8 Cara Mudah Berhenti Merokok Permanen

Nah bagi Anda yang berniat untuk berhenti merokok, inilah cara mudah untuk bisa “pensiun” merokok permanen.
Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Cara Mudah Berhenti Merokok Permanen

Merokok merupakan salah satu pola hidup yang tidak sehat dan berdampak buruk bagi kesehatan. Anda mungkin belum merasakannya hari ini tetapi di masa depan risiko dan dampak rokok bagi tubuh begitu mengerikan.

Nah bagi Anda yang berniat untuk berhenti merokok, inilah cara mudah untuk bisa “pensiun” merokok permanen.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Mengganti rokok

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti rokok. Anda bisa menggunakan permen karet atau permen biasa untuk makan saat ingin merokok. Bisa juga menggantinya dengan camilan lainnya yang disukai. Pokoknya sebisa mungkin menggantikan rokok.

2. Minum air dingin dengan sedotan

Anda bisa mencoba untuk berhenti merokok dengan minum air dingin menggunakan sedotan. Cara ini akan menjadi pengganti keinginan untuk menghisap rokok. Selain itu menghirup air dingin dengan menggunakan sedotan akan membantu melepaskan dopamin yang dapat meringankan suasana hati Anda.

3. Rutin menyikat gigi

Cara berikutnya untuk bisa berhenti merokok permanen adalah menyikat gigi secara rutin. Ini cara untuk membuat napas menjadi lebih segar sehingga Anda kehilangan hasrat untuk merokok. 

Napas yang segar bisa didapatkan dengan cara sikat gigi yang benar mengenai semua bagian gigi. Selain itu Anda bisa menggunakan sejenis cairan untuk berkumur agar menjadi lebih segar.

4. Berhenti alkohol

Berniat untuk berhenti merokok harus sejalan dengan berhenti alkohol. Anda tidak boleh berkeinginan atau pun sampai minum minuman beralkohol karena jika melakukannya maka usaha untuk berhenti merokok akan sia-sia.

5. Olahraga rutin

Olahraga merupakan upaya yang tak kalah penting untuk dilakukan saat ingin berhenti merokok permanen. Anda yang melakukan olahraga akan terasa lebih segar sehingga tubuh dapat bekerja mengirimkan bahan kimia alami di dalam tubuh untuk mengurangi stres.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Suasana hati Anda akan tetap membaik sekali pun tidak merokok. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari secara rutin. Tidak perlu lama cukup 30 menit saja, jika bisa lebih lama akan lebih baik.

6. Motivasi

Berhenti merokok bukan tidak bisa hanya saja beberapa orang tidak memiliki motivasi untuk melakukannya. Jadi cara untuk bisa berhenti merokok permanen juga dapat dilakukan dengan menggunakan motivasi. Anda bisa menjadikan orang terdekat untuk motivasi berhenti merokok.

Bisa juga dengan memotivasi diri sendiri berhenti merokok karena tidak ingin sakit. Motivasi diri sendiri ini bisa dimulai dengan hal positif yang Anda dapatkan saat berusaha untuk berhenti merokok. 

Mencatat hal positif ini dan membacanya setiap kali Anda butuh akan menjadi solusi yang tepat untuk mendapatkan motivasi agar berhenti merokok.

7. Menyibukkan diri

Cara selanjutnya yang tak kalah ampuh untuk berhenti merokok adalah menyibukkan diri. Anda perlu kegiatan untuk mengalihkan pikiran dari keinginan merokok. Anda bisa melakukan hobi apa yang disenangi di sela-sela waktu istirahat atau pun weekend.

8. Kurangi kafein

Mengurangi konsumsi kafein juga menjadi cara agar Anda lebih efektif untuk mengurangi rokok. Ketika Anda mengurangi kafein akan sejalan dengan mengurangi untuk dapat ke tempat yang lingkungannya perokok. 

Anda bisa mengendalikan diri dengan tidak minum kafein agar tidak terpancing untuk merokok.

Saat berusaha berhenti merokok Anda perlu mencatat target berhenti merokok dalam hitungan beberapa waktu. Setelah itu juga perlu dimulai dengan mengurangi per batang jumlah rokok yang dihisap atau tidak lagi menyediakan stok rokok di dalam kantong. 

Anda yang harus memulai dan berusaha berhenti merokok.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stop smoking: coping with cravings. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/stop-smoking-coping-with-cravings/)
Tips From Former Smokers. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/)
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app