah banyak diketahui. Es batu dianggap sangat efektif untuk mengurangi peradangan akibat aktivitas mata yang berlebihan. Untuk menggunakannya, Anda bisa menaruh es batu di dalam kain kemudian kompreskan ke area sekitar mata selama 10 menit dengan jeda beberapa kali.

Minyak almond

Kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak almond bermanfaat untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata dan membantu menghaluskan kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak almond di area sekitar mata menggunakan kapas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah setiap hari sebelum tidur.

Lidah buaya

Tak hanya baik bagi kesehatan rambut, tetapi lidah buaya yang mengandung vitamin A, B, dan E juga dapat menutrisi kulit dan menghilangkan kantung mata. Cara penggunaanya adalah dengan mengusapkan gel lidah buaya di area mata yang menghitam dan diamkan selama 15 menit.

Putih telur

Kandungan vitamin pada putih telur efektif untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan kantung mata. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan putih telur pada area kantung mata yang menghitam selama 20 menit atau sampai kering. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah dengan air bersih.

Lemon dan jeruk nipis

Vitamin C bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit di mana lemon dan jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit termasuk menghilangkan kantung mata. Caranya dengan memotong lemon atau jeruk nipis secara melingkar kemudian tempelkan irisan lemon atau jeruk nipis pada area mata dan diamkan selama 10-15 menit.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Just M, et al. Effect of smoking on skin elastic fibres: Morphometric and immunohistochemical analysis. British Journal of Dermatology. 2007;156:85.
Vrcek I, et al. Infraorbital dark circles: A review of the pathogenesis, evaluation and treatment. Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery. 2016;9:65.
Patient education: Allergic rhinitis. American Academy of Family Physicians. https://www.clinicalkey.com/#!/content/patient_handout/5-s2.0-pe_AAFP_allergic-rhinitis_en.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app