5 Cara Atasi Bad Mood

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Atasi Bad Mood

Setiap orang pasti ingin hidup dengan suasana hati (mood) yang selalu ceria, namun terkadang masalah datang dalam kehidupan dan membuat mood Anda menjadi buruk. Kondisi ini jika dibiarkan tentu bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari dan juga berdampak pada orang di sekitar.

Kondisi ini bisa saja berubah secara mendadak yang disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Misalnya, ketika Anda berangkat kerja, suasana hati Anda mungkin bersemangant dan ceria, tetapi mood tiba-tiba berubah menjadi tidak baik saat sudah sampai di tempat kerja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Menurut penelitian, salah satu penyebab terjadinya perubahan suasana hati adalah karena faktor emosi. Menariknya, mood yang menyenangkan ataupun menyedihkan memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkungan sosial. Jadi jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang ceria, besar kemungkinan hal yang sama akan Anda rasakan. Begitu juga sebaliknya, jika teman di sekitar Anda memiliki suasana hati yang buruk maka akan ada kemungkinan mood Anda bisa berubah menjadi buruk.

Baca juga: Alasan Penyebab Bad Mood

Bad Mood Bisa Menular, Benarkah?

Menularnya mood dari satu orang ke orang lain secara psikologis dinamakan dengan penularan emosional, di mana terdapat 3 tahapan yang dilalui:

  • Tahapan pertama terjadi ketika Anda melihat gestur tubuh dan wajah seseorang. Dari situlah Anda juga akan merasakan kesedihan jika melihat wajah seseorang yang sedih
  • Tahapan kedua terjadi ketika Anda berpikir mengapa seseorang merasa sedih dan apa yang terjadi dengan orang tersebut
  • Tahapan terakhir terjadi ketika seseorang yang merasa sedih tersebut bercerita kepada Anda seputar masalah yang menyebabkannya sedih

Penularan mood tersebut hanya akan terjadi di lingkungan sosial Anda. Semakin dekat Anda dengan seseorang, semakin besar kemungkinan Anda akan tertular atau menularkan mood kepada orang tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa penularan emosi ini sering terjadi pada seseorang yang memiliki rasa empati tinggi.

Tips Mengatasi Bad Mood agar Anda Selalu Ceria

Jika Anda tertular perasaan yang menyenangkan, hati Anda pun akan ikut bahagia. Namun bagaimana bila bad mood yang menular? Bisa jadi aktivitas harian Anda akan terganggu dan menimbulkan berbagai masalah baru yang tidak menyenangkan. Nah, Jika Anda mengalami bad mood, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya, termasuk:

  1. Berkonsentrasi pada satu hal saja dan jangan biarkan pikiran Anda memikirkan banyak hal lainnya karena dengan fokus pada hal yang Anda kerjakan saat ini, maka suasana hati yang buruk (bad mood) tidak mudah dirasakan
  2. Lakukan hal-hal yang bersifat positif seperti mendengarkan lagu dengan irama riang atau menonton film yang Anda sukai agar mood jelek yang Anda rasakan bisa cepat reda dan menghilang
  3. Menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan fisik dan mental Anda
  4. Cobalah mengonsumsi makanan setiap 3-4 jam sekali. Karena ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa memperbaiki mood Anda seperti telur, pisang, alpukat, tomat, cokelat, dan ubi manis.
  5. Berjalanlah keluar ruangan sembari menikmati udara segar atau melakukan aktivitas yang Anda sukai misalnya berbelanja atau pergi ke salon, mungkin bisa menjadi cara ampuh untuk mengembalikan mood bahagia Anda

Baca juga: Diet Sehat Untuk Meningkatkan Mood

Jadi jika Anda ingin mengatasi mood yang jelek, kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Fokuslah pada apa yang Anda kerjakan saat ini dan nikmati hidup dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu, maka kondisi suasana hati Anda akan terjaga dan tidak mudah tertular virus bad mood dari lingkungan sekitar. 

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why am I in such a bad mood? (2015). (https://kidshealth.org/en/teens/bad-mood.html)
Shobeiri F, et al. (2017). Effect of calcium on premenstrual syndrome: A double-blind randomized clinical trial. DOI: (https://doi.org/10.5468/ogs.2017.60.1.100)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app