8 Manfaat Teh Hibiscus (Teh Kembang Sepatu)

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 5 menit
8 Manfaat Teh Hibiscus (Teh Kembang Sepatu)

Dari sebagian besar teh herbal, selain teh chamomile, peppermint, roobios, dan beragam teh lainnya, teh hibiscus juga diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh sendiri termasuk dalam salah satu jenis minuman yang baik bagi tubuh karena mengandung nutrisi penting dan membantu menjaga kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Teh hibiscus adalah teh herbal yang dibuat dari seduhan tanaman hibiscus atau kembang sepatu dalam air mendidih. Jenis teh ini memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati baik panas maupun dingin. Ada beberapa ratus spesies hibiscus yang bervariasi berdasarkan lokasi dan iklim tempat mereka bertumbuh, tetapi Hibiscus sabdariffa adalah yang paling umum digunakan untuk membuat teh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Baca juga: Demi Kesehatan, 5 Teh Herbal Ini Wajib Dikonsumsi

8 Manfaat Teh Hibiscus (Teh Kembang Sepatu)

Penelitian telah menemukan berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan minum teh kembang sepatu menunjukkan bahwa teh dapat menurunkan tekanan darah, melawan bakteri, dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai 8 manfaat dari teh hibiscus atau teh kembang sepatu, meliputi:

1. Menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah suatu molekul yang dapat membantu melawan senyawa radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Teh kembang sepatu ini kaya akan antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu mencegah kerusakan ataupun mencegah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas terutama kandungan polifenol antosianin (anthocynanin) di dalamnya.

Tak hanya mencegah penyakit atau kerusakan akibat efek radikal bebas, teh hibiscus juga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh yang tidak terkendali akibat risiko penyakit diabetes, kardiovaskular, maupun radang sendi.

2. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat teh kembang sepatu (teh hibiscus) yang paling mengesankan dan terkenal adalah dapat menurunkan tekanan darah. Seiring waktu, tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menempatkan tekanan ekstra pada jantung dan menyebabkan jantung melemah. Tekanan darah tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Dalam sebuah penelitian, 65 orang dengan tekanan darah tinggi diberikan teh kembang sepatu dan lainnya plasebo. Setelah enam minggu, mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang minum plasebo.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Teh kembang sepatu (teh hibiscus) mungkin cara yang aman dan alami untuk membantu menurunkan tekanan darah, tetapi tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan hydrochlorothiazide, sejenis diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi karena dapat berinteraksi dengan obat.

Baca juga: Kacang Almond Ampuh Atasi Hipertensi

3. Menurunkan tingkat lemak darah (kolesterol)

Selain menurunkan tekanan darah, beberapa penelitian telah menemukan bahwa teh kembang sepatu (teh hibiscus) juga dapat membantu menurunkan kadar lemak darah yang merupakan faktor risiko lain untuk penyakit jantung. Dalam satu penelitian, 60 orang dengan diabetes diberikan teh kembang sepatu dan teh hitam. Setelah satu bulan, mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami peningkatan kolesterol HDL "baik" dan penurunan kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliserida.

Studi lainnya ditujukan pada mereka yang mengalami sindrom metabolik menunjukkan bahwa mengambil 100 mg ekstrak kembang sepatu setiap hari dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan peningkatan kolesterol HDL “baik” dalam darah.

4. Meningkatkan kesehatan hati

Dari memproduksi protein, mengeluarkan empedu, hingga memecah lemak, hati berperan sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Menariknya penelitian telah menunjukkan bahwa teh kembang sepatu (teh hibiscus) dapat meningkatkan kesehatan hati dan membantu membuatnya bekerja secara efisien.

Sebuah studi pada 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) menemukan bahwa mengambil ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu meningkatkan steatosis hati. Kondisi ini ditandai dengan penumpukan lemak di hati yang dapat menyebabkan gagal hati ataupun kerusakan hati. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana teh kembang sepatu mempengaruhi kesehatan hati pada manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

5. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh kembang sepatu (teh hibiscus) dapat dikaitkan dengan penurunan berat badan serta perlindungan terhadap risiko obesitas. Sebuah studi terhadap 36 peserta kelebihan berat badan diberikan ekstrak kembang sepatu atau plasebo. Setelah 12 minggu, ekstrak kembang sepatu dapat membantu mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh dan rasio hip-ke-pinggang.

Penelitian saat ini terbatas pada studi yang menggunakan dosis ekstrak kembang sepatu yang terkonsentrasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana teh kembang sepatu (teh hibiscus) dapat mempengaruhi penurunan berat badan pada manusia.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

6. Mencegah kanker

Hibiscus kaya akan polifenol yang merupakan senyawa yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Suatu penelitian telah menemukan hasil yang mengesankan mengenai efek potensial ekstrak kembang sepatu pada sel kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak kembang sepatu dapat mengganggu pertumbuhan sel dan mengurangi invasi kanker mulut dan sel plasma.

Studi lainnya melaporkan bahwa ekstrak daun kembang sepatu mampu mencegah penyebaran sel kanker prostat. Ekstrak kembang sepatu juga telah terbukti menghambat sel kanker lambung hingga 52% dalam studi lainnya. Perlu diingat bahwa ini adalah studi yang menggunakan ekstrak kembang sepatu dalam jumlah tinggi dan masih diperlukan penelitian lanjutan pada manusia untuk mengevaluasi efek teh kembang sepatu (teh hibiscus) terhadap penyakit kanker.

7. Melawan bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme sel tunggal yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai infeksi termasuk infeksi pernapasan, mulai dari bronkitis hingga pneumonia serta infeksi saluran kemih. Selain memiliki sifat antioksidan dan antikanker, beberapa studi tabung telah menemukan bukti bahwa kembang sepatu dapat membantu melawan infeksi bakteri.

Faktanya satu studi tabung menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu menghambat aktivitas E. coli, sejenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala seperti kram, gas, dan diare. Namun belum ada penelitian pada manusia yang memperlihatkan efek antibakteri teh kembang sepatu (teh hibiscus) sehingga masih belum diketahui hasil yang jelas mengenai bagaimana hasil tersebut dapat diterapkan pada manusia.

8. Meredakan flu, batuk, ataupun sakit tenggorokan 

Dengan minum teh kembang sepatu (teh hibiscus), beberapa kondisi seperti flu, demam, batuk, ataupun sakit tenggorokan juga dapat terobati karena hibiscus memiliki sifat antivirus  yang kuat jika dibandingkan dengan teh hijau, teh hitam, maupun teh mawar. Bahkan bunga kembang sepatu yang berwarna merah juga menjadi sumber vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. 

Selain banyaknya manfaat kesehatan yang diklaim terdapat pada teh hibiscus (teh kembang sepatu), teh jenis ini juga lezat dan mudah disiapkan di rumah. Cukup seduh teh kembang sepatu ke dalam campuran air panas mendidih atau masukkan bunga kembang sepatu kering ke teko dan tuangkan air mendidih di atasnya. Biarkan selama lima menit lalu saring, beri pemanis, dan nikmati khasiatnya. Teh kembang sepatu dapat dikonsumsi dalam keadaan panas atau dingin dan memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry.

Baca juga: Minum Secangkir Teh Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hibiscus Tea: Benefits, Side Effects, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/health-benefits-of-hibiscus-tea-89620)
Hibiscus: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-211/hibiscus)
Hibiscus tea: Health benefits and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318120)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app