Ketahui 8 Tips Perawatan Ini Untuk Kepala Botak

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui 8 Tips Perawatan Ini Untuk Kepala Botak

Memiliki kepala botak dianggap lebih menghemat biaya perawatan dibandingkan dengan pria yang memiliki rambut. Ternyata hal ini tidak benar, karena kepala botak pun tidak bisa terlepas dari yang namanya perawatan. 

Merawat kepala botak haruslah dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus memberikan tampilan yang lebih keren.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Ada banyak cara yang dapat untuk Anda lakukan dalam melakukan perawatan kepala botak, diantaranya yaitu:

Menggunakan obat penghambat pertumbuhan rambut

Secara umum, rambut memang akan tumbuh melalui akarnya, begitu juga dengan kepala botak Anda yang akan ditumbuhi oleh rambut. Bagi Anda yang tetap ingin bertahan dengan kepala botak dan ingin mencegah pertubuhan rambut, Anda bisa menggunakan obat penghambat pertumbuhan rambut. 

Obat penghambat ini dibutuhkan selain mencukur sisa-sisa rambut.

Tetap gunakan sampo untuk mencuci kepala

Mencuci kepala botak buka berarti tanpa menggunakan shampoo, karena kepala botak pun juga harus dicuci secara rutin seperti kepala yang memiliki rambut. Shampoo yang digunakan untuk kepala botak yaitu untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang ada di kulit kepala. Agar cukuran lebih mudah, Anda dapat melakukan keramas terlebih dahulu.

Kulit kepala butuh aftershave balm

Aftershave balm berguna bagi Anda yang mempunyai kepala botak. Produk ini digunakan dalam permukaan kulit agar tetap terjaga kelembaban nya. Anda pun juga dapat membantunya dengan mempercepat recovery pada bagian kulit kepala. Agar kulit kepala tidak kering, Anda bisa menggunakan aftershave balm tanpa alcohol.

Mencukur rambut setelah mandi

Setelah selesai mandi, Anda bisa melakukan pencukuran rabut setiap harinya. Waktu yang paling tepat untuk mencukur rabut yaitu setelah mandi, karena setelah mandi, kulit kepala lebih lembut dan halus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Jaga kelembaban agar terhindar dari iritasi

Iritasi yang terjadi pada kulit kepala disebabkan karena kulit kepala yang lering. Untuk bisa menghindari risiko tersebut, Anda harus selalu menjaga kelembaban kulit kepala setelah Anda selesai mencukur. 

Terlebih lagi bagi Anda yang sering kali melakukan aktivitas di luar rumah, Anda disarankan untuk bisa mengoleskan pelembap di setiap pagi nya.

Pastikan kulit kepala terhidrasi dengan baik

Kulit yang ter hidrasi dengan baik akan memberikan kesan kulit kepala yang sehat dan terawat. Agar kulit kepala ter hidrasi dengan baik, Anda bisa menggunakan minyak jojoba, tea tree oil dan minyak kelapa. Untuk Anda yang tinggal di daerah yang dingin, Ada bisa menggunakan minyak atau lotion.

Gunakan tabir surya ketika berada di luar rumah

Menggunakan tabur surya pada kulit kepala harus Anda lakukan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Semakin sering Anda terpapar sinar matahari, maka akan membuat kulit kepala menjadi kering dan kusam. Untuk itu, selalu gunakan tabur surya ketika berada di luar rumah.

Selalu pakai topi saat bepergian

Menggunakan topi setiap kali Anda pergi dapat digunakan untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. Namun jangan sering menggunakan topi, karena hal ini dapat menimbulkan kelembaban dan meninggalkan bau apek. Untuk mengatasi hal ini, Anda cukup menggunakan topi dapat berada di luar rumah saja.

Ke 8 perawatan di atas dapat Anda lakukan setiap harinya agar kepala botak Anda tetap terawat dan terjaga dengan baik. Dengan begitu, Anda tetap tampil keren dan percaya diri dengan kepala botak Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips for Shaving Your Head. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/men/features/shave-head#1)
What to Do Now That You’ve Shaved Your Head. GQ.com. (Accessed via: https://www.gq.com/story/how-to-maintain-a-shaved-head)
Caring for a Shaved Head. Byrdie. (Accessed via: https://www.byrdie.com/how-to-care-for-a-shaved-head-2326664)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app