Benjolan Akibat Terjepit - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 469.507 orang

Apakah kamu pernah merasakan benjolan atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan bengkak ketika salah satu dari bagian tubuh kamu terjepit?

Ya, kecelakaan – kecelakaan kecil yang tidak sengaja terjadi pada diri kamu seperti ketika mungkin kaki, tangan, ataupun jari kamu tidak sengaja kejepit pintu tentu saja akan memberikan rasa sakit yang langsung menyeringai ke seluruh badan kamu bukan.

Terkadang bukan hanya memerah, dampak lain yang biasa terjadi ialah munculnya benjolan atau bengkak di area bagian tubuh ( jari, kaki, tangan dan sebagainya ) yang terjepit.

Lalu bila sudah benjol, apa yang harus kamu lakukan untuk mengobat atau mengurangi rasa sakit yang ada? Simak lebih lanjut artikel satu ini untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan diatas.

Benjolan dan cara mengobatinya

Lumrah dan wajar adanya bila bagian tubuhmu seperti jari kaki dan jari tangan terjepit akan menyebabkan bengkak atau benjolan.

Selain efek benjol atau bengkak, jari yang terjepit juga biasa akan menimbulkan efek langsung seperti kemerahan, rasa ngilu dan ‘nyut nyutan’, mati rasa, kesemutan, dan sulit untuk digerakan sementara waktu.

Jari atau bagian tubuh lainnya yang terjepit dan menimbulkan benjolan sebenarnya bukanlah masalah yang serius dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun bila benjolan yang muncul disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, rasa sakit yang parah dan kesulitan bergerak dalam jangka waktu lama maka kamu perlu segera mengkonsultasikan keadaan kondisi bagian tubuhmu itu ke dokter atau ahli medis terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang baik.

Nah bila kondisimu masih tergolong ringan dan hanya muncul benjolan serta kemerahan, kamu bisa mencoba beberapa cara sederhana dibawah ini untuk mengatasi rasa sakitmu seperti :

  • Terapi Air Dingin dan Hangat
    Pengobatan mudah dengan air hangat dan air dingin ini disebut Hidroterapi. Pengobatan ini dapat membantu bagian tubuh kamu yang membengkak. Ini dikarenakan air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan air dingin dapat mengurangi efek pembengkakan dan peradangan pada bagian tubuh yang benjol.

    Berikut cara mudah dari terapi air hangat dan dingin ini, pertama cukup siapkan2 mangkuk kecil, isi dengan air hangat 1 mangkuk, dan air dingin 1 mangkuk, rendam jari atau bagian tubuh lain ke dalam air hangat kira-kira 2-3 menit, lalu masukkan langsung ke rendaman air dingin selama 1 menit.

    Lakukan seperti ini terus menerus selama 15-20menitan. Ulangi rutin cara ini selama 2 hari. Niscaya benjolan dan bengkak kamu akan mulai menghilang dalam hari ke 3.

  • Mengangkat bagian tubuh yang bengkak
    Benjolan dan bengkak dapat terjadi ketika terjepit akibat darah yang tidak berjalan lancar sirkulasinya.

    Oleh sebab itu,untuk menghilangkan bengkak dan benjolan secara cepat, kamu bisa mengangkat bagian tubuhmu yang bengkak sehingga sirkulasi darah dapat berjalan lancar dan meringkankan rasa nyeri yang ada pada benjolanmu.

    Nah bila kamu letih, kamu bisa menempatkan beberapa bantal untuk membantu posisi tangan atau kaki atau bagian tubuh lainnya yang bengkak sehingga tetap terangkat.

  • Memijat dengan minyak hangat
    Seperti yang dijelaskan diatas bila terjepit, sirkulasi darah pada bagian tubuhmu tersebut akan mengalami hambatan dan menyebabkan benjolan. Nah kamu bisa memijat lembut bagian tubuhmu yang benjol dengan bantuan minyak hangat sehingga sirkulasi dan peredaran darahmu kembali lancar.

    Proses memijat ini juga dapat membantu kamu dalam melemaskan otot otot yang terkena efek terjepit serta merangsang otot otot kembali aktif dan tidak kaku.

    Kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun yang aman bagi kulitmu, cara menghangatkannya pun mudah, kamu bisa menghangatkan nya melalui microwave sebentar lalu pijat bagian tubuhmu selama 5-10 menit setiap pagi dan malam sehingga benjolanidan rasa nyer yang terjadi akibat terjepit akan berkurang dalam waktu singkat.

Efek trauma pada bagian tubuh yang terjepit

Seperti layaknya mental manusia yang bisa memiliki trauma akibat suatu kejadian yang cenderung mengagetkan, membuat shock atau membekas di hati. Begitupun bagian tubuh manusia.

Namun cedera pada beberapa bagian tubuh seperti pada jari maupun tangan akan memiliki gejala sepert rasa ngilu yang kadang datang tiba-tiba walaupun jari atau tangan sudah dalam kondisi baik dan pulih setelah terjepit. 

Namun keadaan seperti ini tidak usah kamu khawatirkan karena jarang terjadi kecuali bila dulunya kamu pernah terjepit dan meninggalkan jejak yang sukar disembuhkan. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit