Benarkah Rokok Herbal Membantu Berhenti Merokok?

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 2 menit
Benarkah Rokok Herbal Membantu Berhenti Merokok?

Banyak yang mengiming-ngimingi seorang perokok dapat berhenti merokok dengan menggunakan rokok herbal. Rokok herbal memang memiliki kandungan zat yang berbeda dibandingkan rokok konvensional. Rokok herbal memang tidak menggunakan bahan tembakau. Selain itu, rokok herbal menggunakan bahan-bahan herbal lainnya seperti kuntum bunga mawar, daun teratai, daun cengkeh, ampas tebu, daun selada kering, melati, dan ginseng.

Meski menggunakan bahan herbal, namun anda jangan langsung percaya terhadap klaim keamanan dari rokok herbal. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan menggunakan rokok herbal sebagai cara untuk berhenti dari merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Benarkah klaim keamanan rokok herbal?

Banyak yang mengklaim bahwa rokok herbal dijamin aman dan dapat dijadikan sebagai terapi untuk membuat seorang perokok berhenti merokok. Rokok herbal dipercaya aman sebagai pengganti dari rokok konvensional karena tidak mengandung zat berbahaya nikotin. Nikotin tidak hanya berbahaya terhadap risiko penggumpalan darah namun juga dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan terhadap rokok.

Secara fakta, rokok herbal memang tidak terbuat dari tembakau serta tidak memiliki peluang untuk membuat orang menjadi kecanduan. Namun, anda jangan terburu-buru memutuskan untuk mengkonsumsi rokok herbal karena ada beberapa poin yang harus anda ketahui sebelumnya.

Secara bahan, rokok herbal memang tidak terbuat dari tembakau dan tidak mengandung zat nikotin. Sesuai namanya, rokok herbal dibuat dari berbagai sayuran ataupun tanaman yang ketika anda bakar untuk dihisap memang dapat menyebabkan timbulnya berbagai zat berbahaya ketika dihisap. Zat berbahaya yang dapat timbul ini seperti tar, karbon dioksida, dan berbagai zat beracun lainnya. Sehingga perokok tetap terancam oleh berbagai risiko zat berbahaya meskipun yang dihisap dari rokok herbal.

Lantas Bagaimana Agar Dapat Berhenti Merokok

Memilih mengkonsumsi rokok herbal agar dapat menggantikan rokok konvensional yang mengandung nikotin bukan merupakan jalan yang tepat. Anda yang memang sudah memiliki keinginan besar untuk dapat berhenti merokok lebih baik melakukan langkah untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Bukan justru menggantikan kebiasaan tersebut dengan memilih jenis rokok yang lain. Beberapa langkah di bawah ini mungkin dapat membantu anda meninggalkan kebiasaan merokok:

Mulai berolahraga
Menggantikan kebiasaan merokok dengan kebiasaan berolahraga merupakan langkah awal terbaik yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah hidup sehat. Dengan rutin berolahraga, otak anda akan menghasilkan suatu senyawa kimia yang membuat keinginan merokok dalam diri anda berkurang.

Pilih makanan terbaik untuk dikonsumsi
Ada beberapa jenis makanan yang dapat merangsang kembali keinginan anda merokok setelah mengkonsumsinya. Hal ini dapat terjadi pada diri seorang perokok aktif karena mereka sudah merasakan rasa “nikmatnya” merokok. Makanan yang dapat menjadi pemicu keinginan merokok adalah daging. Ketika anda mengonsumsi daging, maka anda akan merasakan seolah-olah merokok itu semakin nikmat. Untuk mengurangi rangsangan ini anda sebaiknya menggantikan makan daging dengan sayuran, keju dan buah.

Berikan alasan yang kuat untuk berhenti merokok
Anda harus membuat alasan yang kuat mengapa anda ingin berhenti merokok. Terus mengulang-ngulang alasan ini dalam kepala anda hingga anda dapat tersugesti oleh perasaan tersebut. Sugesti ini merupakan penguat langkah anda untuk berhenti merokok.

Ganti jenis minuman
Tidak hanya mengatur makanan, namun untuk memulai berhenti merokok anda juga sebaiknya mengganti jenis minuman keseharian anda. Ganti minuman teh, cola, minuman soda dan kopi dengan minuman yang lebih sehat seperti jus dan air putih. Jenis minuman seperti kola, kopi dan teh dapat keinginan merokok semakin kuat karena rokok terasa seolah lebih nikmat.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are Herbal and "Natural" Cigarettes Safer?. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/stop-smoking/herbal-and-natural-cigarettes.aspx)
4 Natural Remedies to Help You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/natural-remedies-to-quit-smoking-89997)
Bak, Jong & Lee, Seung & Lim, Heung. (2015). Safety Assessment of Mainstream Smoke of Herbal Cigarette. Toxicological research. 31. 41-8. 10.5487/TR.2015.31.1.041.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/275046856_Safety_Assessment_of_Mainstream_Smoke_of_Herbal_Cigarette)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app