9 Langkah Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas Pestisida

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
9 Langkah Mencuci Buah dan Sayur agar Bebas Pestisida

Sayuran dan buah-buahan yang Anda beli di pasar atau supermarket pada umumnya masih mengandung pestisida pada bagian luarnya. Penggunaan bahan kimia ini memang kerap digunakan oleh petani di Indonesia untuk mencegah gagal panen. 

Sebenarnya Anda tak perlu cemas dengan pemakaian pestisida pada buah dan sayur, tetapi yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan buah dan sayuran tersebut sebelum mengonsumsinya dengan mencuci buah dan sayur secara benar agar terbebas dari kandungan pestisida.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Mengapa buah dan sayuran harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi? Pestisida merupakan zat beracun yang cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Selain itu, zat kimia tersebut juga bisa menyebabkan cacat, kerusakan sistem saraf dan reproduksi, serta menjadi penyebab kanker. Maka dari itu, Anda wajib mencuci buah dan sayur agar kesehatan tubuh tetap terjaga serta terhindar dari kuman penyakit.

Baca juga: Apakah Perlu Mengupas Kulit Buah dan Sayur?

9 Langkah Membersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang cukup mudah melekat oleh residu pestisida, di antaranya seperti apel, seledri, peach, stroberi, anggur, bayam, paprika, sawi, kale, dan kentang. Untuk menghilangkan residu pestisida dari buah dan sayur ada 9 langkah yang harus Anda lakukan termasuk:

  1. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mencuci buah dan sayuran
  2. Pisahkan buah dan sayuran yang Anda beli dengan bahan makanan lainnya untuk mencegah paparan pestisida semakin meluas
  3. Hilangkan bagian buah dan sayuran yang telah rusak untuk membuang ulat dan organisme lainnya
  4. Cuci buah dan sayuran di bawah air yang mengalir. Tidak disarankan mencuci menggunakan air di dalam wadah karena residu pestisida masih bisa menempel
  5. Mulailah dengan membersihkan bagian buah dan sayuran yang paling kotor
  6. Pakailah sabun khusus untuk membersihkan buah dan sayuran, supaya pestisida, bakteri, kuman, dan mikroorganisme lainnya bisa dimusnahkan
  7. Gosok buah dengan sikat berbahan lembut untuk menghilangkan sisa tanah yang menempel
  8. Setelah memastikan buah dan sayuran dalam keadaan bersih, bilas lagi menggunakan air yang mengalir
  9. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan buah dan sayur kemudian menempatkannya dalam wadah yang bersih

Bahan Alami untuk Membersihkan Buah dan Sayuran

Saat ini banyak produk sabun khusus pencuci buah dan sayuran yang beredar di pasaran. Namun agar lebih aman dan tidak terkontaminasi bahan kimia, sebaiknya Anda menggunakan pembersih dari bahan alami. Beberapa di antaranya adalah:

Kunyit

Bahan dapur ini memiliki sifat antibakteri yang bisa Anda manfaatkan untuk mencuci buah dan sayuran. Caranya masukkan 5 sendok kunyit bubuk ke dalam semangkuk air mendidih. Kemudian cuci buah dan sayuran sembari digosok dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Cuka

Cuka merupakan zat asam kuat yang dapat menghilangkan pestisida dan membunuh kuman yang ada pada buah dan sayuran. Siapkan baskom yang sudah diisi air lalu tambahkan semangkuk cuka. Cuci buah dan sayuran sampai bersih lalu bilas dibawah air mengalir.

Baking soda

Salah satu langkah efektif untuk menghilangkan residu pestisida adalah dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda kedalam wadah yang telah diisi air, kemudian rendam buah dan sayuran selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Jika Anda membeli buah dan sayuran di pasar, sebaiknya waspada karena ada kandungan pestisida yang mungkin masih menempel pada buah dan sayuran tersebut. Cuci dengan cara yang benar seperti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas supaya terhindar dari bahaya pestisida.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wu, Jiguo & Luan, Tiangang & Lan, Chongyu & Lo, Thomas & Chan, Gilbert. (2007). Removal of residual pesticides on vegetable using ozonated water. Food Control. 18. 466-472. 10.1016/j.foodcont.2005.12.011. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/222558570_Removal_of_residual_pesticides_on_vegetable_using_ozonated_water)
7 Tips for Cleaning Fruits, Vegetables. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/7-tips-cleaning-fruits-vegetables)
Do you need to wash fruits and vegetables?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327028)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app