Ketahui Cara-Cara Alami Untuk Mengatasi Flek Hitam

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Cara-Cara Alami Untuk Mengatasi Flek Hitam

Flek Hitam. Siapa sih diantara kamu yang tidak mengenal akan flek hitam? Ya, gangguan kulit satu ini memang tidak berbahaya namun tetap saja mengganggu kepercayaan diri terutama untuk para wanita. 

Setiap wanita di seluruh dunia pasti ingin memiliki wajah dan kulit yang mulus dan bersih tanpa kehadiran dari bintik-bintik atau flek hitam. Namun bila kamu sudah terlanjutr memiliki flek hitam di kulitmu, apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi problematika ini? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Atau bila kamu belum mempunya flek hitam, bagaimana cara mencegah flek hitam bisa muncul di wajah dan kulit cantikmu? Yuk khusus untuk kamu, akan dibahas mengenai cara alami untuk mencegah dan mengatasi flek hitam pada kulit dan wajah cantikmu.

Cara alami mencegah flek hitam

Sebelum flek dan bintik hitam menyerang wajahmu, ada baiknya kamu mengikuti cara-cara dibawah ini sebagai tips pencegahan dini mencegah pigmentasi di wajahmu karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati

  • Pakailah Tabir Surya atau Sun Block
    Ya, sangat mudah bukan, cukup memakai sunblock atau tabir surya kemanapun kamu pergi, baik untuk kegiatan outdoor maupun indoor karena sinar mataharigt;dapat masuk menembus gedung-gedung dan atap tempatmu berkegiatan
  • Memakai Topi atau Payung
    Selain pemakaian sunblock di kulitmu, kamu juga bisa mencegah dan melindungi kulitmu dengan memakai Topi atau Payung sebagai cara kamu terhindar langsung dari teriknya paparan sinar matahari.

    Pemakaian payung atau topi ini tentu saja membuat kulitmu memiliki double protection ( sunblock dan payung atau topi ).
  • Hindari Pemakaian Kosmetik sembarangan
    Ya, kamu harus menghindari pemakaian kosmetik yang dapat menimbulkan reaksi fotosensivitas pada kulitmu. Pakailah kosmetik yang bahan dan komposisinya aman dan cocok dengan kulitmu
  • Hindari penkonsumsian obat sembarangan
    Hindari pemakaian obat yang mengandung ifenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatikdan minosiklin karena dapat merangsang munculnya flek hitam pada kulitmu.
  • Cucilah kulitmu setiap hari
    Selain paparan sinar matahari yang dapat merangsang munculnya flek dan bintik hitam di kulitmu, polusi udarapun dapat membuat kulitmu menjadi kotor. Bila hal ini didiamkan terus tentu akan membuat kotoran tersebut mengendap dan manjadi noda di kulitmu.

    Maka rajin-rajinlah kamu mencuci mukamu, setiap pagi setelah bangun tidur, cuci juga mukamu setelah kamu pulang dari aktifitasmu seharian, dan bersihkan make up di wajahmu sampai tuntas, terakhir kamu harus selalu mencuci mukamu sebelum kamu tidur.

    Mencuci muka merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan seseorang untuk mencegah kulit menyimpan kotoran.
  • Jangan sembarang menggaruk kulitmu
    Walau terasa gatal, lebih baik kamu hanya mengelus atau menepok kecil kulitmu yang gatal, ini dikarenakan menggaruk dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit sehingga merangsang kulit untuk berpigmentasi dan menyebabkan flek hitam
  • Rajinlah berolahraga
    Ya, berolahraga dengan rutin dapat membuat sirkulasi darahmu lancar dan kulitmu menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat tentu akan membuat flek tidak mudah datang dan menyerangmu.

Cara alami mengatasai flek hitam

Di jaman sekarang ini, banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan dapat menghilangkan flek hitam dengan sekejap atau instan. Mulai dari yang harganya murah sampai yang harganya jutaan. 

Bagi kamu yang ingin mencoba produk-produk tersebut memang tidak ada salahnya. Namun campuran-campuran kimia dalam produk penghilang flek hitam tersebut belum tentu memiliki dampak yang baik untuk kulitmu. Bisa saja flek hitammu menghilang namun muncul masalah lainnya di kulitmu.

Nah bila kamu ingin memilih cara alami untuk mengatasi masalah bintik hitam di kulitmu, kamu bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini. Dijamin murah dan mudah untuk diikuti.

  • Jus Buah
    Ya, buah memang dikenal memiliki sejuta manfaat untuk tubuh manusia terutama untuk kecantikan kulit, rasanya yang segar juga akan membuat mood kamu menjadi lebih bahagia.  Adapun jus buah yang bisa menjadi pilihanmu ialah jus tomat, jus timun, jus wortel dan jus lemon.
  • Madu
    Madu merupakan bahan alami yang memiliki manfaat banyak manfaat untuk kulit diantaranya ialah dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

    Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan madu ke bagian yang terdapat flek hitam. Biarkan hingga mengering dan bersihkan menggunakan air hangat.
  • Masker Beras
    Masker yang dapat kamu buat sendiri di rumahmu dari bahan dasar berupa beras. Caranya mudah, hanya cuci beras sampai bersih, rendam dengan air dingin, ulek beras hingga halus lalu aplikasikan pada wajahmu, diamkan kurang lebih 30menit lalu cuci wajahmu dengan air hangat. 
  • Lidah Buaya
    Pemakaian lidah buaya selain membuat rambut menjadi sehat ternyata juga bisa menghilangkan flek hitam dengan cara pisahkan kulit dan daging lidah buaya, haluskan daging lidah buaya dan oleskan pada wajah selama 30menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

Demikianlah berbagai cara alami untuk mencegah dan mengatasi gangguan flek hitam di kulitmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dark spots on the skin: Causes, treatments, and remedies. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833)
How to get rid of dark spots on black skin. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325454)
How to Remove Dark Spots Caused by Acne: Treatments and Remedies. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app