Bagaimana Agar Pasangan Berhenti Merokok? Begini Tipsnya

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Agar Pasangan Berhenti Merokok? Begini Tipsnya

Bahaya rokok tidak hanya mengintai perokok itu sendiri, melainkan juga orang-orang di sekitarnya. Nah, jika Anda memiliki pasangan yang suka merokok dan merasa terganggu serta khawatir apabila kesehatannya terganggu. Sebaiknya bantulah dia untuk bisa sembuh dari kecanduan rokok. Berikan dukungan agar keinginan untuk berhenti datang dari sendiri.

Untuk lepas dari kebiasaan merokok tidaklah mudah, karena nikotin merupakan zat adiktif. Karena itulah support dari pasangan sangat dibutuhkan. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika ingin pasangan Anda bebas dari kebiasaan merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ulasan lebih lengkapnya bisa ditemukan dibawah ini.

13 Tips agar Pasangan Berhenti Merokok

Dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri dan juga dukungan dari lingkungan sekitar untuk menghentikan kebiasaan merokok. Bagi Anda yang memiliki pasangan perokok, sebaiknya waspada akan dampak buruk yang dihasilkan kelak. Potensi untuk terkena penyakit kanker, serangan jantung, paru-paru, dan masalah kesehatan lainnya cukup besar. Tidak hanya itu, penyakit-penyakit tersebut juga bisa menjangkiti Anda.

Jika ingin pasangan Anda berhenti merokok, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Beberapa diantaranya adalah:

  • Cari tahu fakta mengenai bahaya rokok terutama bagi Anda dan keluarga sebagai perokok pasif. Cara ini diharapkan bisa menarik perhatian pasangan untuk mau berhenti merokok.
  • Ekspresikan perasaan Anda dengan bijak dan beritahu pasangan bahwa Anda khawatir akan kesehatan pasangan. Jangan bicarakan persoalan ini dengan emosi karena bisa memicu perdebatan yang sengit.
  • Menyarankan pasangan untuk mengurangi sedikit demi sedikit jumlah rokok yang dihisap per harinya. Dengan langkah ini lama-kelamaan pasangan Anda bisa terbebas dari rokok sepenuhnya.
  • Membuat daftar mengapa pasangan Anda memilih merokok dan manfaat apa saja yang didapatkan jika berhenti merokok.
  • Untuk berhenti merokok, perokok biasanya akan mencoba beberapa kali. Selalu beri dukungan meskipun pasangan Anda pernah gagal. Yakinkan kalau kali ini pasangan Anda akan berhasil.
  • Bantu pasangan Anda menentukan deadline kapan akan berhenti merokok. Jika sudah ditentukan, beri dukungan dengan mengalihkan keinginan merokok dengan kegiatan lain yang sehat.
  • Ajak pasangan Anda untuk bergabung dengan komunitas yang berhasil lepas dari kecanduan rokok. Cara ini akan membuat pasangan Anda merasa mendapat dukungan dari banyak pihak.
  • Mencatat kapan pasangan Anda memiliki keinginan untuk merokok lagi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan membuat pola sehingga tujuan untuk berhenti merokok bisa berjalan dengan lancar.
  • Memberikan saran agar pasangan Anda pergi ke tempat-tempat yang dilarang merokok. Sebaiknya habiskan banyak waktu dengan teman-teman yang tidak merokok agar bisa terhindar dari godaan rokok.
  • Jika gagal, berikan dorongan untuk mencoba lagi dan cari tahu alasan mengapa bisa gagal. Tetap berikan semangat serta yakinkan dan percaya jika suatu hari nanti bisa berhasil.
  • Sesekali tanyakan apa yang pasangan Anda butuhkan. Gejala stres bisa muncul diawal saat pasangan Anda memutuskan berhenti merokok.
  • Tidak ada salahnya memberikan pujian dan hadiah jika pasangan Anda berhasil mencapai target tertentu yang berkaitan dengan proses berhenti merokok.
  • Mengkritik pasangan yang memiliki kebiasan merokok justru akan menghasilkan hal sebaliknya. Pasangan Anda akan semakin ketergantungan dengan rokok karena bisa membuatnya lebih tenang.

Ketigabelas tips yang disebutkan di atas bisa membantu membebaskan pasangan Anda dari jerat rokok. Peran Anda sangat penting, tidak hanya memberikan dukungan tetapi juga memastikan tahapan tersebut dilakukan dengan benar.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 tips to support your quitter. (n.d.)
Do I have nicotine withdrawal? (n.d.)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app