Anak Akur dengan Tidur

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 1 menit
Anak Akur dengan Tidur

Jika anak mengalami gangguan tidur di malam hari, sebagai orang tua tentunya akan menjadi khawatir. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi gangguan yang meneror dan membuat anak bermusuhan dengan tidur.

Mengatasi Anak Mengalami Gangguan Tidur

1. Pastikan Anak Merasa Nyaman

Ciptakan suasana yang menyenangkan serta nyaman di dalam kamar tidur anak. Kondisi kamar yang teduh dan memiliki pencahayaan yang cukup akan menstimulasi otak anak untuk beristirahat dengan tenang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 45

2. Singkirkan Benda Tajam

Singkirkan benda-benda yang berpotensi melukai anak. Dikhawatirkan saat tengah histeris setelah diserang teror dalam tidur, anak tidak menyadari gerakannyanya dan malah terantuk benda-benda yang dapat mencederai mereka.

3. Beri Waktu

Berikan anak anda waktu untuk berkeluh kesah. Mengemukakan kekhawatiran bukan berarti anak anda berkepribadian lemah. Dengan menciptakan komunikasi yang lancar, hal-hal yang menjadi beban pikiran anak akan berkurang.

4. Jangan Menjustifikasi

Memojokkan anak dengan sindiran-sindiran bukanlah langkah tepat. Mungkin niatan anda untuk memotivasi agar anak lebih berani. Pada kenyataannya, teror tidak dapat hilang dalam waktu singkat.

Satu hal yang harus anda ingat, teror yang berulang tiap malam bukanlah sesuatu yang dikehendaki oleh buah hati anda. Dukungan dan kepercayaan anda justru akan membantu anak untuk membentuk mentalnya.

Sampaikan pada anak anda, bahwa tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluar. Begitu pula dengan keadaan yang menjadi beban pikiran mereka, yakinkan bahwa tidak ada yang akan melukai anak anda.

 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
To Help Children Sleep, Go Dark. The New York Times. (https://www.nytimes.com/2018/03/05/well/family/children-sleep-light-melatonin.html)
Child sleep: Put preschool bedtime problems to rest. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/child-sleep/art-20044338)
Kids and Poor Sleep: A Habit That’s Breakable. Yale Medicine. (https://www.yalemedicine.org/stories/sleep-training/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app