Kesehatan Fisik

Bahaya Menghilangkan Bulu Hidung

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Bahaya Menghilangkan Bulu Hidung

Setiap bagian dari tubuh manusia sudah diciptakan oleh Tuhan yang tentunya memiliki fungsi dan tugasnya masing masing dalam menjaga kesehatan manusia. 

Begitupun dengan kehadiran para bulu bulu di sekujur tubuh manusia, baik itu bulu di kepala yang kita kenal dengan sebutan rambut, bulu di ketiak, bulu di kemaluan, bulu di tangan dan kaki, bahkan bulu di hidung.  

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun ada sebagian orang di dunia ini yang ternyata tidak menyukai kehadiran beberapa bulu tersebut di bagian tubuh tertentu seperti kehadiran bulu di hidung dan menggunakan beberapa cara untuk menghilangkan bulu di hidung tersebut baik dengan cara mencabutnya atau mencukurnya atau menguntingnya dan semacamnya. 

Lalu tahukah kamu bahwa menghilangkan bulu di hidung ternyata memilik efek negatif bagi kesehatan hidungmu ? Yuk simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui efek dan dampak negatif apa saja bila kamu secara sengaja menghilangkan bulu di hidungmu.

Bulu hidung

Seperti fungsi bulu lainnya di beberapa bagian tubuh manusia, bulu di hidungpun memiliki fungsi untuk melindungi tubuh manusia dari berbagai bakteri dan virus yang ingin masuk ke tubuh melewati rongga hidung. 

Ya manusia memang bernafas menggunakan rongga hidungnya sehingga udara akan keluar dan masuk melewati rongga hidung. 

Disinilah bulu memiliki fungsi yang sangat vital dalam menyaring dan memfilter udara yang masuk sehingga dapat meminimalisir masuknya bakteri dan virus serta berbagai kotoran yang secara tidak sengaja ikut terhirup saat manusia sedang bernafas. 

Bulu hidung diciptakan Tuhan sebagai penyaring yang unggul dalam menyaring segala macam bakteri, jamur, virus, infeksi, debu, spora, kuman dan berbagai patogen lainnya yang bersifat jahat dan ingin memaksa masuk ke dalam tubuh manusia. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Efek negatif menghilangkan bulu hidung

Melihat fungsinya yang begitu penting dan vital maka segala aktifitas dengan tujuan menghilangkan bulu di hidung seperti mencabut ataupun mencukur sebenarnya sama sekali tidak disarankan. 

Namun kadang kehadiran bulu hidung memang dapat mengganggu nilai estetika seseorang dimana bulu hidung tumbuh secara lebat sehingga terasa mengganggu penampilan orang tersebut dan membuat orang tersebut ingin sekali mencabutnya. 

Nah sebelum kamu ingin mencabut bulu hidungmu, lebih baik kamu melihat beberapa efek negatif dan bahaya nya bagi kesehatan bila kamu mencabut paksa bulu hidungmu seperti :

  • Pendarahan pada rongga hidung
    Mencabut dan mencukur paksa bulu di hidungmu yang tentunya berukuran sangat kecil bukanlah perkara yang mudah dan harus kamu lakukan dengan ekstra hati hati. 
  • Bila kamu mencabutnya dengan paksa, maka otomatis bagian di dalam hidungmu akan berdarah dan menyebabkan luka disertai rasa sakit dan perih. Sebaiknya tidak mencabut paksa bulu di hidungmu untuk menghindari luka yang akan membuat hidungmu sakit dan tak nyaman.
  • Infeksi
    Umumnya bila kamu mencabut bulu di hidungmu, selain akan menyebabkannya berdarah maka juga akan membuat luka di hidungmu. Luka yang berada di dalam rongga hidung tentunya sangat kecil dan sulit dilihat secara kasat mata. 

    Ini menyebabkan banyak orang yang tidak memperdulikan luka bekas cabutan ini, namun tahukah kamu bahwa bakteri dan kuman dapat masuk ke dalam tubuhmu melewati luka kecil yang tidak kamu rawat dan bersihkan dan menjadi infeksi baru di tubuhmu.

    Infeksi yang terjadi dikhawatirkan akan membawa penyakit baru baik di rongga hidungmu maupun tempat lainnya karena bakteri dan kuman yang masuk bisa berpindah bebas di dalam tubuhmu

    Bahkan di beberapa kasus, bakteri dapat masuk ke bagian otak dikarenakan letak hidung yang dekat dengan otak dan menimbulkan infeksi pada otakmu dan menyebabkan penyakit serius di bagian otak.

Bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi bulu di hidung ?

Bila memang bulu di hidungmu tumbuh secara lebat dan melebihi batas tinggi lubang hidungmu, ada satu cara aman untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengguntingnya. Namun perlu diingat untuk tidak menggunting habis seluruh bulu di hidungmu. 

Hanya gunting bagian yang memang sudah keluar dari batas lubang hidung saja. Cuci terlebih dahulu kedua tanganmu, gunakan gunting baru yang bersih dan steril lalu gunting kelebihan bulu hidungmu dengan sangat hati hati sehingga tidak menyebabkan luka pada bagian dalam rongga hidungmu. 

Ingat jangan pernah untuk menghilangkan seluruh bulu di hidungmu karena fungsinya sangat penting dan vital bagi kesehatan seluruh tubuhmu.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nose hair removal: Best methods and what to avoid. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326920)
Nose Hair Removal: Methods to Try and Methods to Avoid. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/nose-hair-removal)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app