Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Kebiasaan Sehat

Akupunktur Hingga Hipnosis, Ragam Metode Stop Kebiasaan Merokok

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 803.220 orang

Akupunktur Hingga Hipnosis, Ragam Metode Stop Kebiasaan Merokok

Efek candu yang ditimbulkan oleh rokok, memang membuat banyak orang susah untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi dalam sehari saja termasuk susah, apalagi menghentikannya. 

Namun, jangan khawatir, masih banyak cara untuk bisa membuat Anda bisa berhenti merokok kok. Simak baik-baik caranya di bawah ini, ya!  

  • Akupunktur

Metode pengobatan ala Cina ini memang tak hanya bisa diandalkan untuk mengobati penyakit, namun juga dapat menghilangkan ketergantungan pada rokok. Jarum akupunktur biasanya akan ditusukkan pada titik akupresur di bagian telinga pasien, karena titik tersebut berhubungan dengan saraf yang menimbulkan candu. 

Rasa candu rokok yang muncul pun jadinya dapat ditekan.

Selain itu, Anda biasanya juga dianjurkan untuk menggunakan biji akupunktur untuk diletakkan di telinga. Biji akupunktur ini juga akan membantu menghilangkan candu, serta efek naik turunnya emosi setelah Anda mencoba berhenti merokok. 

Anda yang biasanya merasa tegang, gelisah, dan marah karena tak bisa merokok, akan jadi lebih tenang dan rileks.

  • Hipnotis

Metode selanjutnya untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan hipnotis. Saat Anda dihipnotis, Anda akan tetap dapat mendengarkan sugesti yang diberikan orang lain, walau Anda dalam kondisi tak sadar. 

Pada saat dihipnotis, tingkat konsentrasi meningkat dan Anda akan lebih mematuhi sugesti untuk berhenti merokok yang diberikan oleh orang yang menghipnotis.

Biasanya, selain memberikan sugesti untuk berhenti merokok, pasien juga akan diminta untuk membayangkan efek buruk yang ditimbulkan rokok. Anda mungkin diminta untuk membayangkan diri Anda berada di situasi yang penuh asap, sehingga Anda tak bisa bernapas bebas. 

Rasa tak nyaman yang timbul, diharapkan membuat Anda enggan kembali merokok. 

  •  Terapi laser

Jika akupunkturis menggunakan jarum untuk menekan titik akupresur, pada terapi laser malah menggunakan sinar laser untuk menstimulasi titik tersebut. Sinar laser yang digunakan dalam terapi ini termasuk aman, karena hanya menggunakan level yang rendah. 

Titik akupresur yang distimulasi dengan sinar laser berkaitan dengan rasa candu, metabolisme tubuh, dan stres. 

Berbeda dengan akupuntur yang lebih menitikberatkan stimulasi di bagian telinga, laser malah diarahkan ke wajah, tangan, dan pergelangan tangan. Stimulasi seperti ini akan membuat sistem saraf merilis endorfin dalam jumlah banyak, layaknya kondisi saat Anda merokok. 

Selain menekan candu, terapi ini juga dapat membantu Anda melawan stres yang timbul karena berhenti merokok.

  • Yoga

Yoga membantu Anda bebas dari kebiasaan merokok dengan cara menimbulkan rasa nyaman, tenang, dan bebas dari stres. Semua kondisi ini termasuk mustahil Anda rasakan, pada masa awal Anda memutuskan untuk berhenti merokok. 

Begitu banyak teknik serta posisi dalam yoga, yang dapat membuat diri Anda lebih fokus, sehingga dapat melupakan kegelisahan karena tak merokok.

Salah satu teknik pernapasan dasar dalam yoga yang bisa Anda lakukan adalah deep breathing. Saat rasa candu muncul, tarik napas dalam-dalam hingga paru-paru Anda dipenuhi dengan udara. Berhenti selama satu menit, lalu hembuskan semua udara tersebut. 

Lakukan teknik pernapasan seperti ini berulang-ulang dalam keadaan mata tertutup, hingga Anda merasa lebih tenang.

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok Anda. Di antara metode di atas, Anda bisa memilih metode mana yang sekiranya cocok untuk diri Anda. 

Ada baiknya juga Anda meminta rekomendasi dari ahli kesehatan seperti dokter, agar dapat menemukan metode terbaik untuk menghentikan kecanduan Anda atas rokok.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit