4 Strategi Mulai Berhenti Merokok

Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, wajar apabila Anda mengharapkan teman-teman dan orang terdekat mendukung keputusan Anda. Bahkan, Anda juga ingin mereka mengerti betapa penting dan sulitnya meninggalkan nikotin. Akan tetapi, hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Karenanya, lakukanlah program berhenti merokok agar semua upaya terealisasi.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
4 Strategi Mulai Berhenti Merokok

Ketika memutuskan untuk berhenti merokok, wajar apabila Anda mengharapkan teman-teman dan orang terdekat mendukung keputusan Anda. Bahkan, Anda juga ingin mereka mengerti betapa penting dan sulitnya meninggalkan nikotin. 

Akan tetapi, hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Karenanya, lakukanlah program berhenti merokok agar semua upaya terealisasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

1. Mencari dukungan dari orang-orang tidak pernah merokok

Teman-teman serta anggota keluarga pasti akan memotivasi Anda untuk berhenti merokok serta merasa bangga kepada Anda. akan tetapi, dukungan tersebut umumnya memudar dalam beberapa waktu. Mereka memotivasi Anda setiap hari dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Setelahnya, mereka mulai lupa.

Kini saatnya Anda melanjutkan hidup. Mereka bukan tidak peduli kepada Anda, namun mereka tidak mengerti sepenuhnya bagaimana sulitnya menghilangkan kebiasaan merokok. Karenanya, kepedulian atau pendampingan yang diberikan memang Anda rasa kurang.

Orang yang tidak atau belum pernah merasakan candu nikotin, tidak akan mengerti bahwa hidup setiap hari tanpa rokok itu adalah kemenangan terbesar bagi Anda dan semakin besar jika berlanjut dalam hitungan minggu dan bulan.

Kurangnya antusiasme teman serta anggota keluarga yang tidak merokok memang bisa dinilai mengecewakan. Akan tetapi, respon negatif dari teman perokok bisa lebih destruktif serta menyakitkan. Oleh karena itu, buatlah mereka jadi mengerti bahwa berhenti merokok bukanlah hal mudah. 

Mereka tidak seharusnya menyepelekan upaya Anda.

Keluarga, pasangan, serta teman-teman yang menyayangi Anda pasti juga mendukung serta menolong Anda untuk berhenti merokok. Karenanya, jangan sungkan untuk meminta dukungan dan bantuan mereka dalam proses Anda berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Menghindari gangguan dari teman-teman perokok

Mayoritas perokok sangat ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Mereka sudah benci pada perasaan memerlukan dan kecanduan nikotin. Sebenarnya, mereka juga mencemaskan penyakit yang disebabkan pemakaian tembakau. Perokok aktif tidaklah mengakuinya.

Mereka justru mengaku bahwa sangat menikmati merokok, namun kenyataannya terjebak dalam ketidaktahuan bagaimana caranya untuk terlepas dari kebiasaan merokok. Mereka tidak lagi berdaya untuk menyingkirkan tembakau yang sudah membuatnya kecanduan terus menerus.

Ketika Anda berhenti merokok, rekan perokok pasti akan menunjukkan kecemasannya soal rokok yang selama ini ditutupi. Meskipun mereka merasa senang atas perubahan Anda, namun mereka juga merasa iri kepada Anda yang sudah terlepas dari rokok. 

Mereka ingin juga bisa berhenti merokok, namun belum mampu melakukannya.

Ingatlah ketika seseorang menawarkan rokok kepada Anda dan berjanji tidak akan memberi tahu kepada siapapun atau mengatakan Anda tidak lagi seru. Janganlah merasa sakit hati. Hal tersebut hanyalah bentuk dari reaksi mereka yang merasa iri atau belum menerima perubahan Anda. 

Tetaplah pada pendirian untuk berhenti merokok demi kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

3. Komitmen

Komitmen adalah hal yang penting. Keberhasilan Anda untuk berhenti merokok bergantung pada komitmen Anda. jangan berharap bisa berhenti merokok dalam waktu yang lama jika motivasinya hanyalah atas permintaan orang lain. Perubahan yang berasal dari kemauan diri sendiri adalah yang diperlukan. Konsistensinya akan lebih besar. Untuk itu, Anda harus dapat bertahan.

4. Mencari dukungan online

Meskipun Anda tidak menemukan dukungan dari teman atau orang sekitar, dukungan adalah hal yang penting dan sangat diperlukan untuk memotivasi. Program berhenti merokok ini adalah hal yang serius, sehingga Anda harus mendapatkan dukungan agar bisa lebih konsisten dalam upaya berhenti merokok. 

Karenanya, dukungan online sangat bermanfaat.

Dukungan online bisa memberikan beberapa keuntungan. Pertama, Anda dapat terhubung dengan orang lain yang sedang berusaha berhenti serta berada pada tahapan berbeda-beda dari yang baru berhenti sampai yang sudah bertahun-tahun berhenti. 

Anda juga akan mendapatkan dukungan di setiap waktu yaitu siang dan malam. Media online sangat fleksibel sebagai media sharing.

Itulah berbagai upaya yang bisa dilakukan demi kesuksesan berhenti merokok. Jika teman-teman atau siapapun berusaha menggagalkan usaha dengan meledek atau mencemooh, maka diamkan saja. 

Tetaplah pada pendirian Anda untuk berhenti merokok demi kesehatan diri sendiri dan juga keluarga Anda yang merasa nyaman karena terbebas dari asap rokok ketika berada di rumah.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app