Bagaimana Merawat Kesehatan dan Keindahan Rambut dengan 5 Tips Detoks Ini

Untuk mengeluarkan racun yang ada pada rambut Anda dan digantikan dengan nutrisi yang baru, Anda bisa melakukan detoks untuk mendapatkan rambut yang nampak sehat dan berkilau. Untuk itu Anda bisa memilih 5 cara detoks alami ini yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Merawat Kesehatan dan Keindahan Rambut dengan 5 Tips Detoks Ini

Rambut merupakan salah satu organ penting bagi manusia yang memberikan keindahan pada tampilan kepala Anda. Oleh karena itu, kondisi rambut bisa menjadi gambaran dari kondisi kesehatan tubuh. Sebagai contoh rambut yang kusam, tipis dan gampang rontok menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Mudahnya rambut terpapar polusi dan bahan kimia lainnya juga membuat Anda harus pintar-pintar menjaga kesehatan rambut. Detoks rambut merupakan salah satu solusi untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut Anda. Bagaimana caranya?

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Cara Detoks Alami Untuk Rambut Anda

Gunakan Sampo Yang Sesuai Dengan Jenis Rambut Anda

Memilih sampo yang tepat untuk jenis rambut Anda merupakan salah satu cara detoks paling mudah rambut Anda. Memiliki kulit kepala yang bebas debu dan minyak sangat berpengaruh dalam menjaga petumbuhan rambut. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat, rawatlah kulit kepala Anda secara teratur.

Berhenti Menggunakan Peralatan Styling Rambut

Banyak orang yang ingin tampil menawan dengan menata rambut mereka sedemikian rupa menggunakan alat styling rambut. Akan tetapi banyak yang tidak sadar bahwa penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering, bisa memicu kerusakan pada rambut Anda yang mengakibatkan rambut cepat kusam dan rapuh. Oleh karena itu, menghentikan penggunaan alat styling rambut merupakan salah satu solusi untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan indah.

Gunakan Baking Soda

Kandungan sodium karbonat dalam baking soda dipercaya dapat membantu membersihkan zat-zat kimia yang ditinggalkan oleh produk rambut yang Anda pakai. 

Anda bisa menggunakan campuran baking soda ketika Anda keramas. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda bersama sampo ketika Anda keramas. Usapkan ke bagian batang rambut sampai merata, kemudian bilas dengan air bersih.

Gunakan Minyak Zaitun

Banyak produk sampo dan perawatan rambut yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama mereka. Karena pada dasarnya minyak zaitun memang bermanfaat untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan serta menjaga rambut agar tetap lembab. 

Cara pemakaiannya sangat mudah. Anda hanya perlu memanaskan minyak zaitun selama kurang lebih 10-15 detik saja, kemudian oleskan secara merata pada rambut Anda dalam kondisi kering. Lalu tutup kepala Anda dengan penutup berbahan plastik dan tunggu selama kurang lebih 20 menit. Buka penutup kepala, bersihkan menggunakan air hangat dan sampo seperti Anda keramas biasanya.

Gunakan Telur

Kandungan protein dan asam amino pada telur berfungsi untuk memperkuat rambut dan membuat rambut Anda lebih berkilau dan bervolume.

Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan sebutir telur dan sampo pada sebuah wadah. Aduk keduanya hingga tercampur sempurna. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada rambut Anda dan lakukan pemijatan. Diamkan kurang lebih 15 menit, setelah itu bersihkan menggunakan air hangat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Detox Your Hair. Health.com. (https://www.health.com/beauty/10-ways-to-detox-your-hair)
Hair Detox: 8 Methods to Stay Natural, Scalp Care, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/hair-detox)
12 home remedies for dry hair. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app