8 Cara Paling Mudah Mengatasi Penyakit OCD

Dalam mengatasi penyakit OCD, Anda harus melakukan ritual dengan cara yang tepat dan benar. Untuk itu, lakukan ritual seperti berikut:
Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
8 Cara Paling Mudah Mengatasi Penyakit OCD

Apabila Anda sering kali merasakan kondisi mental dengan pikiran-pikiran yang mengganggu karena tidak seperti obsesi Anda, hal ini bisa menjadi salah satu gejala penyakit OCD. Sedangkan jenis penyakit OCD dapat menyerang pada anak-anak maupun orang dewasa.

Gejala pertama yang dirasakan yaitu sebelum penderita berusia 30 tahun. Pada laki-laki, OCD lebih cepat menyerang di usia muda dibandingkan dengan wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Apabila obsesi maupun kompulasi seseorang tidak mengganggu pikiran atau kehidupan pribadinya, maka seseorang tidak akan disebut sebagai penderita OCD.

Dalam mengatasi penyakit OCD, Anda harus melakukan ritual dengan cara yang tepat dan benar. Untuk itu, lakukan ritual seperti berikut:

1. Mengatur stress melalui tindakan relaksasi

Melakukan relaksasi untuk mengatur stres menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menghindari penyakit OCD. Pikiran yang stres dapat menimbulkan perasaan dan pikiran yang tertekan, sehingga hal ini sering kali membuat penderita sulit mengendalikan dirinya.

 Untuk merelaksasikan pikiran, maka penderita harus bisa mempelajari teknik meditasi, membaca buku, mengurangi penggunaan barang elektronik, mendengarkan musik atau melakukan kegiatan sesuai dengan hobi.

2. Habiskan banyak waktu dengan orang-orang yang Anda sayang

Anda bisa menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang Anda sayang. Kepada orang yang Anda percaya, Anda bisa berkomunikasi dan mencurahkan perasaan Anda. Melalui cara inilah yang akan membantu Anda agar bisa merasa lebih nyaman mengenai kondisi yang Anda alami.

3. Cukupi jam tidur untuk menciptakan tubuh yang sehat

Untuk mengatasi OCD, penderita harus memiliki jam tidur yang cukup, melakukan olahraga secara rutin dan membiasakan hidup yang sehat. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengurangi makanan yang terlalu manis, alkohol dan rokok.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

4. Pertimbangkan untuk datang ke ahli kesehatan psikolog

Untuk mendapatkan diagnosis, Anda dapat datang ke ahli kesehatan atau ke psikolog yang dapat membantu Anda. Melalui diagnosis yang tepat inilah yang akan membantu Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan bahwa Anda datang ke psikolog yang sudah terpercaya.

5. Jangan mengkonsumsi obat di luar resep dokter

Obat yang Anda konsumsi haruslah sesuai dengan saran atau anjuran dokter. Ada sebagian obat yang dapat Anda temukan di pasaran. Namun penting bag Anda untuk selalu mengonsultasikan kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

6. Lakukan fisioterapi secara rutin

Melakukan fisioterapi secara rutin dapat menyembuhkan OCD. Melalui tindakan fisioterapi secara rutin inilah yang akan menjauhkan penderita OCD dari perasaan yang gelisah, khawatir dan perasaannya yang terlalu obsesi.

7. Merawat diri sebaik mungkin

Merawat diri, jiwa dan pikiran sangatlah penting dan bahkan dianjurkan untuk menyembuhkan OCD yang Anda derita. 

Perawatan diri yang bisa untuk Anda lakukan yaitu dengan melakukan olahraga kebugaran secara teratur, mengkonsumsi banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, istirahat dengan cukup dan yang lainnya. 

8. Kontrol situasi yang membuat perasaan Anda terlalu obsesif

Mengontrol situasi perasaan Anda sangat dianjurkan untuk menangani perasaan yang stres dan terlalu terobsesi. Tidak ada salahnya jika Anda memaksa diri untuk memulai mengatur perasaan. Karena untuk menyembuhkan OCD berasal dari diri Anda sendiri.

Menderita OCD tidak hanya membuat pikiran menjadi gelisah saja, akan tetapi juga bisa mengganggu aktivitas harian yang dilakukan oleh penderitanya. Untuk itu, dengan mengikuti 8 langkah yang ada di atas, maka penyakit OCD dapat meminimalisir dengan baik.

 

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app