Kebiasaan Sehat

Begini Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok pada Remaja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Begini Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Merokok pada Remaja

Bukan hal yang asing lagi jika merokok merupakan salah satu kebiasaan yang berbahaya. Sebab, dengan merokok, maka kesehatan tubuh akan terganggu. Parahnya lagi, gangguan kesehatan tersebut tak hanya dialami oleh perokok aktif, melainkan juga perokok pasif. 

Apalagi, merokok kini tak hanya dilakukan orang dewasa, tapi juga anak kecil dan remaja. Peningkatan tersebut tentu sudah melalui penelitian.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Nah, semakin banyaknya jumlah perokok anak dan remaja, semakin membuktikan bahwa kesadaran akan bahaya merokok masih kecil. lalu, bagaimanakah cara supaya anak dan remaja tersebut berhenti merokok? Simak ulasannya berikut ini!

Alasan anak dan remaja merokok

Sebelum mengupas lebih lanjut mengenai cara berhenti merokok bagi anak dan remaja, ketahui dulu apa penyebab mereka menjadi perokok di usia dini. Ya, salah satu penyebabnya adalah lingkungan sekitar anak dan remaja dimana teman-temannya juga seorang perokok. 

Supaya tetap diterima di lingkungan tersebut, maka banyak anak dan remaja mulai mencoba merokok hingga akhirnya ketagihan. Tak hanya itu, anak juga cenderung menjadi seorang perokok ketika orang tuanya juga seorang perokok.

Lebih lanjut, usia anak dan remaja masih dalam tahap perkembangan otak terutama bagian lobus frontal. Bagian tersebut bertanggung jawab terhadap proses nalar untuk mengambil keputusan, interaksi, membentuk kepribadian, hingga menjalankan proses intelektual. 

Artinya, ketika lingkungan tidak baik, si anak belum sanggup untuk memutuskan mana yang buruk dan mana yang baik karena bagian otak tersebut belum sepenuhnya matang hingga usia anak mencapai 20-an tahun.

Tips berhenti merokok bagi anak dan remaja

Nah, mumpung masih usia kecil dan perkembangan otak belum sepenuhnya sempurna, akan lebih mudah untuk memberitahu anak bahwa merokok adalah kebiasaan yang buruk. 

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Dalam hal ini peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu supaya anak dan remaja dapat berhenti merokok lebih awal. Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan.

Awali dengan niat untuk berhenti

Ketika menyadari bahwa merokok tersebut merupakan aktivitas yang buruk, akan lebih baik jika langsung untuk menghentikannya. Sekali lagi, berhenti merokok tidak dapat berlangsung secara instan. Perlu niat dan tekad yang harus datang dari pribadi. Jika perlu, katakanlah komitmen tersebut pada diri sendiri.

Untuk tahap awal, Anda dapat mengurangi jumlah batang rokok yang dihabiskan setiap hari. Sebagai gantinya, kunyahlah permen atau makan kuaci untuk mengganjal mulut Anda. Selain itu,menjauh dari lingkungan para perokok aktif adalah cara yang sebaiknya Anda lakukan. 

Selain mempermudah niat Anda merokok, juga menghindari efek dari perokok pasif akibat asap rokok.

Peran orangtua dan lingkungan sekitar

Selain niat dari dalam diri sendiri, untuk berhenti merokok juga membutuhkan dukungan dan peran dari orang tua. Dukungan pertama yang harus dicontoh berupa kebiasaan merokok yang dikurangi. Apalagi bagi orangtua perokok, sebaiknya mulai belajar bersama untuk berhenti dari merokok. 

Berikan penjelasan yang lebih detail mengenai dampak dari merokok bagi kesehatan tubuh. Jabarkan pula penyakit apa yang diakibatkan oleh merokok.

Tahukah Anda, desakan dari luar sebenarnya juga cukup membantu anak supaya berhenti dari merokok. Misalnya, buatlah aturan ketat yang memastikan anak tidak memiliki kesempatan untuk merokok. Jika perlu, tentukan tanggal anak harus mulai berhenti dari kebiasaan tersebut. 

Apabila berhasil melakukannya, jangan lupa untuk memberikannya pujian dan penghargaan. Dengan demikian, anak akan lebih termotivasi untuk benar-benar berhenti dari merokok.

Nah, itulah cara berhenti merokok bagi anak dan remaja yang sebaiknya dilakukan. Jika ada kebiasaan baik bagi tubuh, mengapa tidak dicoba?

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
BEYOND PREVENTION: HELPING TEENS QUIT SMOKING. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/docstore/tobacco/ntday/ntday98/ad98e_10.htm)
Strategies to promote smoking cessation among adolescents. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4934162/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app