8 Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
8 Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami banyak orang. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga sulit untuk disembuhkan dan seringkali meninggalkan bekas di wajah sehingga menurunkan rasa percaya diri. Meski jerawat bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, tetapi sebagian orang suka tidak sabar untuk memencet jerawat atau bahkan menggunakan prosedur medis untuk menghilangkannya. 

Jerawat sendiri disebabkan karena banyak faktor, antara lain faktor hormonal, kurang terjaganya kebersihan wajah, pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi, hingga karena stress. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menghindari faktor penyebab stres serta menjaga kebersihan wajah dengan baik sehingga wajah terbebas dari jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Baca juga: Cara Aman Memencet Jerawat

8 Tips Mencegah Munculnya Jerawat

Dengan adanya jerawat tentu saja akan mengurangi rasa percaya diri. Beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah:

1. Rajin mencuci muka

Salah satu cara mudah untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan rajin mencuci muka yang sebaiknya dilakukan dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari. Selain itu, rajin membersihkan wajah dari sisa makeup, keringat, dan debu jalanan menggunakan toner pembersih juga perlu dilakukan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pembersih adalah memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakan pembersih wajah berbentuk gel atau foam. Jika memiliki kulit kering, gunakanlah pembersih wajah jenis krim atau lotion.

Baca juga: Dari 5 Jenis Kulit, Jenis Kulit yang Manakah Anda?

2. Rajin eksfoliasi kulit

Tinggal di wilayah yang beriklim tropis dengan cuaca yang cenderung panas seperti di Indonesia akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan mudah terkelupas. Jika dibiarkan, lapisan kulit mati yang terkelupas akan menutup pori-pori dan bercampur dengan keringat, minyak, serta debu sehingga dengan mudah dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Rutin mengeksfoliasi wajah sebanyak 1-2 kali seminggu dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya jerawat di wajah. Selain itu, proses eksfoliasi wajah dapat membantu mengencangkan pori-pori dan menyegarkan kulit wajah. Cara mudah melakukan eksfoliasi kulit adalah dengan menggunakan sikat dan scrub khusus untuk wajah.

Baca juga: Cara Melakukan Eksfoliasi yang Benar

3. Menggunakan tabir surya dan pelembap

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan efek yang serius jika terkena kulit secara langsung. Oleh karena itu, menggunakan tabir surya atau sunscreen dapat dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Apalagi jika Anda baru mengeksfoliasi kulit, menggunakan tabir surya wajib dilakukan.

Selain sunscreen, penggunaan pelembab juga sangat penting untuk membantu proses eksfoliasi kulit. Karena saat kulit kering, proses eksfoliasi kulit akan menjadi sulit dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan sel kulit mati justru mengendap dan sulit untuk diangkat. Tak hanya itu, wajah yang lembap akan membantu menghambat peningkatan produksi minyak di wajah dan mengurangi risiko munculnya jerawat.

Baca juga: Cara Gunakan Pelembap Agar Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

4. Jangan sering menyentuh wajah

Menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena tangan merupakan anggota tubuh yang sering digunakan untuk melakukan apapun, sehingga bakteri dan kotoran banyak menempel di tangan. Ketika sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor maka akan menyebabkan kotoran dan bakteri menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan tanpa mencuci tangan sebelumnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Tak hanya tangan, tetapi perhatikan pula kebersihan alat make up ataupun handuk yang cukup sering digunakan pada wajah. Begitupun dengan kebersihan rambut yang perlu dijaga karena kotoran yang menempel pada rambut bisa saja mengenai bagian wajah, terutama bagian poni rambut.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Seharusnya Tidak dilakukan Saat Keramas

5. Menjaga asupan makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting dilakukan dalam menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi akan lebih berisiko menyebabkan sering munculnya jerawat. Keripik yang dipanggang menggunakan tepung putih dan minuman bersoda merupakan contoh asupan yang mengandung kadar glikemik yang tinggi. 

Selain kurang bergizi, makanan dan minuman tersebut justru dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Sebaiknya mulailah mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari juga perlu dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi dan fungsi kerja seluruh organ tubuh dapat berlangsung dengan optimal.

Baca juga: Makanan yang Ampuh untuk Menangkal Jerawat

6. Kurangi pemakaian makeup

Menggunakan makeup bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Mungkin sebagian wanita memilih untuk menutup jerawat dengan makeup tebal, padahal kebiasaan itu justru akan semakin memperparah jerawat. Sebaiknya gunakan makeup setipis dan sejarang mungkin agar jerawat tidak muncul kembali di wajah. 

Untuk pemakaian makeup bagi kulit berjerawat sebaiknya gunakan jenis make up khusus kulit berminyak dan berjerawat (oily and acne prone skin) dengan label bebas minyak dan anti komedo (non-comedogenic). Jangan lupa untuk rajin membersihkan sisa make up di wajah sebelum tidur hingga benar-benar bersih.

7. Mengendalikan stres

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Hal ini juga dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kondisi kulit. Stres dapat memperparah kondisi jerawat, begitupun dengan kebiasaan mengonsumsi rokok dan alkohol. 

Salah satu cara untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan mengendalikan stres itu sendiri. Untuk itu Anda dapat melakukan hal-hal yang disukai untuk menghilangkan stres, seperti mendengarkan musik, meditasi, jalan-jalan, membaca buku, ataupun nonton film dapat dilakukan untuk mencegah munculnya stres.

8. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencegah stres. Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat tubuh nyaman dan rileks. Hormon endorfin juga bermanfaat untuk mencegah munculnya hormon stres yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan serta kulit wajah. Selain itu, olahraga juga akan melancarkan sirkulasi darah sehingga pori-pori wajah akan lebih mudah terbuka dan nutrisi kulit akan tercukupi.

Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan antara lain yoga, pilates, senam aerobik, kardio, hingga jalan santai. Dengan berolahraga, tak hanya menghindari jerawat tetapi juga membuat kulit jauh lebih sehat dan cerah serta terlihat awet muda. Hal ini juga disebabkan karena produksi kolage nmeningkat dan membantu memperbaiki kulit akibat pengaruh radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams LB, et al. (2008). Chemical and mineralogical characteristics of French green clays used for healing. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2600539/)
Pappas A. (2009). The relationship of diet and acne: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/)
The National Standard Research Collaboration. (2013). Tea tree oil (Melaleuca alternifolia). (http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tea-tree-oil/evidence/HRB-20060086)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app