Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Bullous Myringitis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Tinjau pada Agu 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.297.048 orang

Bullous Myringitis adalah jenis infeksi telinga yang ditandai dengan melepuhnya  atau peradangan pada gendang telinga. Gendang telinga yang melepuh ini berisi cairan, sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. 

Penyebab terjadinya lepuhan yang berisi cairan ini diduga adalah virus atau bakteri yang sama dengan penyebab infeksi telinga lainnya.

Gejala Myringitis Bullous

Walau tidak selalu sama, namun gejala Bullous Myringitis umumnya ditandai dengan :

  • Rasa sakit yang hebat dan datang tiba-tiba yang bahkan bisa berlangsung 24-48 jam
  • Terjadinya gangguan pendengaran, namun saat infeksi hilang gangguan ini akan membaik
  • Demam
  • Adanya cairan yang mengalir dari telinga jika lepuhan yang berisi cairan pecah
  • Perasaan penuh di telinga.
  • Sifat pemarah.Karena rasa sakit yang dirasakan, wajar saja  jika seseorang penderita Myringitis Bullous ini menjadi lekas marah
  • Menarik-narik telinga. Biasanya penderita Bullous Myringitis juga akan menarik-narik telinga untuk meredakan rasa sakit.

Perjalanan penyakit akan bersifat akut selama 3 minggu yang ditandai dengan peradangan pada gendang telinga (myringitis) , kehilangan pendengaran, nyeri telinga. pada 3minggu hingga 3 bulan memasuki fase sub akut dan pada 3 bulan berikutnya menjadi kronik.

Penyebab Bullous Myringitis

Bullous Myringitis disebabkan karena adanya bakteri atau virus. Bakteri dan virus ini merupakan bakteri yang sama seperti bakteri dan virus penyebab infeksi lainnya seperti flu, pilek, dan radang yaitu Streptococcus pneumoniae, yang merupakan jenis bakteri yang penyebab radang tenggorokan, dan penyebab paling umum dari Bullous Myringitis

Faktor Resiko Myringitis Bullous

Bullous Myringitis lebih sering terjadi pada seseorang yang telah memiliki infeksi saluran pernafasan atas, seperti flu atau pilek.

Mengapa? Karena terjadinya flu, batuk, pilek, dan infeksi saluran pernafasan dapat mengiritasi lapisan tuba eustachius, sehingga tak mampu mengalirkan cairan dengan benar.

Cairan yang mengandung bakteri atau virus dan infeksi telinga yang tidak mengalir dengan benar inilah yang pindah ke telinga dan menyebabkan infeksi.

Bullous Myringitis juga lebih mungkin terjadi pada seseorang yang memiliki infeksi telinga bagian tengah, karena keduanya disebabkan oleh virus dan bakteri yang sama.

Mendiagnosa Myringitis Bullous

Salah satu tanda awal terjadinya Bullous Myringitis adalah munculnya rasa nyeri. Jika rasa nyeri muncul, anda dapat menunggu 1-2 hari untuk melihat apakah rasa nyerinya hilang atau tidak sebelum akhirnya memanggil dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Jika rasa sakitnya hebat atau disertai demam, segera kunjungi dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Hubungi juga dokter jika terjadi masalah pendengaran atau terdapat cairan yang keluar dari telinga anda.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga rentan terkena infeksi ini. segera hubungi dokter jika si kecil menunjukkan gejala sakit telinga. Terlebih jika si kecil memiliki riwayat sakit telinga

Dokter akan memeriksa riwayat medis dan menggunakan alat bantu otoscope yang memiliki kaca pembesar dan cahaya guna mendapatkan gambaran bagian dalam telinga yang lebih jelas.

Jika memang setelah dilihat anda memiliki infeksi telinga, maka dokter akan mendeteksi kembali apakah infeksi tersebut berjenis Bullous Myringitis atau jenis lainnya dengan melihat adanya lepuhan pada gendang telinga anda.

Dokter mungkin juga akan melakukan tes pendengaran untuk menilai adanya gangguan akibat infeksi ini.

Pengobatan Bullous Myringitis

Untuk perawatan Bullous Myringitis biasanya dilakukan dengan pemberian obat penghilang rasa sakit dan antibiotik  yang banyak dijual bebas. Baik diminum maupun diteteskan ke dalam telinga, kedua cara ini cukup efektif dan metodenya tergantung usia pasien itu sendiri.

Walaupun virus dapat menyebabkan Bullous Myringitis, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik, karena biasanya dokter akan kesulitan mengetahui apakah virus telah menyebabkan infeksi atau tidak. Biasanya gejala akan membaik dalam dua hari.

Jika memang penghilang rasa sakit tidak membantu untuk mengurangi rasa sakit, maka dokter mungkin akan memecahkan bagian telinga yang melepuh menggunakan pisau kecil agar cairan yang berada di dalam keluar. 

Memang metode ini tidak menyembuhkan infeksi, namun membantu menghilangkan rasa sakit.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit