Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Kesehatan Fisik

7 Cara Atasi Sembelit

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 746.332 orang

7 Cara Atasi Sembelit

Sembelit adalah masalah yang sangat umum terjadi dan bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup, faktor penggunaan obat-obatan, dan komplikasi penyakit lain.

Tetapi banyak orang yang mengalami sembelit kronis yang disebut sembelit idiopatik kronis tetapi tidak menyadarinya. Sembelit secara umum ditandai dengan intensitas buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu, tanda sembelit juga menyebabkan rasa tidak nyaman ketika buang air, perut kembng, dan rasa sakit ketika buang air besar akibat tinja yang keras.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Sembelit sendiri lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sembelit juga dapat menimbulkan efek lain yang berpengaruh pada kualitas hidup serta kesehatan fisik dan mental seseorang sehingga diperlukan cara atasi sembelit secara alami. 

7 Cara atasi sembelit

1. Mengonsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, terutama serat larut dapat menjadi salah satu cara atasi sembelit. Peningkatan kadar serat dianggap mampu meningkatkan jumlah dan konsistensi pergerakan usus sehingga dapat melancarkan pencernaan. Beberapa makanan yang kaya serat, antara lain oatmeal, kacang-kacangan, apel, bluberry, sayur, dan juga buah tentunya.

Selain mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat, makan buah plum juga dapat menjadi obat alami untuk membantu meringankan sembelit. Selain mengandung serat, plum juga mengandung sorbitol yang memiliki efek pencahar sehingga kegunaan prune mungkin lebih efektif dibandingkan serat saja.

2. Olahraga secara teratur

Salah satu cara atasi sembelit adalah dengan olahraga atau aktif melakukan aktivitas fisik setidaknya tiga kali seminggu selama 30 menit atau lebih. Hal ini dapat membantu merangsang otot-otot usus untuk bekerja lebih efisien sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan membiarkan feses keluar lebih mudah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

3. Minum air putih

Selain untuk menghindari dehidrasi, minum air putih yang cukup dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah sembelit. Minum air soda juga mungkin efektif dalam meringankan gejala sembelit. Baca juga: Kebutuhan Air Putih Sehari

4. Minum kopi yang mengandung kafein

Bagi sebagian orang, minum kopi dapat membuat mereka lebih sering buang air kecil maupun buang air besar. Hal ini disebabkan oleh adanya rangsangan otot pada sistem pencernaan akibat kandungan kafein pada kopi. Selain itu, kopi mengandung sedikit serat larut sehingga dapat membantu mencegah sembelit dengan cara meningkatkan keseimbangan bakteri pada usus.

5. Obat pencahar alami

Salah satu obat pencahar alami yang biasa digunakan untuk mencegah dan mengatasi sembelit adalah Senna. Senna tersedia dalam bentuk teh dan dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter sehingga menjadi salah satu cara atasi sembelit yang alami. Kandungan sennosides dalam Senna berfungsi untuk mengiritasi lapisan usus dan memberikan efek pencahar. Teh Senna juga dianggap sebagai teh detoksifikasi karena memiliki sifat antiinflamasi. Baca juga: Manfaat Teh Daun Senna

6. Mengonsumsi produk probiotik

Produk probiotik memiliki manfaat untuk mencegah sembelit kronis dan membantu mengatur ketidakseimbangan bakteri pada usus. Selain itu, probiotik juga dapat memproduksi asam laktat dan asam lemak rantai pendek sehingga dapat meningkatkan pergerakan usus dan memudahkan buang air besar. Contoh produk probiotik untuk mengatasi sembelit, meliputi yoghurt dan kimchi.

7. Hindari susu

Kondisi intoleransi terhadap produk susu seperti susu sapi pun terkadang dapat menyebabkan sembelit karena berdampak pada pergerakan usus. Pastikan bahwa Anda tidak mengalami intoleransi atau hindari terlebih dahulu mengonsumsi susu agar sembelit tidak bertambah parah.

Jika sembelit bertambah parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa tanda sembelit berat, di antaranya mengalami muntah dan kehilangan nafsu makan, demam dan nyeri pada bagian bawah perut, buang air besar berdarah dan terasa sakit.

Referensi

Medical News Today. (2017). Thirteen home remedies for constipation

WebMD. Constipation Relief Guide

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit