5 Penyebab Citra Negatif Pada Diri Anda

Selain untuk menciptakan rasa kepercayaan diri yang tinggi, ternyata citra diri juga akan membawa ke masa depan yang lebih baik jika kita memiliki citra diri positif.Agar Anda terhindarkan dari citra diri yang negatif, maka Anda harus mengetahui penyebab yang menimbulkan citra diri menjadi negatif seperti berikut:
Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 11, 2019 Waktu baca: 2 menit
5 Penyebab Citra Negatif Pada Diri Anda

Citra diri atas sering kali disebut self-image merupakan gambaran diri seseorang terhadap dirinya sendiri. dari situlah Anda bisa mengetahui apakah citra diri Anda negatif maupun positif. Sedangkan citra diri ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk pengalaman yang dimiliki diri seseorang.

Penting bagi Anda memperhatikan citra diri Anda untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Selain untuk menciptakan rasa kepercayaan diri yang tinggi, ternyata citra diri juga akan membawa ke masa depan yang lebih baik jika kita memiliki citra diri positif.

Agar Anda terhindarkan dari citra diri yang negatif, maka Anda harus mengetahui penyebab yang menimbulkan citra diri menjadi negatif seperti berikut:

1. Memiliki kebiasaan pesimis dan mudah mengeluh terhadap segala hal

Orang yang memiliki kebiasaan pesimis dan mudah mengeluhkan terhadap segala hal, maka hal ini secara tidak Anda sadari menimbulkan citra diri yang negatif. Jika Anda ingin berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi, maka Anda harus menghentikan kebiasaan mengeluh Anda.

Hapuslah kebiasaan pesimis Anda dan gantilah dengan pemikiran yang optimis. Karena sikap pesimis dan mudah mengeluh tidak akan menghasilkan apa-apa justru akan memberikan citra diri yang negatif.

2. Kehilangan rasa percaya diri saat bertemu dengan banyak orang

Menjadi pribadi yang minder dan tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat menjadi penyebab citra diri Anda dianggap negatif. Melalui rasa kepercayaan diri yang tinggi, maka ini adalah salah satu cara untuk menghargai diri Anda sendiri.

Untuk menciptakan hidup yang jauh lebih berkualitas, maka Anda harus membangun citra diri yang positif. Salah satu citra diri yang harus Anda bangun yaitu rasa kepercayaan diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

3. Tidak mensyukuri apa yang Anda punya

Rasa bersyukur menjadi hal positif yang harus dimiliki semua orang. Namun jika Anda adalah orang yang tidak bisa bersyukur atas apa yang Anda punya dan apa yang sudah Anda capai, artinya Anda memiliki citra diri yang negatif. 

 Hal ini memang dianggap sepele, namun pada kenyataannya hal ini sering kali dilakukan oleh sebagian orang. Untuk menghilangkan citra negatif pada diri Anda, selalu syukuri dengan apa yang sudah Anda miliki dan jangan merasa iri terhadap apa yang sudah dimiliki orang lain.

4. Jika melakukan kesalahan, Anda justru membenci diri Anda sendiri

Melakukan kesalahan sudah menjadi hal yang wajar bagi manusia. Namun jika Anda tidak ingin dianggap sebagai orang yang memiliki citra diri negatif, maka Anda jangan membenci diri Anda sendiri. Jika Anda membenci diri Anda sendiri, tentunya tidak ada orang lain yang melihat citra positif pada diri Anda.

5. Selalu mempercayai perkataan negatif dari orang lain

Terlalu mudah mempercayai perkataan negatif orang lain dapat menimbulkan citra negatif pada diri Anda sendiri. Untuk itu, biarkan orang lain mau berkata apa tentang diri Anda. Namun jangan menelan perkataan orang lan secara bulat-bulat. Pikirkan dan sadari apa yang dikatakan orang lain tentang Anda.

Jika Anda memiliki citra diri yang positif, maka hal ini juga akan berdampak positif bagi kehidupan Anda nantinya. Dengan demikian, hindari hal-hal yang dapat menimbulkan citra negatif pada diri Anda. Dengan menghindari 5 hal di atas, maka Anda bisa memulai hidup dengan citra diri yang positif.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Overcome a Negative Self-Image. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/weight/how-to-overcome-a-negative-self-image-4040.aspx)
raising low self-esteem. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/raising-low-self-esteem/)
The Toxic Effects of Negative Self-Talk. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/negative-self-talk-and-how-it-affects-us-4161304)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app