18 Penyebab Pipi Tembem yang Saling Berkaitan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
18 Penyebab Pipi Tembem yang Saling Berkaitan

Lemak di perut dapat disamarkan keberadaannya dengan pakaian, namun untuk pipi chubby alias tembem sudah pasti tidak bisa disembunyikan dengan mudah. Selain melakukan olahraga wajah, cara lain untuk meniruskan pipi tembem adalah dengan mengenali dan kemudian menghindari penyebabnya.

Kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab utama pipi tembem karena memang terjadi penumpukan lemak di mana-mana. Apabila berat badan di atas rata-rata, maka wajah pun akan ikut gemuk seiring dengan bertambah gemuknya badan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Penyebab pipi tembem ternyata cukup banyak dan saling berkaitan satu sama lain.

Penyebab Pipi Tembem 

1. Alkohol

Tak peduli apapun bentuknya, apakah itu wine, bir, atau lainnya, minuman beralkohol dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan pipi tembem, lho!

2. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ia akan berusaha menyimpan air sebanyak mungkin. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab mengapa wajah dan tubuh menjadi bengkak.

3. Konsumsi Garam Berlebihan

Kalau ingin pipi tampak kurus, maka sebaiknya Anda menghindari makanan asin. Hal ini karena sodium memiliki sifat mengikat air dalam tubuh (termasuk bagian wajah) sehingga membuatnya terlihat lebih gemuk daripada yang seharusnya. Atas dasar inilah muncul salah satu jenis diet yang membatasi asupan garam, yaitu diet mayo.

4. Terlalu Banyak Makanan Berlemak

Kebiasaan salah memilih makanan juga bisa menjadi penyebab pipi tembem. Bila Anda lebih memilih makanan berlemak atau yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar, atau pasta, maka tubuh dengan mudah akan mengalami kegemukan.

5. Obesitas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa badan yang gemuk atau obesitas dapat membuat wajah menjadi gemuk. Dengan demikian, maka otomatis pipi juga akan ikut melebar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

6. Kurang Gizi

Untuk mencegah tubuh dari kelaparan dan makanan yang kurang sehat, kenyangkan diri dengan makanan yang lebih sehat seperti sumber protein, serat, buah, dan sayur. Jangan sampai tubuh kekurangan nutrisi, karena pipi tembem bisa jadi salah satu dampaknya.

7. Kekurangan Vitamin C

Pipi juga bisa jadi tembem kalau tubuh mengalami defisiensi vitamin C dan beta karoten.

8. Suka Makanan Manis

Jika makanan asin mengikat air dalam tubuh karena kandungan sodiumnya, maka makanan manis bisa membuat tubuh dan wajah semakin gemuk karena kandungan gulanya yang tinggi.

9. Kurang Tidur

Ketika seseorang kerap begadang sehingga kurang tidur, maka ia akan mengalami peningkatan berat badan/ obesitas. Ini pun akan berimbas pula pada penampilan wajahnya.

10. Cushing Syndrome

Sindrom cushing muncul bila tubuh terlalu lama terekspos hormon kortisol (steroid). Sindrom cushing berpotensi besar menjadi penyebab pipi tembem karena pada kondisi ini terjadi penumpukan lemak di bagian tubuh seperti pada leher, punggung, perut, dan wajah, sementara bagian kaki dan lengan tetap kurus.

Gemuknya wajah akibat hormon steroid pada sindrom cushing dikenal dengan istilah moon face, artinya wajah membulat seperti bulan akibat penggemukan yang abnormal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

11. Stres

Stres dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya sindrom cushing. Di samping itu, mereka yang stres juga kerap menganggap makanan sebagai pelampiasan. Oleh karena itu, mereka yang mengalami stres mampu makan banyak namun akan terus tidak merasa kenyang.

12. Efek Samping Steroid

Penggunaan streroid dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan dampak seperti yang muncul pada sindrom cushing. Salah satunya adalah pipi jadi tembem atau moon face. Jadi bila selama ini Anda menjalani perawatan yang melibatkan steroid lalu mengalami efek samping obesitas atau pipi tembem, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Hati-hati dengan penggunaan obat gemuk kemasan yang berkedok alami atau herbal, biasanya di dalamnya terdapat campuran obat steroid oleh oknum nakal pembuatnya.

13. Hipotiroidisme

Salah satu gejala hipotiroidisme adalah wajah bengkak. Efek lain yang turut menyertai gangguan tiroid ini antara lain naiknya berat badan secara drastis, konstipasi, lelah, dan kulit kering. Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka dapat dipastikan penyebab pipi tembem Anda selama ini adalah hipotiroidisme.

14. Kurang Olahraga

Saat tubuh kurang bergerak, maka lemak juga takkan beranjak ke manapun. Lemak akan tetap menumpuk di bagian-bagian tubuh, dan pipi adalah salah satunya. Apabila Anda rajin berolahraga, maka tidak hanya lemak tubuh saja yang terbakar namun juga lemak di pipi, tergantung jenis olahraganya.

15. Salah Model Rambut

Mereka yang memiliki pipi chubby seringkali tak menyadari bahwa model rambut memegang peranan penting. Potongan rambut dapat menambah kesan tembem, namun juga menguranginya. Untuk Anda yang berwajah bulat, hindari memotong rambut terlalu pendek atau tipis. Buatlah rambut lebih bervolume untuk mengimbangi tampilan wajah yang mungkin sudah bulat. Dengan begitu, pipi Anda akan tampak lebih kurus.

16. Salah Pilih Frame Kacamata

Mungkin pipi Anda tak terlalu tembem, namun tampilannya bisa terlihat lebih chubby kalau Anda mengenakan kacamata bundar. Penyebab pipi tembem yang satu ini bersifat relatif.

17. Faktor Bawaan

Faktanya, mereka yang bertubuh kurus sekalipun bisa memiliki pipi chubby. Salah satu alasannya adalah karena tubuh memilih wajah sebagai tempat cadangan utama lemak dibandingkan bagian tubuh lainnya. 

18. Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan seperti masalah ginjal, infeksi sinus, reaksi alergi, gigitan serangga, sakit gigi, radang kelenjar parotis (kelenjar air liur), sindrom nefrotik, edema, hingga efek samping obat juga dapat menjadi penyebab tembem lainnya. Setelah penyakit tersebut sembuh, maka niscaya tampilan pipi Anda akan kembali normal seperti biasanya.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to lose face fat: 7 effective tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326262.php)
13 Ways to Get Chubby Cheeks: Easy, Healthy Suggestions. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-chubby-cheeks)
Moon Facies: Causes and Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/moon-facies)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app