Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Busur Kaki- Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 16, 2019 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 841.869 orang

Busur Kaki adalah kondisi dimana kaki seseorang nampak membusur keluar, maksudnya lututnya terpisah jauh bahkan ketika pergelangan kaki sejajar. Nama lain penyakit ini yaitu kaki berbentuk O.

Busur kaki terkadang menjadi gejala utama suatu penyakit seperti penyakit Blount atau ticker dan berujung pada peradangan pada sendi lutut dan panggul. Terdapat pilihan pengobatan seperti pemasangan kawat, gips dan operasi untuk memperbaiki kelainan tulang ini.

Kondisi ini banyak ditemukan pada bayi karena posisinya terkekang selama di perut. Biasanya tidak ada pengobatan khusus untuk bayi. Kaki anak-anak akan mulai lurus jika mulai berjalan, biasanya saat umur 12 hingga 18 bulan. 

Biasanya tidak ada efek samping yang bertahan lama. Periksakan anak Anda ke dokter jika sampai usia 2 tahun masih memiliki kaki busur. Kaki busur juga diketahui sebagai genu varum kongenital.

Penyebab Busur Kaki

Penyakit Blount

Penyakit Blount, yang juga disebut tibia vara, yaity perkembangan tidak normal pada tulang kering sehingga kaki melengkung. Ketika anak Anda mulai belajar berjalan, keadaan lengkungan pada kaki memburuk. 

Gejala ini dapat muncul lebih awal namun pada beberapa kasus gejala tidak terlihat sampai penderita menginjak masa remaja. Berjalan dengan waktu, kaki busur dapat menyebabkan masalah sendi pada lutut.

Penyakit ini banyak diderita oleh wanita, ras Afrika-Amerika dan anak yang mengalami obesitas. Anak-anak yang berjalan lebih awal memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit ini. Normalnya anak-anak mulai berjalan ketika berusia 11 hingga 14 bulan.

Ricketsia

Ricket merupakan kondisi yang disebabkan oleh kekuarangan vitamin D dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lembut dan rapuh sehingga membuat tulang menjadi melengkung.

Penyakit Paget

Penyakit metabolik ini mempengaruhi secara negatif cara tulang patah dan menyusun kembali. Akibatnya tulang tidak tersusun sekuat yang seharusnya. 

Seiring dengan waktu hal ini menyebabkan kaki busur dan masalah sendi. Penyakit Paget umumnya menyerang orang yang sudah tua dan dapat sukses diobati dengan diagnosis dan pengobatan segera.

Kerdil

Kerdil umumnya disebabkan oleh kondisi yang disebut akondroplasia. Hal tersebut adalah gangguan pertumbuhan tulang yang mengakibatkan kaki busur jika tidak segera ditangani.

Penyebab Lainnya

Penyebab lain dari kaki busur adalah:

  • Keretakan tulang yang tidak ditangani dengan benar
  • Displasia tulang, kelainan pertumbuhan tulang
  • Keracunan logam
  • Keracunan fluor

Gejala Busur Kaki

Kondisi ini dapat dengan mudah dikenali. Lutut Anda tidak akan bersentuhan ketika berdiri tegak. Kaki busur akan nampak simetris.Kesulitan berjalan atau keterlambatan dalam proses berjalan pada anak.  Pada anak-anak hampir semua kasus kaki busur mulai membaik ketika usia anak 12 hingga 18 bulan. 

Segera periksakan pada dokter anak jika sampai usia 2 tahun kaki masih membusur atau kondisi makin memburuk.

Diagnosis Busur Kaki

Kaki busur mudah dikenali namun dokter Anda dapat mengetahui seberapa parah kondisinya dan apa penyebab utamanya. Selama pemeriksaan dokter akan mengukur kaki Anda dan meneliti cara Anda berjalan. 

Dokter mungkin akan menyarankan tes rontgen kaki atau tes pencitraan lain untuk mengetahui kelainan tulang pada lutut dan pergelangan kaki. Selain itu mungkin juga dengan tes darah untuk mengetahui apakah kaki busur disebabkan oleh kondisi lain seperti penyakit Paget atau ricket.

Pengobatan Busur Kaki

Tidak disarankan menggunakan pengobatan khusus pada bayi dan balita jika tidak diketahui penyebab utamanya. Pengobatan direkomendasikan jika kondisi kaki busur cukup parah atau memburuk atau kondisi lain terdiagnosis. 

Beberapa pilihan pengobatan tersebut yaitu sepatu khusus, kawat, gips, operasi untuk memperbaiki kelainan tulang, pengobatan penyakit atau kondisi yang menyebabkan kaki busur.

Pencegahan yang Harus dilakukan Pengidap Busur Kaki

Tidak ada pencegahan untuk kaki busur. Pada kasus tertentu Anda dapat mencegah kondisi tertentu penyebab kaki busur. Misalnya Anda dapat mencegah ricket pada anak Anda dengan memberikan vitamin D melalui pola makan dan berjemur di bawah sinar matahari

Deteksi dan diagnosis awal kaki busur dapat membantu Anda dan anak Anda mengatur kondisi ini.

Artritis (radang persendian) merupakan efek jangka panjang utama pada kaki busur dan hal ini dapat berakibat pada kelumpuhan. Ketika penyakit memburuk, hal ini dapat mempengaruhi lutut, kaki, pergelangan kaki dan sendi panggul karena adanya tekanan abnormal. 

Seseorang yang menderita ini biasanya mengalami kegemukan dan dapat memperumit keadaan.

Jika seseorang memaksa melakukan penggantian lutut pada usia muda maka hal ini diantisipasi dengan melakukan revisi pada usia lebih tua. Melakukan operasi penggantian lutut total sangatlah sulit. Hal ini karena operasi telah dilakukan dan adanya kelainan susunan tulang.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit