Apakah Luka di Siang Hari Lebih Cepat Sembuh Dibanding Malam Hari?

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apakah Luka di Siang Hari Lebih Cepat Sembuh Dibanding Malam Hari?

Tahukah Anda, jika tubuh terlindungi oleh lapisan bernama kulit pada hampir seluruh permukaan tubuh. Kulit juga memiliki fungsi utama sebagai pelindung organ-organ di dalam tubuh sekaligus berfungsi sebagai salah satu indera manusia.

Kulit manusia tersusun oleh rangkaian sistem yang unik, secara sistematik tubuh membentuk pelindung yang dihasilkan dari berbagai sel dan jaringan yang membuat Anda tetap memiliki keseimbangan tubuh. Kemudian apabila permukaan kulit mengalami luka, baik karena goresan maupun sayatan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Maka dengan segera jaringan pada kulit akan bereaksi. Salah satunya adalah timbul rasa perih akibat jaringan kulit yang rusak atau pecah. Dengan demikian Anda perlu mendapatkan pertolongan pertama pada luka seperti dengan segera membersihkan luka dan menghentikan pendarahan.

Menyoal luka yang Anda alami, ternyata memiliki kadar kesembuhan yang berbeda sesuai waktu terjadinya luka tersebut, yakni siang hari dan malam hari. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Sebuah Penelitian Menjawabnya

Berawal dari sebuah laboratorium yang meneliti beberapa sel yang dikembangkan dari sel yang bernama fibroblas. Dimana sel tersebut diambil pada waktu yang berbeda, yakni sebagian diambil pada waktu siang hari dan sebagian lainnya diambil pada waktu malam hari. 

Hasilnya adalah sel fibroblas yang diambil pada siang hari memiliki kemampuan regenerasi lebih cepat, dibandingkan dengan sel fibroblas yang diambil pada malam hari.

Selanjutnya dilanjutkan pada efek yang timbul pada manusia tentang waktu seseorang mengalami luka. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa keterangan rekam medis pasien di unit luka bakar yang berada di Inggris dan Wales dengan rentang usia 18 sampai dengan 60 tahun.  

Hasilnya adalah orang dengan luka bakar pada malam hari memerlukan waktu lebih lama untuk kembali pulih, dibandingkan dengan seseorang yang mengalami luka bakar pada siang hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Setidaknya pada pasien yang terkena luka bakar pada malam hari memerlukan kadar pulih sebesar 95 persen selama kurang lebih 28 hari. Sedangkan pasien dengan luka bakar siang hari hanya membutuhkan waktu pulih 17 hari untuk kesembuhan 95 persen.

Apa Hubungan Waktu Luka dengan Pemulihan Luka?

Secara medis dan biologis, manusia memiliki jam atau waktu tertentu yang berfungsi mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh seseorang selama kurun waktu sehari semalam, dimana istilah ini sering disebut dengan Ritme Sirkadian.

Pada dasarnya jam biologis ini juga didukung oleh sel-sel tubuh yang memiliki kemampuan mengatur si pemilik tubuh selama kurang lebih 24 jam. Dengan demikian kemampuan ini akan berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh dan konsumsi sehat hariannya sehingga asupan gizi tubuh terpenuhi.

Kemudian cepat dan lambatnya pemulihan luka juga bergantung pada tindakan cepat yang bisa dilakukan, baik oleh si pasien sendiri maupun oleh para tenaga medis. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan membersihkan luka dan membalut luka untuk sementara sampai pasien mendapatkan penanganan serius.

Bermanfaat untuk Menghindari Infeksi

Tentu saja hasil penelitian tersebut menguntungkan banyak pihak, terutama para spesialis di bidang medis dan pasien. Sehingga akan ditemukan tindakan dan pencegahan yang cepat supaya pasien cepat mengalami fase pemulihan luka yang dialaminya.

Luka yang cepat pulih akan membantu pasien untuk menghindari infeksi pada luka, karena luka akan pulih dengan segera. Agar luka cepat sembuh, salah satu cara adalah menghindari kontak dengan air. Di samping itu juga sangat penting untuk menjauhkan luka dari hal-hal yang potensial menimbulkan infeksi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Daytime Wounds May Heal Faster Than Nighttime Ones. Drugs.com. (https://www.drugs.com/news/daytime-wounds-may-heal-faster-than-nighttime-ones-67680.html)
Daytime wounds heal faster.' I'm not convinced. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320033)
Daytime wounds may heal faster. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/news/medical-practice/daytime-wounds-may-heal-faster/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app