Kebiasaan Sehat

3 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 2, 2019 Waktu baca: 3 menit
3 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika seseorang sudah memeriksakan kadar kolesterolnya dan ternyata memiliki kolesterol tinggi, maka tugas selanjutnya adalah  bagaimana cara menurunkan kolesterol tersebut. Pengobatan yang diberikan oleh dokter memang membantu, namun tahukah Anda cara sederhana dan alami berikut ini juga sangat membantu dan baik jika berjalan beriringan.

Ya, disini saya akan membantu Anda menurunkan kolesterol dengan cara mudah dan alami. Hal ini sangatlah penting mengingat bahaya kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan juga stroke yang mematikan. Langkah mudah berikut ini dapat menjaga jantung Anda agar tetap sehat dan tentunya dapat menurunkan kolesterol tinggi hingga ke level normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Tiga Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami yaitu:

Pilih Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat mutlak diperlukan, karena asal mula kolesterol tinggi pada seseorang adalah berasal dari makanan. Jadi kita harus selektif dalam hal memilih makanan yakni yang dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Berikut makanan yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol:

  • Buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat makanan, yang berperan memperlancar pencernaan dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat akan mengikat lemak dalam saluran cerna sehingga lemak yang diserap dapat dikurangi yang pada akhirnya akan menjadi bahan baku kolesterol darah.
  • Biji-bijian. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian mempromosikan kesehatan jantung. Contoh makanan yang baik dikonsumsi di antaranya roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah. Penelitian Hollaender dkk, membuktikan biji-bijian dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL namun tidak memberikan efek pada kolesterol HDL.
  • Makanan kaya omega-3. Asam lemak Omega-3 dapat membantu menurunkan LDL (Kolesterol Jahat). Beberapa jenis ikan - seperti salmon, mackerel dan herring - merupakan contoh sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Menurut penelitian Goh dkk, membuktikan bahwa pemberian omega 3 dapat menurunkan kadar kolesterol trigliserida tanpa mempengaruhi jumlah kolesterol LDL dan HDL.
  • Lemak yang sehat. Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu, meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol jahat. Oleh karena itu kurangi makanan tersebut, sehingga tidak sampai 7 persen dari total kalori harian. Kemudian beralihlah ke sumber lemak yang lebih sehat dengan cara pilih susu rendah lemak dan makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti pada minyak zaitun, kacang dan minyak canola.
  • Hindari lemak trans. Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng dan pada banyak produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk, kue ringan, dan goreng-gorengan.

Turunkan Berat Badan

Langkah ini diperlukan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih atau bahkan obesitas (cek di kalkulator berat badan apakah Anda kelebihan berat badan). Target kita adalah mencapai berat badan ideal. Hal ini penting karena menurukan berat badan sebanyak 5 sampai 10 persen dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan.

Namun, memang menurunkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hambatan dan rintangan sehingga butuh perjuangan :D. Lihatlah secara menyeluruh kebiasaan makan Anda dan rutinitas sehari-hari. Lihat apa masalahnya dan pikirkan cara untuk mengatasinya.

Sebagai contoh, jika Anda selalu ingin makan ketika lagi bosan atau frustrasi, isilah dengan berjalan-jalan sebagai gantinya. Jika Anda sering mengambil makanan cepat saji untuk makan siang setiap hari, bawalah bekal makanan sehat dari rumah.

Jika Anda sering duduk di depan televisi dalam waktu lama, cobalah mengunyah wortel bukan keripik kentang sebagai cemilan untuk menemani.

Di samping itu, carilah cara agar tubuh Anda banyak bergerak yang bisa dipadukan dalam rutinitas harian Anda, seperti memilih menggunakan tangga daripada menggunakan lift. Luangkan juga waktu untuk berolah raga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Olahraga (Exercise)

Tanpa memandang berat  badan Anda, olahraga tetap penting sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol. Dan untungnya lagi, olah raga sedang dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Lakukan oleh raga setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang juga berperang siginifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Jenis olah raga yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kolesterol jahat antara lain:

  • Berjalan setiap hari selama jam makan siang
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Atau olah raga lainnya sesuai kesukaan Anda.

Agar tetap termotivasi, carilah teman yang senasib dengan Anda untuk melakukan olah raga atau bergabung kedalam kelompok olah raga.

Terkadang perubahan gaya hidup saja seperti di atas, belum cukup untuk menurunkan kolesterol ke level yang diharapkan. Oleh karena itu kerjasama yang baik dengan dokter akan sangat membantu, ketika diperlukan obat-obatan khusus yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Semoga berhasil!

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to lower your cholesterol without drugs. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/heart-health/how-to-lower-your-cholesterol-without-drugs)
How to lower cholesterol naturally without medication. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325113)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app