Bagaimana Mencuci Buah yang Benar?

Dipublish tanggal: Jun 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Mencuci Buah yang Benar?

Buah adalah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh demi melengkapi berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan. Dibandingkan dengan menambahkan gula ke dalam jus, lebih baik buah dikonsumsi secara langsung. Tapi, sebelum dikonsumsi tentu saja Anda harus mencuci buah terlebih dahulu. 

Ternyata cara mencuci buah itu tidak sembarangan. Ada berbagai cara yang tepat agar buah dapat benar-benar steril.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Cara mencuci buah yang benar

Buah-buahan yang ditanam oleh petani langsung di kebun biasanya menggunakan pestisida demi menghilangkan hama. Pestisida ini memang sangat membantu kerja petani, namun tidak baik dan cenderung berbahaya jika dikonsumsi. 

Cara yang tepat untuk menghilangkan kandungan pestisida pada buah adalah mengalirkan air selama 30 sampai 60 detik lamanya pada berbagai buah yang hendak dikonsumsi.

Setelah dibilas, berbagai buah-buahan selanjutnya bisa Anda bersihkan lebih jauh dengan cara menggosok kulitnya. Menggosok atau membilas ini menjadi poin yang tidak kalah penting bagi Anda jika buah hanya direndam saja tidak akan bisa menghilangkan kuman dan bakteri lainnya pada buah.

Disarankan supaya Anda menggunakan sikat gigi agar kotoran pada buah luntur dengan sempurna.

Berikutnya ketika membersihkan buah Anda harus melewati proses perendaman buah di dalam air mengalir. Proses seperti ini kerap kali terlewatkan karena dianggap tidak banyak mempengaruhi kebersihan buah. 

Padahal pada nyatanya tidak semua buah bisa langsung bersih hanya dengan melewati berbagai cara di atas. Setelah perendaman selesai, Anda bisa membilas buah di bawah air mengalir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Perhatikan kebersihan tangan anda

Di samping hanya memerhatikan langkah tepat dalam pencucian buah, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya. Sesaat sebelum mencuci buah, Anda harus memperhatikan kebersihan tangan Anda terlebih dahulu. 

Pastikan tangan Anda dalam kondisi steril, yakni dengan cara membilas tangan menggunakan sabun ketika hendak membersihkan atau mencuci berbagai macam buah-buahan.

Kebersihan tangan ketika mencuci buah dianggap sebagai metode pencucian buah yang tepat karena dengan memastikan tangan steril, buah lebih mudah dibersihkan. Lain ceritanya jika tangan Anda terasa begitu kotor karena memegang sebuah benda atau lain sebagainya. 

Ini otomatis tidak bagus untuk mensterilkan buah karena dari tangan Anda sendiri bisa memaparkan kemungkinan bakteri dan kuman.

Tips mencuci buah dengan cuka

Selain hanya mencuci dengan air, ada tips lain yang dipercayai bisa membersihkan buah-buahan dari kotoran secara permanen. Pertama berbagai cairan yang bisa digunakan untuk mensterilkan buah adalah cuka yang dikombinasikan dengan air. 

Penjelasannya adalah Anda cukup mencampurkan air serta cuka dengan perbandingan 1:3, kemudian semprotkan kepada buah-buahan supaya segala kuman bisa hilang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Cara berikutnya yang harus dilakukan demi membersihkan buah dari berbagai kuman dan bakteri adalah merendam buah selama beberapa waktu dalam larutan air dan cuka. Perbandingannya tetap sama, yakni 1:3. 

Perendaman ini dilakukan setelah semua proses pencucian pada buah selesai dilakukan. Perendaman beberapa lama dipercayai lebih efektif daripada sekedar menyemprotkan air bercampur cuka pada buah.

Tips paling sederhana dalam memilih buah berkualitas bagus adalah dengan memperhatikan secara kasat mata saja. Dalam artian bahwa Anda bisa dengan langsung melihat dan meraba apakah buah tergolong bagus atau cenderung akan membusuk. 

Jika teksturnya sudah melembek dan mulai tercium bau tidak segar maka sebaiknya jangan membeli buah tersebut. Pemilihan buah ini sangat mempengaruhi kualitas buah.

Konsumsi buah untuk tubuh adalah hal yang sangat dianjurkan bahkan dibutuhkan, untuk itu memilih buah segar adalah hal penting.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 Tips for Cleaning Fruits, Vegetables. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/7-tips-cleaning-fruits-vegetables)
How to Wash Vegetables and Fruit Before Eating. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/how-to-wash-fruits-and-vegetables-2505943)
Do you need to wash fruits and vegetables?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327028)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app