Cacingan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 103.392 orang

Cacingan memang merupakan penyakit yang sering sekali terjadi di sekitar kita sehingga cacingan sering dianggap sepele oleh sebagian besar dari masyarakat Indonesia. 

Umumnya bila mendengar kata terjangkit penyakit cacingan, orang akan langsung berpikir untuk segera membeli obat cacing untuk menghilangkan cacing tersebut dari badannya. 

Tentu saja ini tidak salah, namun selain itu, tentunya ada beberapa cari lain untuk mencegah dan mengobati diri sendiri dari penyakit cacingan. Disini kita akan sharing mengenai berbagai cara mencegah dan mengobati cacingan. 

Cara Mudah Mencegah Diri dari Cacingan

Kamu pasti pernah mendengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Pepatah ini 100% memang benar. Bila bisa dicegah, tentunya akan menjadi lebih baik daripada sudah kena lalu mengobatinya.  Disini ada beberapa tips mudah untuk kamu ikuti yang akan membantu kamu mencegah diri dari penyakit cacingan.

  • Cuci tangan dan kaki mu menggunakan sabun baik itu sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah makan, setelah kembali ke rumah seusai beraktifitas dan bermain, setelah buang air kecil dan setelah buang air besar, setelah mencebok, sebelum bangun tidur dan setelah bangun tidur.
  • Rutin dalam membersihkan dan memotong kuku kaki dan kuku tangan.
  • Khusus untuk anak-anak agar bisa diperhatikan dan diajari agar tidak sembarangan memasukan berbagai macam benda atau barang ke dalam mulut.
  • Selalu memakan sendal, sepatu atau alas kaki saat bermain dan beraktifitas di luar rumah
  • Minum air yang bersih dan matang atau sudah direbus
  • Memasak seluruh makanan sampai matang terutama daging dan ikan
  • Buang air besar dan kecil di tempatnya ( WC )
  • Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi seperti menggunakan penutup makanan atau tudung saji dan menggunakan penutup gelas
  • Selalu menjaga sanitasi lingkungan rumah dan lingkungan sekitar
  • Tidak jajan sembarangan sehingga diri sendiri dapat terhindar dari berbagai makanan yang kebersihannya belum dapat dipastikan
  • Meminum obat cacing setahun dua kali dengan jangka waktu enam bulan sekali

Cara Mudah Mengobati Diri dari Cacingan
Bila kamu sudah terkena penyakit cacingan, maka kamu tak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa metode pengobatan cacingan baik alami ataupun meminum obat yang dapat membantu kamu dalam menyembuhkan penyakit cacingan. Adapun beberapa metode alami  dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat mudah kamu temukan di sekitar kamu seperti dibawah ini :

  • Ramuan Wortel
  • Ramuan Biji Pepaya dan Daun Pepaya

Wortel diketahui dapat membantu kamu membasmi cacing di ususmu. Caranya mudah yaitu dengan mencampurkan air perasan wortel dengan santan kental menggunakan perbandingan 1 : 1 cangkir, tambahkan sedikit garam lalu aduk rata dan dapat langsung diminum. 

Pastikan bahwa wortel dan ampas kelapa yang digunakan sudah dicuci dan diperas dengan air matang yang bersih atau air mineral. Selain menggunakan garam dan santan, air ramuan wortel dapat kamu campurkan dengan parutan kelapa segar dengan perbandingan 1 wortel dengan ¼ parutan kelapa.

Ramuan ini terkenal efektif membasmi cacing kremi pada tubuh manusia. Cara membuatnya pun mudah sekali. Cukup keringkan 2 sendok makan biji pepaya, tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan setengah gelas air matang dan bersih, tambahkan sedikit madu. 

Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari selama 2-4 hari berturut-turut. Dipercaya cacing dalam tubuh kamu akan klepek-klepek dan mati.  Selain biji pepaya yang ampuh digunakand alam membasmi cacing, kamupun dapat menggunakan daun pepaya. 

Caranya mudah yaitu dengan mencuci  1 lembar daun pepaya dengan air matang 600cc sampai air tersisa hanya 300cc, lalu minum air rebusannya. Minum ramuan ini secara rutin sehingga cacing dalam perut mu sirna semuanya.

Bila kamu ingin lebih cepat mengobati penyakit cacinganmu, kamu dapat meminum beberapa obat umum dibawah ini seperti obat Combantrin. Tentunya obat satu ini sudah tidak asing lagi bagi kamu, kamu dapat menemui obat ini baik di toko obat, apotek bahkan minimarket sekitar rumahmu. 

Obat ini dipercaya mampu menangkis penyakit cacing yang disebabkan oleh cacing kremi, cacing gelang dan cacing tambang. Ada kemasan khusus anak dan dewasa yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu. 

Selain merk Combantrin, kamu dapat mencoba obat cacing merek Vermox, Konvermex, Askamex, dan Albendazole. Namun bila keadaanmu sudah parah, sebaiknya segeralah mengkonsultasikan diri ke dokter terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat untuk kondisi penyakitmu. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit